-->

Senin, 25 April 2016


Beberapa pembaca JTT pernah menanyakan ke saya mengenai resep salad dengan dressing mayonnaise yang melimpah, sebagaimana salad yang sering kita temui di acara jamuan makan yang menyajikan menu internasional atau di restoran seperti Pizza HUT misalnya. Potongan buah segar atau sayuran baik segar maupun rebus berpadu dengan aneka protein seperti potongan ikan tuna dan ayam panggang dengan siraman saus putih mayonaise yang melimpah.  Nah salad dengan dressing seperti ini dinamakan Russian salad atau olivier salad. Sesuai dengan namanya maka salad ini merupakan jenis hidangan salad tradisional yang berasal dari Rusia dan populer di negara-negara Eropa, Iran, Pakistan dan Israel. Umumnya olivier salad terbuat dari potongan tomat, aneka sayuran, telur rebus dan terkadang daging ham dengan dressing yang terbuat dari mayonnaise. Hmm, yummy!

Versi asli salad ini ditemukan pertama kali oleh seorang Belgia bernama Lucien Olivier pada tahun 1860. Olivier merupakan seorang chef yang berasal dari Hermitage, salah satu restoran yang paling populer di Moskow. Salad buatannya dengan cepat menjadi terkenal di antara pengunjung restoran dan membuatnya menjadi makanan yang menjadi ciri khas Hermitage. Resep yang sebenarnya tentu saja dijaga kerahasiannya dengan sangat ketat terutama dressing yang digunakan, namun diketahui bahan-bahan salad mengandung grouse (sejenis unggas), veal (lidah sapi muda), caviar (telur ikan), lettuce, crayfish (sejenis udang), capers (kuntum bunga tanaman Capparis spinosa) dan bebek asap, bahan salad ini tentu saja bisa berubah tergantung kondisi saat itu. 
Dressing aslinya sendiri merupakan tipe mayonnaise yang terbuat dari French wine vinegar, mustard, dan minyak zaitun Provencal, untuk takaran bahan-bahan dressing ini tidak ada yang mengetahuinya. Menjelang pergantian abad ke-20, salah satu Olivier's sous chef bernama Ivan Ivanof berusaha mencuri resep salad tersebut. Di suatu malam, saat sedang mempersiapkan dressing seperti biasanya, Olivier tiba-tiba dipanggil untuk suatu urusan yang penting. Tidak membuang waktu Ivan Ivanof lantas masuk ke dalam dapur pribadi Olivier dan mengambil kesimpulan yang masuk akal mengenai bahan-bahan yang digunakan dengan melihat aneka bahan yang tergeletak di meja. Ivan kemudian mengundurkan diri dari Hermitage dan bekerja sebagai chef di Mokswa, sebuah restoran dengan  level yang lebih rendah. Di sana Ivan mulai menyajikan salad yang dicurigai mirip dengan Olivier salad dengan nama 'Capital Salad'. Walaupun kemudian banyak pakar kuliner yang berpendapat bahwa dressing pada Capital Salad memiliki kualitas yang lebih rendah, alias 'kehilangan suatu bahan' di dalamnya.

Cerita selanjutnya adalah Ivan Ivanov kemudian menjual resep salad tersebut ke berbagai penerbit dan menjadikan salad ini semakin terkenal.  Seiring dengan ditutupnya Hermitage restoran pada tahun 1905 dan kepindahan keluarga Olivier keluar dari Rusia, salad jenis ini sekarang seringkali di kenal dengan nama 'Olivier'. Mengikuti perkembangan jaman dan faktor kepraktisan serta biaya yang harus dikeluarkan, bahan-bahan salad yang mahal lantas digantikan dengan jenis yang lebih murah dan terjangkau seperti yang saya lakukan kali ini. Jika anda ingin mencoba membuatnya di rumah,  anda bisa menggunakan jenis sayuran sesuai dengan selera anda, tidak harus sama dengan yang saya sertakan di resep. Dedaunan segar seperti selada dan lettuce saya rasa juga sedap untuk menjadi pilihan. Untuk protein yang digunakan, bisa ditambahkan potongan ikan tuna kalengan, ayam panggang suwir, potongan sosis atau hanya telur rebus seperti salad yang saya buat. 

Komposisi dressing-nya sendiri bisa disesuaikan dengan selera. Jika anda menghindari menggunakan banyak mayonnaise di dalam salad maka kurangi porsi yang saya sertakan di bawah atau gantikan dengan yogurt untuk versi yang lebih sehat. Walau mustard akan memberikan rasa sedikit menyengat yang khas selayaknya  wasabi  di sushi dan membuat dressing menjadi segar, namun skip saja jika anda tidak memilikinya di rumah. Selebihnya membuat makanan ini sangat mudah dan cepat tentunya. 

Berminat? Berikut resepnya ya. 

Russian Salad

Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 porsi

Bahan:

- 2 batang wortel rebus, potong kubus
- seikat buncis muda, sekitar 15 - 20 batang, siangi dan potong sepanjang 1/2 cm, rebus

- 2 butir kentang rebus, potong kubus

- 1 kaleng kacang polong, tiriskan

- 3 butir telur rebus, potong kubus

- 1 buah ketimun, buang biji dan potong kubus

- 2 batang daun bawang rajang halus

- 1 kaleng jagung manis pipilan, tiriskan

Dressing:

- 200 - 250 gram mayonaise, atau sesuai selera
- 1/2 sendok makan mustard (optional)

- 1/2 sendok teh lada hitam butiran, tumbuk kasar

- 1 sendok teh garam

- 1 - 1 1/2 sendok teh gula pasir
- 1 sendok makan air jeruk lemon/jeruk nipis 
- 2 sendok makan daun parsley cincang, bisa diganti dengan daun dill (optional)

Cara membuat:
Siapkan semua bahan, masukkan ke dalam mangkuk besar. Aduk rata. 

Siapkan mangkuk kecil, masukkan semua bahan dressing, aduk rata. Cicipi rasanya. Tuangkan dressing ke atas permukaan bahan salad, aduk hingga rata.

Salad siap disantap saat itu juga atau masukkan ke dalam kulkas hingga menjadi dingin. Yummy!

Sources:
Wikipedia - Olivier salad[1]
 

References

  1. ^ Olivier salad (en.wikipedia.org)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/04/russian-salad-olivier.html
 
Sponsored Links