-->

Jumat, 01 Mei 2015


Cuaca akhir-akhir ini luar biasa panas, walau terkadang diselingi dengan mendung tetapi tetap saja terasa gerah di badan. Kalau sudah seperti ini memang paling sedap hanya berdiam diri di rumah, mendinginkan diri dan pikiran ditemani dengan hembusan angin dari AC atau kipas angin. Berhubung tagihan listrik rumah Pete saban bulan selalu membengkak karena eksperimen baking dengan oven yang sering saya lakukan maka AC kamar selalu saya matikan. Setiap weekend, semua jendela dan pintu rumah saya buka selebar-lebarnya untuk memberikan kesempatan udara segar dari taman masuk ke dalam rumah. Angin sejuk ini cukup untuk mendinginkan seantero rumah. 

Nah kalau bicara mengenai cuaca panas, maka makanan dingin nan segar memang selalu yang menjadi pilihan. Entah es krim, es buah, rujak buah atau puding. Saat liburan kemarin, sepulang berbelanja di pasar, saya pun tergiur dengan jajaran kelapa muda di tepi jalan. Bayangan es kelapa yang dingin dan super segar memang menggoda namun ada satu resep dari kelapa muda yang sudah lama saya ingin coba, agar-agar kelapa muda! Yummy! ^_^


Ide agar-agar kelapa muda ini datang dari toko buah dan sayur langganan di dekat rumah yang menjual puding kelapa a la Thai. Puding lebih tepatnya agar-agar ini berwarna bening dengan lembaran-lembaran daging buah kelapa di dalamnya, dicetak dalam wadah yang terbuat dari tempurung kelapa yang telah dihilangkan kulit serabutnya. Tempurung kelapa utuh berisi puding ini kemudian dibungkus dengan plastic wrap dan dijual dalam kondisi dingin. Rasanya kenyal, manis, segar dengan cita rasa air kelapa yang khas. Sebenarnya lebih tepat jika disebut agar-agar karena setahu saya puding a la Thai terbuat dari tepung beras dan tepung maizena yang dimasak dengan santan dan gula, memiliki tekstur yang lembut, halus selayaknya puding dan lebih berlemak karena santan kental di dalamnya. Namun kedua dessert ini sama lezatnya hanya saja versi agar-agarnya tentu saja lebih mudah untuk dibuat. Harga puding a la Thai ini tidak bisa dibilang murah jika dihitung dari bahan yang dipergunakan, porsinya pun tidaklah besar. Mungkin tempurung kelapa yang digunakan itulah yang membuat harganya menjadi melambung.

Anyway, puding a la Thai itu menginspirasi saya untuk mencoba membuatnya sendiri, dari rasanya saya tahu bahwa air kelapa digunakan sebagai bahan utamanya. Dua butir kelapa beserta daging buahnya yang lembut pun saya pergunakan untuk membuat puding ini bersama sebungkus agar-agar plain tanpa warna. Makanan ini super duper mudah untuk dibuat namun rasanya sedap dan nendang. Sayangnya teksturnya tidak sekenyal yang dijual di toko,  jadi next time sepertinya saya akan menambahkan bubuk konyaku yang biasa dipakai untuk membuat jelly di dalamnya.

Puding a la Thai yang umum dijual dalam tempurung kelapa

Tahukah anda bahwa air kelapa itu rendah akan kalori, bebas lemak dan kolesterol? Nah menurut WebMD, selain manfaat tersebut  air kelapa juga mengandung potassium yang lebih tinggi dibandingkan dengan pisang dan rendah akan sodium. Satu ounce atau 28,3 gram air kelapa mengandung 5,45 kalori, 1,3 gram gula, 61 mg potassium, 5,45 mg sodium jika dibandingkan dengan minuman berenergi seperti Gatorade yang mengadung 6,25 kalori, 1,75 gram gula, 3,75 mg potassium, dan 13,75 mg sodium. Selain itu air kelapa juga mampu membantu tubuh kita tetap terhidrasi jika dikonsumsi setelah melakukan olah raga dibandingkan dengan minuman sport umumnya. Air kelapa juga mengandung elektrolit. Seperti kita ketahui elektrolit diperlukan oleh sel tubuh untuk membawa sinyal listrik (electrical impulses) antar sel atau dengan sel lainnya. Ketika kita melakukan olah raga berat maka tubuh kita kehilangan sebagian elektrolit - terutama potassium dan sodium - melalui keringat dan harus segera digantikan. Air kelapa selain berperan untuk menggantikan kedua elektrolit tersebut sekaligus juga menambah kalsium dan magnesium. 

Nah jika anda ingin juga seperti saya menghalau cuaca nan gersang ini dengan makanan yang dingin, segar dan menyehatkan, mengapa tidak mencoba agar-agar kelapa muda yang kali ini saya sajikan? Berikut resep dan prosesnya ya. 


Agar-Agar Kelapa Muda

Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 7-8 gelas agar-agar menggunakan mangkuk diameter 8 cm, tinggi 5 cm

- 2 buah air kelapa muda beserta daging buahnya yang telah dikeruk (sekitar 900 ml air kelapa)

- 2 sendok makan gula pasir (tambahkan jika suka manis)

- 1 bungkus agar-agar instan tanpa warna

- 1/2 sendok teh vanila ekstrak (optional)

Cara membuat:


Siapkan panci, tuangkan air kelapa dan agar-agar, aduk rata hingga agar-agar benar-benar larut. Tambahkan gula pasir. Masak dengan api sedang hingga larutan mendidih, aduk-aduk selama agar-agar dimasak agar tidak menggumpal.

Matikan api, masukkan daging buah kelapa dan vanila ekstrak, aduk rata. 

Tuangkan larutan agar-agar di gelas yang telah disiapkan atau cetakan lainnya. Biarkan hingga uap panasnya hilang, masukkan ke kulkas dan diamkan hingga agar-agar mengeras dan dingin.

Siap disantap. Yummy!



Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/10/agar-agar-kelapa-muda.html
 
Sponsored Links