-->

Minggu, 23 Agustus 2015


Melanjutkan aneka masakan dari daging kambing seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya di Sate Kambing Bumbu Ketumbar[1], kali ini saya mengajak anda untuk mengolahnya menjadi sate goreng. Tidak jelas mengapa makanan ini bernama sate karena jelas-jelas tampilan dan proses pembuatannya sama sekali tidak mencerminkan deskripsi sate yang umum kita kenal. Sate menurut Wikipedia adalah makanan  yang terbuat dari potongan daging (ayam, kambing, domba, sapi) yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan tusukan sate yang umumnya terbuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu/saus tergantung pada variasi jenis satenya. Nah, makanan bernama sate goreng ini proses pembuatannya berbeda dengan sate umumnya, daging yang telah dipotong kecil-kecil lantas dibumbui dan ditumis/digoreng dengan sedikit minyak dan disantap dengan pelengkap dan bumbu selayaknya sate umumnya. 

Sate goreng umumnya banyak ditemui di daerah Solo dan sekitarnya, walaupun kemudian kini telah merambah ke penjual sate kambing di kota-kota lainnya termasuk Jakarta. Umumnya jika pembeli menginginkan sate goreng maka penjual sate kambing akan mengambil beberapa tusuk sate kambing mentah dan memasaknya di kuali dengan panas dari tungku/anglo. Dengan tambahan bumbu dan kecap manis sate goreng ini lantas di sajikan dengan ditemani irisan kol, tomat, bawang merah dan cabe rawit. Proses pembuatannya sangat mudah dan rasanya sangat sedap, tak kalah dengan sate yang dimasak di atas bara api. Bagi anda yang menghindari makanan yang dibakar diatas bara maka sate goreng ini bisa menjadi alternatif lainnya untuk menikmati olahan daging kambing, ayam atau sapi. 

Untuk sate goreng kambing ini saya merendam daging kambing dengan bumbu perendam selama minimal 1 jam, maksimalnya bisa hingga semalaman di dalam kulkas. Daging yang direndam lama akan memiliki rasa yang sangat tasty dan membuatnya menjadi lebih cepat empuk kala dimasak. Untuk mengurangi bau kambing dan supaya masakan tidak plain saya menambahkan irisan bawang bombay, bisa juga dimasukkan irisan kol ke dalamnya. Sate goreng ini sedap disantap dengan nasi putih hangat bersama dengan irisan tomat, cabai rawit yang diulek kasar dan kucuran air jeruk nipis. Yummy!


Sate Goreng dengan Bawang Bombay

Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:

- 300 gram daging kambing, tidak perlu dicuci, potong dadu

- 1 butir bawang bombay ukuran sedang, belah membujur menjadi dua bagian dan iris tipis

- 1 buah tomat merah, iris tipis

- 2 lembar kol rajang halus

- 8 butir cabai rawit merah, ulek kasar untuk taburan

- 4 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu perendam, haluskan:

- 1 sendok teh ketumbar, sangrai

- 1 ruas jahe

- 4 butir bawang merah

- 2 butir bawang putih

- 3 butir kemiri, sangrai
- 1 sendok teh garam

- 5 sendok makan kecap manis

- 1 sendok teh gula Jawa sisir

- 3 sendok makan air asam Jawa

- 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Cara membuat:

Siapkan mangkuk, masukkan daging kambing dan bumbu perendam, aduk rata. Tutup mangkuk dengan plastic wrap dan simpan di kulkas minimal 1 jam agar bumbu meresap. 

Siapkan wajan, masukkan dan panaskan 4 sendok makan minyak goreng, masukkan daging kambing ke dalam minyak panas. Jika daging mengeluarkan air yang banyak, maka ambil daging dengan jari-jari tangan dan masukkan dagingnya saja ke wajan minus air perendamnya.

Masak dengan api sedang, aduk-aduk tumisan agar daging tidak gosong dan matang merata. Jika daging telah empuk, menyusut dan mengeluarkan minyak, masukkan irisan bawang bombay. Aduk dan masak hingga bawang layu. Cicipi rasanya dan angkat. 


Sajikan sate goreng dengan irisan kol, tomat merah, cabai rawit yang diulek kasar dan irisan jeruk nipis. 

Sources:
Wikipedia Indonesia - Sate[2]

References

  1. ^ Sate Kambing Bumbu Ketumbar (justtryandtaste.blogspot.com)
  2. ^ Sate (id.wikipedia.org)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2011/11/sate-goreng-dengan-bawang-bombay.html
 
Sponsored Links