-->

Selasa, 02 Februari 2016


Saya memiliki sebotol sirup Sunquick yang entah sudah berapa lamanya nangkring di meja kerja di kantor. Waktu itu saya membelinya untuk campuran jus buah sayuran yang sering saya bawa ke kantor, pikir saya dengan aroma jeruk yang kuat akan membuat jus sayuran menjadi terasa lebih sedap. Namun rasa Sunquick yang super asam membuat jus yang saya buat justru tidak keruan rasanya, dan meminum sirup ini begitu saja dengan tambahan air juga tidak menarik minat saya. Akhirnya sebotol sirup jeruk ini pun terbengkalai percuma. 

Lama kelamaan saya pun menjadi tidak tahan juga, jika sirup ini tidak bisa menjadi minuman yang saya sukai setidaknya mungkin bisa menjadi makanan yang lezat. Beberapa resep masakan pun mulai saya lirik dari cake hingga lauk, beberapa membuat minat saya tergelitik seperti orange cupcake yang kali ini saya posting. Resep lainnya yang juga ingin segera saya eksekusi adalah ayam saus jeruk, sepertinya aroma jeruk di Sunquick yang kuat akan mantap bersanding dengan ayam gurih yang crispy. Resepnya ditunggu saja ya! ^_^

Jika anda tidak memiliki sirup Sunquick, maka anda bisa menggunakan orange essence atau sirup jeruk lainnya yang banyak tersedia di pasaran. Anda juga bisa menggunakan air perasan jeruk seperti sunkist yang memiliki aroma kuat. Jangan lupa untuk juga menambahkan parutan kulit jeruk ke dalam adonan, membuat aroma jeruk semakin nendang. Nah proses membuat cake ini sangat mudah, cukup kocok mentega dan gula hingga kembang dan putih. Karena malas mengeluarkan mikser maka saya menggunakan spatula balon untuk mengocok mentega, dan ternyata tidak memerlukan waktu lama untuk mengocok mentega secara manual. Jadi bagi anda yang tidak memiliki mikser jangan khawatir, cake ini tetap bisa dieksekusi. Nah saat mentega telah terlihat smooth dan berwarna putih maka telur pun siap dimasukkan satu persatu. Adonan diaduk rata bersama tepung dan siap dipanggang. Mudah!



Satu hal yang biasanya sering ditemukan kala mengocok mentega dan telur adalah adonan yang menjadi menggumpal dan bergerindil. Biasanya ini terjadi karena telur dimasukkan secara bersamaan dalam jumlah banyak, membuat adonan menjadi encer dan susah tercampur dengan baik. Tips untuk menghindari ini terjadi adalah  dengan memasukkan telur ke adonan mentega satu persatu. Kemudian kocok telur dan mentega dengan baik hingga menjadi adonan yang smooth baru porsi telur berikutnya dimasukkan. Dengan memasukkan telur secara bertahap dan memberikan setiap telur waktu dan kesempatan untuk tercampur baik dengan adonan akan menghasilkan adonan yang lebih halus dan smooth. 

Perlakuan ini juga berlaku pada saat anda memasukkan porsi susu cair yang ada di resep ke dalam adonan. Karena terburu-buru ingin segera menyelesaikan proses maka saya langsung memasukkan semua susu cair ke dalam adonan mentega dan telur yang smooth, akibatnya adonan menjadi sedikit bergerindil. Namun sebenarnya kondisi yang bergerindil  ini tidak akan mempengaruhi hasil cupcake, karena setelah tepung dimasukkan dan diaduk maka adonan pun berubah menjadi halus dan cupcake tetap mengembang dengan baik degan rasa yang  lezat.


Untuk memanggangnya, kali ini saya menggunakan oven gas dengan api bawah saja. Jika anda tidak memiliki oven maka cupcake ini bisa anda kukus. Sayangnya cupcake ini kurang mengembang dengan maksimal, walau teksturnya mengembang dan sama sekali tidak bantat. Jadi supaya cupcake anda lebih tinggi hasilnya maka isilah cetakan cupcake hingga penuh. 

Nah berikut ini proses dan resepnya ya.  


Orange Cupcake dengan Sunquick
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 15 buah cupcake dengan loyang muffin diameter 7 - 8 cm

Tertarik dengan resep cupcake atau muffin lainnya? Klik link di bawah ini:
Red Velvet Cupcake dengan Cream Cheese Frosting[1]
Muffin Donat dengan Taburan Gula[2]
Muffin Keju Lemon [3]

Bahan:

- 240 gram mentega atau margarine

- 200 gram gula pasir

- 3 butir telur

- 3 sendok makan Sunquick atau sirup jeruk lainnya

- parutan kulit jeruk Sunskist dari 1 buah jeruk 
- 100 ml susu cair

- 250 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah

- 1 sendok teh baking powder double acting, pastikan fresh

Cara membuat:
Siapkan oven, set disuhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan cetakan cupcake, anda bisa menggunakan kertas cup atau cetakan muffin seperti yang saya gunakan. Saya menggunakan loyang muffin silicone sehingga loyang tidak perlu diolesi margarine dan tepung. Jika anda menggunakan loyang alumunium biasa

Aduk tepung terigu dan baking powder dalam mangkuk, sisihkan.  


Siapkan mangkuk, masukkan mentega dan gula pasir. Kocok dengan spatula balon atau mikser hingga mengembang lembut dan berwarna pucat. Masukkan telur satu per satu dan pastikan telur dan mentega dikocok hingga tercampur dengan baik sebelum memasukkan telur berikutnya. 

Memasukkan telur dalam jumlah banyak secara sekaligus atau tidak memberikan kesempatan telur tercampur dengan baik sebelum memasukkan telur berikutnya akan membuat adonan mentega menjadi bergerindil dan menggumpal.

Tambahkan sirup Sunquick dan parutan kulit jeruk, aduk rata. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk dengan baik hingga tercampur rata.  


Masukkan tepung terigu dengan cara diayak langsung diatas adonan. Aduk adonan  dengan menggunakan spatula secara perlahan hingga tercampur dengan baik. 

Tuangkan adonan ke dalam cetakan cupcake atau muffin. Isi hingga penuh. Panggang di dalam oven selama 30 - 35 menit atau test dengan lidi, jika tidak ada adonan yang menempel maka cake dianggap telah matang. 

Keluarkan dari oven, biarkan uap panasnya hilang dan dinginkan cupcake di atas rak kawat. Santap! Yummy!

References

  1. ^ Red Velvet Cupcake dengan Cream Cheese Frosting (www.justtryandtaste.com)
  2. ^ Muffin Donat dengan Taburan Gula (www.justtryandtaste.com)
  3. ^ Muffin Keju Lemon  (www.justtryandtaste.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2014/06/orange-cupcake-dengan-sunquick.html
 
Sponsored Links