-->

Senin, 01 Februari 2016


Jika anda memiliki kacang merah di rumah apa yang pertama kali terpikir untuk diolah dari bahan makanan yang sehat tersebut? Yup! Anda sama dengan saya dan mungkin dengan ribuan orang lainnya, semua pasti setuju jika saya katakan sup dan es kacang merah. Dua makanan ini memiliki banyak penggemar karena rasanya yang lezat dengan kandungan gizi kacang merah yang tinggi. Seperti kata pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui maka begitu pula ketika saya memasak kacang merah ini. Karena saya menggunakan kacang merah kering dan membutuhkan waktu lama untuk merebusnya hingga empuk maka saya pun tidak mau menyia-nyiakan kesempatan, saya langsung mengkreasikan si kacang merah rebus menjadi sup senerek dan es kacang merah yang lezat. Hmm, Sabtu ini menjadi Hari Kacang Merah bagi saya ^_^.

Sup senerek merupakan sejenis hidangan berkuah yang berisi kacang merah, iga sapi, dan aneka sayuran yang dimasak hingga empuk. Makanan ini diklaim berasal dari Magelang dan memiliki kesamaan dengan sup brenebon di Maluku. Bedanya sup senerek menggunakan iga/daging sapi sebagai campurannya sementara sup brenebon menggunakan daging/kaki babi. Senerek berasal dari bahasa Belanda snert yang artinya kacang polong, makanan ini dipercaya telah ada sejak jaman penjajahan Belanda di Indonesia. Mungkin untuk memudahkan pengucapannya masyarakat lokal lantas menyebutnya dengan senerek dan mengganti kacang polong yang notabene lebih sulit untuk dijumpai dengan kacang merah lokal yang umum dikonsumsi. 

Kelezatan sup senerek terletak pada kuah kaldunya, karena daging/iga sapi dan kacang merah harus dimasak hingga empuk untuk menghasilkan kaldu yang gurih bersama dengan aneka bumbu sup lainnya seperti lada, pala, cengkeh dan kayu manis yang membuat citarasa kuahnya semakin kuat. Bahan campuran umum lainnya yang dimasukkan ke dalam sup adalah bayam rebus, tauge, wortel dan daun bawang. Sup hangat, rempah yang kuat dan sayuran nan segar membuatnya sangat pas disantap kala musim penghujan, di sore hari yang dingin. Hmm, sebentar lagi kita akan memasuki musim penghujan yang mungkin akan panjang dan lama mengingat kemarau yang sepertinya never ending story. Jadi resep sup kacang merah ini bisa menjadi salah satu menu yang perlu anda pertimbangkan di rumah.

Berikut resepnya yang sangat mudah.


Sup Senerek
Resep hasil modifikasi sendiri 

Untuk 4 porsi sup kacang merah

Bahan:
- 200 gram kacang merah kering 
- 200 gram daging sapi, potong kubus
- 1 batang wortel potong dadu
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- 200 gram kembang kol, potong-potong sesuai ukuran
- 1 liter air

Bumbu, haluskan:
- 1 sendok teh merica butiran
- 3 siung bawang putih
- 1/4 butir pala
- 1/2 sendok makan garam
- 1 sendok makan minyak untuk menumis 

Bumbu lainnya:
- 1 batang kayu manis
- 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)
- 1 sendok teh gula pasir 

Cara membuat:
1 hari sebelumnya...


Rendam kacang merah kering hingga semua bagian terendam dengan baik, biarkan semalam hingga kacang mengembang dan empuk. 

Panaskan 1 1/2 liter air di panci hingga mendidih, masukkan kacang merah dan rebus hingga kacang empuk. Angkat dan sisihkan, jangan buang air rebusan kacang. 

Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu halus hingga harum dan kecoklatan, angkat.



Siapkan panci, masukkan air dan daging sapi, rebus hingga daging empuk, masukkan kacang merah, tumisan bumbu, gula pasir, kaldu bubuk dan kayu manis. Tambahkan wortel dan masak hingga wortel setengah matang. Masukkan kembang kol. Masak hingga semua bahan matang. Tambahkan daun bawang, aduk rata, cicipi rasanya dan angkat. 

Note: jangan terlalu lama memasak wortel dan kembang kol, agar tidak kehilangan kesegarannya. 

Sajikan sup senerek dengan taburan bawang merah goreng di atasnya. Sedap!  

Sources:


Source : http://www.justtryandtaste.com/2011/10/sup-senerek-sup-kacang-merah-dengan.html
 
Sponsored Links