-->

Minggu, 10 Mei 2015


Satu hal yang terkadang membuat saya kalang kabut sendirian ketika ada saudara yang datang dari daerah adalah oleh-oleh titipan dari Ibu saya yang luar biasa. Contohnya minggu lalu, ketika Paklik (bahasa Jawa untuk Paman) datang dari Paron, walaupun saya telah berpesan jangan membawa apa-apa tetap saja Ibu menitipkan hasil bumi dari kebun sendiri yang memang melimpah ruah. Jika hanya beberapa buah saja mungkin masih bisa diterima, tapi bagaimana jika satu kardus besar mangga, pisang kepok dan ubi jalar? Alhasil saya harus memeras otak untuk membagikannya kesana dan kemari. Buah mangganya dengan sukses saya transfer ke Depok, ke rumah tante Sopiah, untuk dibagikan ke tetangga. Sementara pisang dan ubinya... Hmm, kalau yang satu ini saya agak pelit untuk berbagi karena selain pisang kepok kuning dari kebun di belakang rumah Paron sangat manis dan lezat,  pisang dan ubi jalar juga merupakan bahan baku untuk membuat aneka kue, roti dan cake yang mantap. Salah satunya adalah cake coklat pisang yang saya posting ini. 

Saya cukup sering menampilkan cake berbahan dasar pisang, beberapa di antaranya saya kukus dan hasilnya tidak mengecewakan. Kali ini saya berganti resep ke cake pisang yang dipanggang, menggunakan pisang kepok yang dilumatkan dan segunung coklat bubuk maka jadilah cake coklat pisang yang lezat. Karena sudah lama saya tidak berbagi kue di kantor maka hari ini saya bawa si cake coklat pisang dan mencetak hit. Dalam sekejap kue ludes dan semua bilang top banget!  ^_^  

Selebihnya, tidak ada yang sulit dalam proses pembuatan cake ini. Jika anda merasa terlalu merepotkan harus menghiasnya dengan coklat ganache, skip saja bagian tersebut. Tanpa coklat ganache pun cake tetap terasa sedap. Tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? Berikut resepnya ya.

Cake Coklat Pisang 

Resep diadaptasikan dari web Joy of Baking - Chocolate Banana Cake[2] 

Untuk 16 potong 

Bahan:
- 245 gram tepung terigu serba guna/protein sedang
- 300 gram gula pasir (resep asli 400 gram)
- 75 gram coklat bubuk, gunakan yang kualitasnya baik
- 2 sendok teh baking powder double acting, pastikan fresh
- 1/2 sendok teh vanili bubuk atau 1 sendok teh vanilla extract
- 1/2 sendok teh garam
- 2 butir telur ayam ukuran besar
- 400 gram pisang kepok/pisang raja/pisang ambon (kira-kira 5-6 buah pisang ukuran sedang), lumatkan
- 240 ml air hangat
- 120 ml susu cair
- 120 gram mentega/margarine cair atau bisa menggunakan minyak sayur

Coklat ganache:
- 200 gram coklat masak blok
- 150 ml krim kental
- 1 sendok makan atau 14 gram mentega

Cara membuat:
Panaskan oven, set disuhu 170'C. Letakkan rak kawat di tengah oven. Olesi loyang segi empat ukuran 22 x 22 cm dengan margarine dan taburi dengan tepung atau alasi dengan kertas minyak. Sisihkan.

Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung, gula, garam, baking powder dan vanili bubuk. Aduk rata. Sisihkan.


Siapkan mangkuk besar lainnya, tuangkan air hangat, mentega cair dan susu cair ke dalam mangkuk, aduk hingga tercampur rata. Jika air masih terlalu panas, biarkan sejenak hingga mendingin agar telur tidak matang. Masukkan telur ke dalamnya dan aduk dengan spatula balon hingga tercampur baik. Tambahkan lumatan pisang, aduk rata.

Masukkan campuran tepung terigu dan coklat ke dalam larutan susu dan mentega, aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan panggang selama 40 - 45 menit atau hingga adonan tidak menempel ketika lidi kita tusukkan ke tengah cake. Keluarkan dari oven dan biarkan mendingin sejenak di loyang + 10 menit. Keluarkan dari loyang, balikkan cake di rak kawat dan lepaskan kertas minyak yang melekat secara hati-hati, biarkan cake benar-benar mendingin sebelum kita oleskan ganache.

Coklat ganache sebagai toping


Siapkan mangkuk stainless steel, masukkan coklat blok yang telah dipotong-potong ke dalamnya. Panaskan krim kental, dan mentega dengan cara di tim (bisa menggunakan microwave) hingga mentega larut. Begitu krim mendidih, angkat dan langsung tuangkan ke coklat blok, biarkan selama 5 menit.  Aduk hingga coklat meleleh dan menjadi satu adonan yang kental dan smooth.

Jika ganache telah benar-benar dingin, kocok menggunakan hand mikser atau kocokan kawat hingga lembut dan mengembang. Kemudian ratakan ganache di atas permukaan cake. Biarkan ganache mengeras.

Potong-potong cake dan siap disajikan. 

Sources:
Web Joy of Baking - Chocolate Banana Cake[3]

References

  1. ^ disini (justtryandtaste.blogspot.com)
  2. ^ Chocolate Banana Cake (www.joyofbaking.com)
  3. ^ Chocolate Banana Cake (www.joyofbaking.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2011/09/cake-coklat-pisang-chocolate-banana.html
 
Sponsored Links