-->

Selasa, 01 Maret 2016

Jika anda bosan mengeluarkan pan dan menyalakan kompor untuk menyiapkan sarapan di pagi hari maka resep praktis kali ini mungkin bisa anda coba dirumah. Super duper mudah, fresh, bergizi dan rasanya pun lezat! Peralatan yang anda perlukan hanyalah talenan, pisau tajam dan waktu selama 10 menit untuk mempersiapkannya. Nah makanan tersebut apalagi kalau bukan semangkuk sereal dengan potongan buah segar, buah kering dan siraman susu segar yang dingin. Menyantapnya semangkuk penuh pun tidak akan membuat anda merasa berdosa walaupun perut terasa sesak kekenyangan.  

Rasanya sudah bukan masanya lagi sarapan harus diisi dengan bubur ayam atau lontong sayur yang berat, apalagi bagi pekerja kantoran seperti saya yang seharian aktifitasnya hanya duduk dan menggerakkan dua buah jari di keyboard. Sedikit sekali kalori yang terbakar dalam aktifitas tersebut, sisa sarapan akan berubah menjadi lemak yang menumpuk di perut dan paha. Memperbanyak asupan buah di pagi hari menjadi alternatif saya untuk mengisi perut dengan kenyang tanpa khawatir  kalorinya yang tinggi. Setiap hari variasi buahnya bisa disesuaikan dengan selera, namun pepaya, mangga dan pisang menjadi favorit saya karena rasanya yang manis dan pas bersanding dengan sereal dan susu. 


Ada ratusan variasi untuk menikmati sereal, yang paling sering dan umum dilakukan adalah dengan menyiramnya dengan susu segar. Cara tersebut terus terang tidak saya rekomendasikan karena nutrisinya yang minim. Bagi saya, kepingan sereal hanya sebagai pelengkap dan bukan aktor utama di sarapan pagi ini. Teksturnya yang garing dan renyah membuat setiap kunyahan menjadi lebih seru, namun komposisi utama tetap harus buah-buahan segar. Untuk serealnya, saran saya gunakan sereal jagung tanpa gula (corn flakes) seperti yang saya gunakan dan hindari aneka sereal yang mengandung coklat dan gula. Gunakan buah-buahan dengan rasa yang manis seperti melon, pepaya, mangga, anggur, pisang serta buah kering seperti kismis, apricot dan prunes. Agar gizinya lebih lengkap saya menaburkan biji wijen mentah. Biji wijen atau sesame seeds telah lama dikenal sebagai sumber yang baik untuk kalsium, magnesium, besi, fosfor, vit. B1 dan serat makanan. Selain biji wijen anda juga bisa menggunakan kacang-kacangan lainnya seperti kacang mete, almond atau walnut yang dicincang kasar.
Karena saya menghindar menggunakan susu sapi maka saya memakai susu kedelai kotak yang bisa dibeli di supermarket dalam aneka merk. Anda bisa menggunakan susu sapi biasa. Saya tidak menambahkan pemanis  apapun ke dalam mangkuk karena buah segar dan buah kering yang digunakan telah menyumbangkan rasa manis yang pas pada sereal namun jika masih kurang manis bagi indera pengecap anda maka tambahkan kucuran madu atau susu kental manis di atasnya. 

Masukkan semua bahan di dalam satu mangkuk dan segera santap kala buah dan susu cair masih dingin karena baru saja keluar dari kulkas. Nah saya jamin pagi anda menjadi lebih ceria dengan perut kenyang yang terasa nyaman. Jadi berikut bahan dan prosesnya yang simple ya. ^_^


Sereal & Buah

- 1/4 buah pepaya, potong kubus

- 2 buah pisang ambon atau pisang emas , potong melintang tipis

- 1 buah mangga arum manis, potong kubus

- 2 - 4 sendok makan kismis

- 5 - 6 buah prunes, cincang kasar

- cereal jagung (corn flakes) secukupnya

- biji wijen untuk taburan secukupnya 

- susu kedelai cair sesuai selera (bisa menggunakan susu sapi segar biasa)

- madu jika kurang manis

Siapkan semua potongan buah, bagi ke dalam 2 buah mangkuk. Taburkan kismis dan prune di masing-masing mangkuk sama rata. Taburkan wijen dan corn flakes. Banyaknya corn flakes sesuai selera anda.

Tuangkan susu cair di mangkuk dan santap segera. Yummy!

Source:
WhFoods - Sesame Seeds [1]

References

  1. ^ Sesame Seeds  (www.whfoods.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/12/semangkuk-sereal-dan-buah-cara-mudah.html
 
Sponsored Links