-->

Senin, 15 Februari 2016

Hujan dan mendung, benar-benar cuaca yang sangat tidak bersahabat untuk mereka yang sedang berusaha menguruskan badan karena perut yang terus-menerus terasa lapar. Namun cuaca seperti ini sangat bersahabat dengan pemalas seperti saya yang menikmati hari nan sejuk dengan nangkring di atas kasur sambil sibuk browsing tidak tentu arah. Ketika perut lapar berbunyi - sebenarnya sejak pagi tapi saya tahan mati-matian karena belum memasuki jendela makan OCD - saya pun lantas menenangkannya dengan menegak segelas besar smoothie buah dan sayuran yang telah saya siapkan di kulkas. Setengah liter smoothie ternyata hanya bertahan sebentar karena kemudian rasa lapar kembali menyerang. Tepatnya lapar mata gara-gara saya menyaksikan tayangan street vendor India di internet yang menampilkan penjual omelete roti. Setangkup roti berisikan telur yang didadar di wajan datar beserta dengan sayuran dan aneka rempah yang tak jelas apakah gera ngan yang digunakan akhirnya mampu menyeret kaki saya menuju ke dapur untuk membuatnya. Jika anda ingin makanan praktis, super mudah, mengenyangkan dan lezat, maka omelete roti ini bisa menjadi pilihan untuk dieksekusi di rumah secepatnya! ^_^


Makanan ini sebenarnya tidak ada bedanya dengan sandwich roti dadar, yang membedakan hanyalah semua bahan di masak langsung di dalam pan datar sehingga jauh lebih praktis dan mengirit wadah yang digunakan dibandingkan jika anda memasak masing-masing bahan secara terpisah. Selain praktis, bahan yang anda gunakan bisa disesuaikan dengan selera dan isi kulkas. Untuk versi omelete yang lebih sehat anda bisa menggunakan lebih banyak ragam sayuran seperti jamur, paprika merah atau hijau, serutan wortel, daun ketumbar, bahkan bayam rebus yang dirajang halus. Bumbunya pun disesuaikan dengan selera anda, saya menggunakan cabai bubuk, garam, merica dan kunyit bubuk, jika anda tidak suka rasa kunyit di telur dadar, skip saja.  Untuk rasa yang lebih gurih saya menggunakan  keju parut yang ditaburkan di permukaan telur, kolaborasi roti yang garing, telur dan keju yang gurih memang terasa sempurna dan walau tentu saja sangat menyalahi pedoman food combin ing karena mencampurkan karbohidrat (roti) dan protein (telur) tapi siapa yang peduli, kalau rasanya begitu lezat di lidah. ^_^ 


Untuk rotinya, tidak harus menggunakan irisan roti tawar seperti yang saya gunakan, anda juga bisa menggunakan roti burger yang dibelah menjadi dua bagian dan diletakkan di tengah telur, kemudian tekan dengan spatula hingga pipih. Bagian krusial dalam pembuatan omelete roti adalah pada saat proses pemangganggannya. Api kompor tidak boleh terlalu besar karena akan membuat telur cepat gosong sementara bagian tengahnya belum matang. Jadi gunakan api kecil saja. Tidak perlu khawatir, walau dengan api kecil tidak memerlukan waktu lama untuk membuatnya menjadi matang. Selain besar kecilnya api kompor, pastikan juga untuk menekan roti hingga menempel erat di telur sehingga tidak buyar saat omelete di balik. 


Terus terang resep yang saya sertakan di bawah hanyalah hasil mengira-ngira yang saya lakukan sendiri kala menyaksikan vidoe tayangan di internet, kemungkinan besar resep aslinya tidak akan sama. Namun percayalah omelete roti ini rasanya tetap lezat, dan pas untuk dinikmati kala mendung seperti ini dan anda tiba-tiba dilanda rasa lapar dan keinginan untuk mencicipi makanan gurih, ringan dan tidak butuh waktu lama untuk dibuat. 

Berikut prosesnya ya. 

Omelete Roti

Resep hasil modifikasi sendiri

- 2 keping roti tawar (saya menggunakan gandum utuh)

- 2 butir telur

- 1 batang daun bawang rajang kasar

- 1/2 butir bawang bombay, rajang kasar

- 1/2 sendok teh cabai bubuk

- 1/4 sendok teh merica bubuk

- 1/4 sendok teh garam

- 1/4 sendok teh kunyit bubuk
- 2 sendok makan keju cheddar parut, bisa pakai keju mudah meleleh

- minyak untuk menggoreng

Pelengkap:

- saus tomat botolan

- saus sambal botolan

Cara membuat:

Siapkan pan datar anti lengket, besar pan disesuaikan dengan besar roti tawar yang akan anda gunakan. Panaskan sekitar 1 sendok makan minyak. Tuangkan daun bawang dan bawang bombay di pan, tumis sebentar hingga agak layu.Kecilkan api kompor. Pecahkan telur di permukaan tumisan bawang bombay, pecahkan kuningnya dengan ujung spatula.  

Taburkan semua bumbu halus yang digunakan diresep di permukaan telur.  Kala telur masih setengah mentah dan basah, letakkan dua buah roti tawar di permukaan telur, tekan-tekan roti dengan spatula hingga roti menempel rapat dengan telur.  Masak hingga telur terlihat matang dan mengeras di bagian dasarnya.

Balikkan telur dengan cepat dan masak roti hingga permukaannya kecoklatan dan kering. Tekuk roti sehingga telur terjepit di tengah roti. Matikan kompor. Menggunakan spatula potong roti menjadi dua bagian, letakkan di piring saji dan santap dengan saus tomat dan saus sambal botolan.  Mudah dan yummy!


Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/11/omelete-roti.html
 
Sponsored Links