-->

Rabu, 24 Februari 2016


Sejak menyantap risoles berisi daging asap dan lelehan keju di kedai Soto Ria beberapa waktu yang lalu - anda bisa klik disini[1] untuk membaca artikel mengenai Soto Ria - saya benar-benar terinspirasi untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Risoles berisi tumisan aneka sayur mayur dan cincangan daging ayam atau sapi sudah biasa namun risoles dengan potongan daging asap, wortel, telur rebus dan vla keju yang yummy mungkin tidak terlalu umum di jual.  Berbekal resep dari buku masakan yang lagi lagi saya comot dari Kumpulan Resepnya Ny. Liem akhirnya tadi malam saya bertekad untuk mempraktekkannya, tentu saja dengan beberapa penyesuaian ala saya. Hasilnya tidak mengecewakan, walaupun lain kali jika akan membuatnya lagi saya akan menggunakan tepung panir dan bukan bread crumbs. Menurut saya, ukuran bread crumbs yang lebih besar remahannya dibandingkan dengan tepung panir membuat permukaan risoles menjadi kurang mulus. Dari segi rasa, risoles ini mantap! ^_^
Berniat menggunakan kentang namun batal karena isi  menjadi terlalu penuh

Tantangan yang paling utama jika kita akan membuat risoles adalah pada adonan kulitnya. Terlalu encer kulit risoles menjadi berlubang-lubang saat adonan bersentuhan dengan penggorengan yang panas, namun jika terlalu kental maka kulit menjadi tebal sehingga menyulitkan kita saat akan melipatnya. Walaupun resep telah memberikan rincian takarannya namun acapkali saya sedikit melakukan modifikasi, biasanya modifikasi dilakukan setelah adonan pertama keluar dari penggorengan dan hasilnya kurang memuaskan hati. Jadi saran saya, jangan ragu-ragu untuk menambahkan air jika dirasa adonan terlalu kental atau menambahkan sedikit porsi tepung terigu ketika dirasakan adonan terlalu encer. Lakukan penambahan tersebut setelah anda berhasil membuat selembar kulit yang matang.

Selain adonan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah wajan yang digunakan untuk mendadar adonan. Gunakan loyang datar teflon yang anti lengket dan pastikan untuk mengoleskan sedikit minyak goreng pada permukaannya agar dadar mudah untuk dilepas dari penggorengan saat telah matang. Oleskan minyak dengan menggunakan kuas halus atau kain bersih yang dicelupkan ke minyak agar takaran minyak menjadi tidak berlebihan, oleskan juga pada sisi-sisi penggorengan karena ketika adonan dadar kita gulirkan untuk menutupi permukaan wajan maka sebagian akan menempel di sisi pan.  Gunakan takaran satu sendok sayur agar semua dadar yang anda hasilkan seragam baik dari sisi ketebalan maupun ukurannya. Selain itu pastikan diameter penggorengan yang anda pakai memiliki ukuran yang sedang (jangan terlalu lebar atau terlalu kecil). Terlalu kecil diameter dadar akan membuat anda kesulitan saat melipat risoles dengan berbagai isi di dalamnya, ujung-ujungnya dadar menjadi pecah. Terlalu lebar ukuran dadar akan membuat lipatan kulit risoles menjadi melimpah dan risoles menjadi tebal di kulit sehingga rasanya menjadi kurang sedap. Paling tidak gunakan pan dengan diameter + 20 cm.


Sebelum memasukkan adonan ke pan, panaskan terlebih dahulu wajan dengan api kecil hingga terasa agak panas, baru tuangkan satu sendok sayur adonan ke wajan. Angkat sedikit pan dari atas api kompor dan gulirkan dengan cepat adonan secara merata ke seluruh permukaan wajan hingga terbentuk lapisan yang tipis. Wajan yang terlalu panas akan membuat adonan mengeras tidak merata dan terkadang bergumpal-gumpal, jika kurang panas adonan tidak segera membentuk lapisan dan akan berlari-lari ketika pan kita gulirkan. Masak adonan dengan api kecil hingga dadar matang dan mengeras, balikkan wajan di atas piring dan biarkan dadar jatuh sendiri ke piring, memaksanya dengan mengangkat menggunakan ujung spatula akan membuat dadar sobek. Jika dirasakan wajan terlalu panas, tandanya adonan yang dituangkan berlubang-lubang dan mengering dengan cepat maka matikan kompor sejenak dan biarkan suhu wajan turun baru kemudian lanjutkan kembali menggoreng adonan.

Hmm, saya rasa beberapa tips dari saya di atas telah cukup mewakili hal-hal yang harus diperhatikan kala membuat kulit risoles sendiri. Seperti biasa, mempraktekkannya sendiri dan sering melakukan uji coba merupakan guru yang terbaik. Selamat mencoba ya ^_^.

Berikut resepnya.

Risoles Daging Asap, Telur Rebus, Wortel dan Vla Keju

Resep diadaptasikan dari buku 500 Resep Kue dan Masakan Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati - Risoles Smoke Beef 

Untuk sekitar 13 buah risoles

Bahan vla keju:

- 40 gram mentega

- 75 gram keju cheddar parut (resep asli menggunakan cheese spread)

- 50 gram tepung terigu

- 350 ml susu cair

- 1/2 sdt garam

- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk, jika suka 

Bahan isi:

- 2 butir telur rebus, masing-masing belah menjadi 6 bagian

- 1 batang wortel, rebus dan potong ukuran 1 x 3 cm

- 4 lembar smoke beef, masing-masing potong menjadi 4 bagian

Bahan kulit risoles:
- 150 gram tepung terigu protein sedang/serba guna (misal Segitiga Biru)
- 125 ml susu cair
- 200 ml air (resep asli 175 ml)
- 2 butir telur
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk jika suka

Bahan pencelup:
- 1 butir telur ayam kocok lepas
- Tepung panir secukupnya

Cara membuat: 
Membuat adonan kulit risoles


Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, garam dan merica bubuk, aduk rata. Tambahkan susu cair. Aduk menggunakan spatula balon hingga tercampur baik.

Tambahkan telur, aduk hingga rata. Masukkan air dan aduk adonan hingga menjadi larutan yang smooth dan tidak begumpal. Jika adonan bergumpal saring menggunakan saringan kawat hingga dihasilkan adonan yang benar-benar halus bebas gumpalan.


Siapkan penggorengan datar anti lengket diameter + 20 cm. Oleskan minyak pada permukaan penggorengan menggunakan kuas halus atau kain hingga merata. Jangan berlebihan memberikan minyak karena dadar akan keriting pada bagian tepinya.

Panaskan wajan menggunakan api kecil, letakkan telapak tangan anda kira-kira 5 cm dari permukaan wajan, jika terasa mulai panas tuangkan adonan ke dalam wajan menggunakan sendok sayur. Takarannya adalah 1 sendok sayur untuk setiap dadar yang anda buat. Angkat sedikit penggorengan dari atas kompor dan gulirkan dengan cepat sehingga adonan mengalir rata menutupi permukaan wajan dan menghasilkan satu lapisan yang tipis. 

Masak hingga mengeras dan bagian tepinya mulai terlihat kecoklatan. Angkat dan balikkan wajan di atas piring sambil wajan di guncangkan perlahan hingga dadar jatuh ke piring. Lakukan dengan hati-hati agar dadar tidak sobek. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Sisihkan.

Membuat vla keju: 


Siapkan panci kecil anti lengket, panaskan mentega hingga meleleh menggunakan api kecil saja, tambahkan keju parut dan tumis sebentar hingga keju tercampur baik dengan mentega. 
 
Masukkan tepung terigu, aduk rata. Tambahkan 1/2 porsi susu cair dan aduk cepat hingga menjadi adonan yang smooth dan tidak menggumpal. Masukkan kembali sisa susu, merica, garam dan kaldu bubuk. Aduk cepat dan masak dengan api kecil hingga menjadi adonan yang kental. Angkat. 

Membuat vla ini memang sedikit sulit karena seringkali vla menggumpal dan berbutir, memasukkan porsi susu secara bertahap akan mengurangi gumpalan yang terbentuk. Jika masih ada gumpalan, saring menggunakan saringan kawat sehingga benar-benar dihasilkan vla keju yang smooth. 

Menata dan membungkus risoles: 


Letakkan selembar kulit di permukaan meja atau talenan, beri setengah sendok makan vla pada salah satu sisi dadar. Ratakan agar vla tidak menggunung, beri seiris daging asap, wortel dan telur dadar. Lipat bagian bawah kulit dan kiri kanannya sehingga dadar menutupi isi, kemudian gulung dadar hingga semua isi tertutupi.

Gulirkan risoles di kocokan telur, kemudian gulingkan di tepung panir hingga semua permukaannya tertutup dengan baik. Goreng risoles di minyak panas menggunakan api kecil saja, karena tepung panir mudah sekali gosong. Jika warna risoles telah coklat keemasan, angkat.

Sajikan risoles dengan cabai rawit dan saus sambal/tomat botolan. Santap selagi hangat, so yummy!


Source:
500 Resep Kue dan Masakan Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati - Risoles Smoke Beef

References

  1. ^ disini (justtryandtaste.blogspot.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2011/11/risoles-daging-asap-telur-rebus-wortel.html
 
Sponsored Links