-->

Jumat, 25 Maret 2016


Hidup sehat dengan mengudap makanan yang kaya serat, minim gula dan lemak ternyata sama sekali tidak sulit dan menyakitkan. Bahkan terasa sangat lezat! Itu jika makanan yang anda kudap adalah roti soda ala Irlandia yang so delicious ini. Bahan utama penyusunnya adalah tepung gandum utuh, yogurt dan oatmeal, menjadikan hidangan ini kaya akan serat dan zat gizi yang baik bagi pencernaan dan tubuh kita. Irish bread ini pas sekali untuk mengganjal perut di pagi hari bersama segelas susu atau teh hangat dan perut anda tetap terasa kenyang hingga jam makan berikutnya tiba. Ketika saya membuat roti ini jam di dapur telah menunjuk pukul sembilan malam, walaupun begitu tanpa ragu-ragu begitu keluar dari oven saya langsung mencomotnya, menyobeknya dan memasukkannya ke mulut. Awalnya untuk mencoba karena penasaran dengan rasanya, tapi begitu beradu dengan lidah satu buah roti pun habis saya sikat tanpa ragu. Yummy!

Sebenarnya Irish Bread ini adalah sejenis quick bread[1], yaitu jenis roti yang dalam proses pembuatannya tidak menggunakan ragi sebagai bahan pengembang.  Bahan pengembang yang umum digunakan adalah baking soda atau baking powder, karena itu Irish Bread ini sering disebut juga dengan soda bread. Sesuai dengan namanya roti ini berasal dari Irlandia walaupun kemudian Amerika mengklaim jika mereka sebagai penemunya. Roti dengan menggunakan soda pertama kali diperkenalkan di awal tahun 1800-an dan secara langsung diasumsikan bahwa mereka yang tidak memiliki oven dapat membuat soda bread, walaupun dalam kenyataannya saat itu tidak ada satu orang pun yang telah memiliki oven. Mereka memasak roti dengan menggunakan alat yang disebut bastible, yaitu sebuah panci besi besar lengkap dengan penutup yang diletakkan diatas bara atau api. Bahan pengembang dari soda begitu populer karena memiliki keuntungan yaitu bahan ini tidak mudah rusak dan harganya pun sangat murah.


Traditional Irish Bread Soda yang asli hanya menggunakan bahan-bahan seperti tepung gandum, oatmeal, dan susu, tanpa mentega. Dalam perkembangannya bahan lainnya seperti biji-bijian, buah kering, mentega ditambahkan ke dalamnya walaupun kemudian roti yang telah mengalami modifikasi ini dinyatakan bukan Irish Bread Soda yang asli. Dalam proses pembuatannya untuk menghasilkan roti yang lembut, mengembang dan ringan maka adonan harus diperlakukan selembut dan seminimal mungkin. Bahan-bahan harus di campur menjadi satu kesatuan dengan perlakuan yang sesedikit mungkin. Semakin lama dan sering kita mengaduk atau menguleni adonan maka roti yang dihasilkan akan menjadi lebih keras. Tradisional Irish Bread Soda tidak memerlukan ulenan sama sekali, cukup dengan sentuhan ringan hanya supaya bahan-bahan menyatu.  

Adonan lantas dibentuk menjadi piringan bulat dan dengan menggunakan pisau atau spatula dibuat irisan menyilang pada permukaannya. Tujuan dari tanda silang ini adalah agar panas oven bisa masuk ke bagian tertebal dari roti sehingga membantu dalam proses pemanggangan. Selain itu juga membuat tampilan roti menjadi merekah cantik ketika keluar dari oven. Jika anda suka dan agar roti ini lebih kaya akan gizi dan rasa maka biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji labu atau kacang-kacangan dan buah kering seperti mete, walnut, macadamia, kismis, dan kurma juga bisa dimasukkan ke dalamnya. Secara keseluruhan, Irish Soda Bread ini sangat mudah dibuat dan tentunya sangat sesuai untuk mereka yang sedang 'berusaha' berdiet seperti saya.  ^_^

Berikut resepnya ya. 



Roti Soda ala Irlandia

Resep diadaptasikan dari web My Recipes.com - Irish Brown Bread[2]

Untuk 4 buah roti ukuran diameter + 10 cm 

Bahan:
- 65 gram tepung terigu serba guna (misal Segitiga Biru)
- 120 gram tepung gandum utuh
- 1 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh baking soda
- 1/4 sendok teh garam
- 1 sendok makan mentega dingin dari kulkas
- 50 gram quick cooking oatmeal/oatmeal instan
- 230 gram yogurt tanpa rasa (lebih bagus jika rendah lemak)
- Susu cair (jika diperlukan)


Cara membuat:
Panaskan oven, set di suhu 165'C. Siapkan loyang datar untuk memanggang kue kering, alasi dengan kertas minyak. Sisihkan.




Dalam mangkuk besar masukkan tepung terigu, tepung gandum, gula, baking powder, baking soda, dan garam. Aduk rata. 


Masukkan mentega beku, dengan menggunakan pisau pastry cacah tepung dan mentega hingga mentega menjadi berbutir-butir kecil seukuran kedelai. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan garpu atau dua buah pisau. Tambahkan oatmeal, aduk rata dengan spatula.

Masukkan yogurt aduk hingga adonan tercampur baik, adonan yang terbentuk pekat, menggumpal dan mudah untuk disatukan. Jika kondisi adonan sebaliknya, artinya tercerai berai, kering dan sulit untuk digabungkan menjadi satu maka tambahkan sesendok demi sesendok susu cair dengan menggunakan sendok teh. Jangan berlebihan menambahkan susu cair, begitu adonan lembab dan bisa disatukan segera hentikan menambahkan susu. 




Taburi meja kerja atau talenan dengan sedikit tepung terigu, tuangkan gumpalan adonan ke atas taburan tepung. Lumuri permukaan tangan anda dengan tepung, kemudian tepuk-tepuk adonan dengan gerakan ringan hingga adonan menyatu dan membentuk piringan bulat. Jangan berlebihan bekerja pada adonan.




Bagi menjadi 4 bagian yang sama besarnya. Kemudian bentuk menjadi piringan bulat yang lebih kecil pada masing-masing potongan adonan. Iris permukaannya membentuk tanda silang. Tata di loyang yang telah disiapkan dan panggang di oven selama 30 -40 menit atau hingga permukaan roti mulai berwarna coklat keemasan. 

Ketika matang roti akan mengembang, merekah dan terasa empuk dengan rasa manis yang pas. Mantap disantap dengan olesan mentega, selai atau seperti saya hanya dimakan begitu saja dengan segelas susu. Yummy!


Sources: 

References

  1. ^ quick bread (en.wikipedia.org)
  2. ^ Irish Brown Bread (www.myrecipes.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2011/12/roti-soda-ala-irlandia-irish-brown.html
 
Sponsored Links