-->

Minggu, 10 Mei 2015


Seorang pembaca JTT meninggalkan komentar yang meminta saya untuk mem-posting resep kaki naga. Hmm, terus terang saya belum pernah membuatnya. Mencoba browsing di web luar, saya tidak menemukan resep yang benar-benar tepat. Terus terang istilah kaki naga sendiri saya ragukan apakah cukup dikenal di luar negeri atau tidak, namun disini makanan ini cukup digemari. Rasanya sebenarnya mirip-mirip dengan nugget, yang membedakan hanyalah bentuknya yang bulat lonjong dan dilengkapi dengan tusukan bambu pendek di salah satu sisinya. Agak bingung juga mengapa namanya kaki naga dan apakah naga memiliki kaki yang yang seperti ini. Karena yang jelas kalau melihat kaki naga buatan saya yang montok dan jumbo, saya rasa naga pun akan menolak jika kakinya dipakai sebagai nama makanan yang saya praktekkan minggu lalu tersebut. Anyway kenapa saya harus meributkan urusan nama karena bagian yang terpenting adalah makanan ini lezat dan mudah untuk dibuat. Yuk kita lihat bersama. ^_^

Sekian lama saya melupakan untuk melakukan eksperimen membuat kaki naga hingga akhirnya saya menemukan resepnya di buku resep blender dan juicer merk Mitzui. Ceritanya sekitar dua bulan lalu ketika saya dan kakak saya, Wulan, berkunjung di Mall Kelapa Gading, kami tertarik dengan demo sebuah produk blender disana. Merk dagangnya adalah Mitzui, produk dari Korea dan saat itu mereka sedang mempergakan blender yang mantap yang bisa digunakan untuk membuat aneka makanan. Kakak saya yang memang sedang mencari-cari blender yang handal menjadi tertarik dan sejenak nangkring disana bersama suaminya untuk mencicipi aneka jus yang sedang dibuat. Saya sebenarnya tidak begitu tertarik dengan demo blender ini namun ketika kakak saya menyodorkan segelas jus kacang hijau hangat dengan rasa super laziz saya pun langsung ikutan nongkrong di depan meja demo dan (tidak mau rugi) langsung mencoba semua jus dan es krim yang dibuat hingga kenyang.  

Sebenarnya jus kacang hijaunya lah yang membuat kami memutuskan untuk membeli si blender, karena dengan segenggam kacang hijau mentah, gula dan air panas anda bisa membuat jus kacang hijau yang kental dan lezat hanya dalam waktu 5 menit saja, namun fungsi lainnya pun ternyata tak kalah serunya termasuk untuk membuat es krim dan aneka jus sayuran dan buah yang smooth tanpa serat. 


Singkat cerita, kami berdua masing-masing membawa blender pulang ke rumah. Kakak saya langsung mempraktekkan membuat aneka jus setiap hari di apartemennya sementara blender yang saya beli sempat duduk manis di rumah tak tersentuh sebulan lamanya hingga kemudian saya pun ikut-ikutan membuat jus kacang hijau setiap pagi. Iseng-iseng membuka buku resep blender Mitzui saya menemukan resep kaki naga yang mudah sekali dibuat dan aneka resep siomay, bakso, otak-otak dan tentu saja berpuluh-puluh resep jus yang rasa-rasanya ingin sekali saya coba semuanya. 

Nah weekend minggu lalu saya pun mempraktekkan resep kaki naga yang kali ini saya posting. Prosesnya sangat mudah karena semua bahan cukup dimasukkan  jadi satu ke dalam blender atau food processor dan proses hingga halus. Rasa makanan ini sendiri mirip-mirip dengan kaki naga yang dijual di luar. Lezat! Tidak memiliki blender atau food processor? Jangan khawatir, cincang saja daging ayam dan udang hingga halus, campur dan aduk dengan semua bahan. Adonan lantas di bentuk bulat lonjong, ditancapkan sepotong sumpit bambu dan kukus hingga matang. Atau anda juga bisa memasukkan seekor udang yang masih memiliki ekor di dalam adonan, bulatkan dan kukus,  jadi lah udang kaki naga. ^_^

Mudah kan? Yuk langsung kita lihat saja proses pembuatannya.


Udang Kaki Naga
Resep diadaptasikan dari buku resep blender & juicer MitZui

Untuk 15 - 20 buah kaki naga

Bahan:

- 250 gram fillet dada ayam, potong-potong ukuran kecil
- 5 siung bawang putih 
- 250 gram udang kupas 
- 1 butir telur

- 2 - 3 sendok makan tepung terigu, sendok menggunung/munjung
- 1/2 buah bawang bombay
- 1/2 sendok teh merica bubuk

- 1/2 sendok teh garam (tambahkan jika kurang asin)
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 1 sendok teh gula pasir

Untuk melapisi kaki naga:
- 2 butir telur, kocok lepas
- tepung panir/bread crumb secukupnya

Lainnya:
- sumpit bambu, potong menjadi 3 bagian
- udang utuh, jika bagian dalamnya ingin diisi dengan udang  

Cara membuat:



Siapkan food processor atau blender, masukkan bawang putih dan potongan fillet ayam. Proses hingga halus. Tambahkan semua bahan lainnya, proses hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang pekat.

Tuangkan adonan ke dalam mangkuk, cicipi rasanya. Tambahkan gula dan garam untuk menyesuaikan rasa.  Siapkan sumpit yang akan di pakai untuk menusuk kaki naga. 

Siapkan dandang, olesi permukaan saringan dandang dengan minyak goreng dan panaskan airnya hingga mendidih.

Olesi permukaan telapak tangan dengan minyak supaya adonan tidak lengket di tangan. Ambil satu sendok makan adonan, bentuk bulat lonjong. Tusuk adonan dengan potongan sumpit. Masukkan di dandang panas. Lakukan hingga adonan habis.

Note: Dandang yang panas membuat kaki naga tidak lengket satu sama lain kala kaki naga diletakkan secara betumpukkan di dalamnya. 
Anda juga bisa mengisinya dengan udang. Siapkan udang, buang kepalanya, kupas kulitnya dan biarkan ekornya. Letakkan satu sendok makan adonan di telapak tangan, pipihkan dan letakkan 1 ekor udang di atasnya. Bentuk bulat lonjong dengan adonan menutupi udang. 

Kukus kaki naga selama 25 menit atau hingga matang. Keluarkan dari kukusan dan biarkan dingin. Pada tahap ini anda bisa menyimpannya di freezer untuk waktu yang lama. Masukkan dalam wadah tertutup rapat dan bekukan di freezer.

Jika anda ingin langsung menggorengnya, maka siapkan penggorengan, beri minyak agak banyak dan panaskan. Celupkan kaki naga di kocokan telur, gulingkan di tepung panir atau bread crumbs, masukkan lagi di kocokan telur dan gulingkan sekali lagi di tepung panir. Tekan-tekan permukaan kaki naga agar tepung panir menempel dengan baik. 

Goreng kaki naga menggunakan api yang kecil agar permukaannya tidak cepat gosong hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan di tissue dapur untuk mengurangi kelebihan minyak.


Sajikan dengan sambal atau saus tomat botolan. Yummy!


Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/05/kaki-naga-udang-shrimp-chicken.html
 
Sponsored Links