-->

Sabtu, 19 Maret 2016

Resep bakso kuah yang lezat ini saya peroleh tidak sengaja dari teman kantor saya, Fifi, ketika minggu lalu saya membawa tahu cincang goreng ke kantor. Sambil mengunyah si tahu dan saling memberikan komentar atas tahu goreng yang asinnya luar biasa, Fifi menanyakan ke saya apakah pernah membuat bakso dengan soun, wortel dan jamur kuping. Bakso dan masakan berkuah? Mata saya kontan melotot plus berbinar-binar dan tangan dengan cepat meraih kertas dan pulpen untuk mencatat resep. Menurut Fifi, masakan ini merupakan menu favorit di keluarganya dan selalu habis dengan cepat. Dan yang membuat spesial adalah si jamur kuping yang renyah krenyes-krenyes dalam gumpalan daging cincang menciptakan sensasi tersendiri saat menyantapnya. Airliurmenetes.com ^_^
pg imageanchor=1>


Sepulang kantor saya pun singgah sejenak ke supermarket untuk membeli daging sapi cincang. Sedangkan jamur kuping dan wortelnya  saya telah memilikinya di dapur. Malam itu juga sepulang kantor saya bertekad akan segera berkutat di dapur dan mewujudkan sepanci bakso soun yang telah terbayang pasti yummy rasanya. Namun sayangnya si soun terlupa untuk dibeli dan dengan berat hati resep ini saya tunda hingga Minggu sore sepulang dari menghadiri acara nikahan teman kantor. Sore yang diguyur hujan, cuaca mendung yang membuat suasana terasa muram dan gelap walaupun baru pukul empat sore tidak menjadi penghalang bagi saya untuk berjalan ke toko di dekat rumah membeli mie soun. Ada semangat, ada tekad dan usaha maka tidak diragukan lagi apapun bisa anda lakukan. Termasuk membuat bakso soun yang ternyata bukan hanya sekedar yummy tetapi super duper yummy. Ahh, Fifi memang terlalu humble. ^_^

Agar bakso yang dihasilkan lebih kenyal dan tidak berbintil-bintil maka saya masukkan daging cincang, telur, bawang merah dan bawang putih ke dalam blender dengan sekitar 50 ml air dan proses hingga halus. Cara ini menghasilkan bakso yang lebih padat dan kenyal. Namun jika anda malas menggunakan blender untuk urusan giling-menggiling daging maka anda bisa menggunakan food processor, atau ulekan/cobek. Ini fungsinya agar serat-serat daging menjadi halus dan kompak bercampur dengan bahan lainnya. Jamur kupingnya sendiri saya menggunakan versi keringnya, jadi saya rendam terlebih dahulu dengan air dingin hingga mengembang dan lunak, selanjutnya jamur lantas dirajang kasar. Demikian juga dengan soun, tidak perlu direbus atau disiram air panas, cukup rendam dengan air dingin hingga lemas dan tiriskan. Cacah soun hingga menjadi potongan sepanjang 1 - 2 cm, saya memotongnya dengan gunting agar lebih cepat. 

Bakso soun ini sedap dimakan begitu saja atau di santap bersama kuah yang simple. Kunci kuah bakso yang sedap adalah kaldu dan bawang putih yang banyak. Gunakan air rebusan bakso sebagai kuahnya dengan menambahkan bumbu dan kaldu bubuk serta rajangan daun bawang. Ditemani saus sambal botolan maka Minggu yang kelabu dengan guyuran air hujan menjadi hangat dan tentu saja super yummy! 

Thanks untuk Fifi atas resep keluarganya yang mantap habis! Berikut resepnya ya ^_^

Bakso Soun, Wortel dan Jamur Kuping ala Fifi

Resep diadaptasikan dari resep keluarga Sofia Djapar (Fifi) 

Untuk 25 - 30 buah bakso

Bahan bakso:

- 400 gram daging sapi cincang atau ayam cincang

- 240 gram soun basah (rendam soun dalam air dingin, hingga lunak, tiriskan dan cincang kasar)

- 1 buah wortel, serut kasar

- 140 gram jamur kuping basah, rajang kasar
- 2 butir telur ayam ukuran besar atau 3 butir ukuran kecil
- 2 - 3 sendok makan tepung sagu/tapioka

Bumbu, haluskan:

- 1 1/2 sendok teh merica bubuk

- 5 siung bawang putih

- 5 siung bawang merah

- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok teh garam

Bahan kuah bakso, haluskan:

- 5 siung bawang putih, goreng sebentar dalam kondisi utuh

- 1 sendok teh kaldu bubuk

- Sekitar 1 - 1 1/2 liter air bekas merebus bakso

- 1/2 sendok makan garam (sesuai selera)
- 1 batang daun bawang, rajang halus 

Cara membuat:

Membuat bakso

Siapkan blender, masukkan daging sapi/ayam cincang ke dalam blender, beserta dengan bawang merah dan bawang putih, tambahkan telur, dan air, kemudian proses hingga halus. Anda juga bisa menghaluskan daging dengan ulekan batu atau food processor. 

Tuangkan daging yang telah halus ke mangkuk, masukkan rajangan jamur kuping, soun, wortel, merica bubuk, kaldu bubuk dan garam. Aduk hingga tercampur rata. Tambahkan tepung sagu dan aduk rata. Cicipi rasanya.

Siapkan panci besar, isi dengan air agak banyak dan masak hingga mendidih. Bulatkan adonan menggunakan dua buah sendok, jika sulit gelindingkan adonan di telapak tangan sambil diatur agar jamur dan bahan lainnya saling menempel dan padat, tidak berongga. Masukkan bulatan adonan ke dalam air mendidih dan masak hingga bakso mengapung. Angkat dan tiriskan.Lakukan hingga semua adonan habis.  

Membuat kuah 



Gunakan air untuk merebus bakso, masukkan semua bahan dan bumbu kuah. Masak hingga mendidih. Cicipi rasanya dan angkat.  

Penyajian
Tata bakso di mangkuk dan siram dengan kuah. Santap bersama dengan saus sambal botolan. Hmmm! 

Source:
Resep keluarga Sofia Djapar (Fifi)


Source : http://www.justtryandtaste.com/2012/04/bakso-soun-wortel-dan-jamur-kuping-ala.html
 
Sponsored Links