-->

Senin, 11 April 2016


Makanan apa yang mengenyangkan, lezat, segar, sangat mudah dibuat dengan kalori yang cukup redah? Bagi saya deskripsi tersebut mengacu ke sup, makanan sejuta umat yang siapapun pasti mengenalnya. Begitu mudahnya dibuat sehingga seringkali  menjadikannya pilihan pertama bagi mereka yang ingin mulai belajar memasak. Setidaknya itu yang saya lakukan dulu, ketika pertama kali belajar membuatnya. Hmm, kira-kira ketika saya masih berusia sebelas tahun, masih duduk di SD dan sangat bersemangat bermain masak-masakan yang bukan hanya sekedar iris-iris dan rajang-rajang aneka dedaunan yang jelas-jelas tidak bisa dimakan, tetapi benar-benar memasak di atas api dengan aneka bumbu dan bahan.

Kala bosan bermain 'pasaran' yang itu-itu saja, bersama teman masa kecil kami akhirnya mencoba membuat tungku kecil-kecilan dari batu bata, menggunakan panci terjelek yang dimiliki Ibu saya dan mulai mencoba memasak sayur betulan. Percobaan pertama adalah sup kubis, kemudian dilanjutkan dengan sayur asem. Seru juga menyantap masakan hasil buatan sendiri yang di masak di alam bebas - tepatnya di kerimbunan kebun pisang nenek saya di belakang rumah - cekikian ketika masakan terasa luar biasa asin atau luar biasa pedas karena segunung merica yang dimasukkan. Namun apapun bentuknya, saat itu semua terasa lezat rasanya. ^_^

Walau masa itu telah lewat berpuluh tahun yang lampau, namun ingatan saya masih segar rasanya, terutama jika bertemu dengan rekan yang sama sekali tidak bisa memasak dalam usia yang terbilang 'dewasa'. Beberapa waktu lalu saya mendapatkan cerita dari seorang teman kantor yang baru mulai belajar memasak setelah sang  ibu meninggal dunia beberapa minggu yang lalu. Dia mengakui selama ini ibu-nya lah yang selalu memasak dan menyediakan makanan di rumah. Nah ketika beliau berpulang, sang ayah yang kangen dengan sayur sup dan sayur asem buatan rumah tiba-tiba request masakan tersebut. Demi menyenangkan hati  ayahnya, jadilah rekan saya ini pontang-panting terjun ke dapur serta sibuk menelpon sana sini untuk mendapatkan resepnya. ^_^

Lain lagi dengan cerita rekan saya yang lainnya, saya baru tahu bulan lalu jika seumur hidup dia sama sekali tidak pernah memasak. Baru membayangkan bagaimana menghidupkan api kompor saja telah membuatnya lompat ketakutan, seakan-akan api yang menyala bisa menjilat dan mengenai salah satu anggota badannya. Ketika asisten rumahnya resign bulan lalu, setiap hari teman saya ini selalu dipusingkan dengan masakan apa yang harus dibeli hari itu dan restoran mana yang kali ini harus dicoba. Apalagi ibu-nya yang sudah berusia lanjut cukup pemilih dalam urusan makanan dan selalu menuntut sayur berkuah tersedia di meja makan. Saya yang mendengar keluhannya setiap hari hanya cengar cengir, tidak tahu harus berkomentar apa, hanya saja saya tahu apa yang seharusnya dilakukan teman saya: mulai belajar memasak dan mulailah dengan membuat sayur sup!

So,  berikut ini adalah sayur sup simple namun lezat yang bisa anda sajikan dalam waktu 10 menit saja dan hanya memerlukan bahan yang sederhana. Kita cek sama-sama yuk. 


Sup Krim Ayam Jagung

Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:

- 1 kaleng jagung manis pipilan

- 200 gram ayam rebus, suwir-suwir (sekitar 1 potong dada ayam mentah)

- 2 batang daun bawang, rajang halus

- 500 ml air kaldu bekas merebus ayam

Bumbu:

- 1 butir bawang bombay ukuran kecil, cincang halus

- 4 siung bawang putih, cincang halus

- 100 ml atau 5 sendok makan krim kental, jika diganti dengan susu cair kurangi takaran air kaldu yang digunakan. Atau ganti dengan 5 sendok makan susu bubuk

- 1 sendok teh merica bubuk

- 1/4 sendok teh pala bubuk

- 3 butir cengkeh

- 1 sendok teh kaldu bubuk instan (optional)

- 1 sendok teh garam

- 1/2 sendok makan gula pasir

- 2 sendok teh maizena + 4 sendok makan air, larutkan 
- 1 sendok makan  margarine untuk menumis

Cara membuat:

Siapkan dada ayam, masukkan ke panci dan tambahkan 500 ml air. Rebus hingga dada ayam matang dan empuk. Ambil dan buang kotoran yang mengambang di permukaan kaldu ayam dengan menggunakan sendok sayur. 

Ambil ayam, suwir-suwir hingga menjadi ukuran kecil. Sisihkan. 


Siapkan panci, panaskan 1 sendok makan margarine hingga meleleh. Tumis bawang putih hingga harum dan kekuningan. Tambahkan bawang bombay, tumis hingga bawang transparan. Tuangkan air kaldu ayam, rebus hingga mendidih, jika kuah kurang tambahkan air panas ke dalamnya.

Masukkan jagung manis kalengan, ayam suwir, dan krim kental, aduk rata. Kecilkan api. Tambahkan merica, pala, cengkeh, kaldu bubuk, garam, gula. Aduk rata.


 Masukkan larutan maizena, aduk hingga kuah menjadi kental. Masak hingga mendidih sambil diaduk, tambahkan daun bawang dan daun seledri. Aduk, cicipi rasanya dan angkat dari kompor.

Sajikan hangat-hangat. Yummy!


Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/06/sup-krim-ayam-jagung.html
 
Sponsored Links