-->

Minggu, 09 Agustus 2015

Okeh, saya akhiri ocehan saya dengan helaan nafas berat karena kekenyangan dan berikut ini resep dan proses pembuatan panettone. Enjoy!

- 250 gram tepung terigu protein tinggi
- 44 gram kuning telur atau setara dengan 3 kuning telur
- 9 gram ragi instan (pastikan fresh dan cek masa kedaluarsanya, saya memakai merk Fermipan)

- 125 ml air

Bahan II:
- 375 gram tepung terigu protein tinggi
- 25 gram mentega/margarine
- 162 gram kuning telur saya ganti dengan 2 butir telur
- 50 ml air
- 7,5 gram garam
- 2 sendok makan gula pasir

Bahan campuran:
- 150 gram manisan buah cherry warna hijau dan merah, potong kotak kecil
- 100 gram kismis hitam
n>- 50 gram manisan jeruk kumquat (optional)

Bahan lain:
- 1 sendok makan mentega cair untuk olesan

Cara membuat: 


Bahan I
Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan ragi instan, aduk rata dengan spatula. Tambahkan kuning telur dan air, aduk dan kemudian uleni dengan tangan anda sebentar hanya agar bahan tercampur rata dan menjadi adonan yang kompak. 

Jika anda menggunakan mikser heavy duty maka cukup masukkan semua bahan ke dalam mangkuk mikser dan proses selama 10 menit. 

Tutup mangkuk menggunakan kain bersih dan biarkan adonan beristirahat selama 30 menit. 



Bahan II
Siapkan mangkuk lainnya, masukkan tepung terigu, garam dan gula pasir, aduk rata. Tambahkan mentega/margarine, air dan telur, aduk rata menggunakan tangan hingga menjadi adonan yang kasar dan basah.

Tambahkan bahan I, kemudian uleni hingga tercampur baik. 


Siapkan meja datar, taburkan tepung secukupnya. Tuangkan adonan ke atas tepung kemudian uleni adonan hingga menjadi kalis. Tutup adonan dengan kain dan diamkan adonan selama 20 menit. Kempiskan adonan. 

Letakkan adonan di meja, pipihkan dan taburi permukaannya dengan buah kering. Uleni dan campur adonan hingga buah kering menyatu dengan adonan. Proses ini memerlukan kesabaran karena buah kering akan lepas dari adonan, teruskan menekan dan menguleni hingga buah menempel di adonan.


Bagi adonan menjadi 4 bagian, masing-masing dengan berat + 250 gram. Bulatkan dan taruh di dalam kertas cup. Tutup dengan kain bersih agar adonan tetap lembab. Diamkan hingga adonan mengembang dan mencapai mulut kertas cup, kira-kira 30 menit. 

Sambil menunggu adonan mengembang, panaskan oven, set di suhu 160'C. Letakkan rak pemanggang di bawah agar ketika roti mengembang tidak menyentuh langit-langit oven. Kecuali jika oven anda tinggi maka letakkan rak di tengah.


Setelah adonan mengembang, buat sayatan silang di permukaan roti dengan pisau tajam atau paling mudah dengan mengguntingnya. Lakukan dengan hati-hati agar adonan yang mengembang tidak kempes kembali. Olesi bekas sayatan dengan mentega cair menggunakan kuas. 

Letakkan roti di loyang dan panggang selama 30 menit di oven yang telah dipanaskan sebelumnya. Pengalaman saya memanggang panettone, saya menambahkan waktu memanggang dengan posisi roti di rebahkan selama 15 menit karena 30 menit pertama tidak cukup membuat bagian tengah panettone matang. 

Keluarkan roti dari oven dan dinginkan. Roti siap disantap sebagai pengisi perut di pagi hari bersama segelas teh hangat. Yummy! 

Sources: 


Source : http://www.justtryandtaste.com/2012/06/obsesi-roti-21-panettone-roti-ala-toni.html
 
Sponsored Links