-->

Sabtu, 14 Mei 2016


Weekend kemarin iseng-iseng saya pergi ke rumah adik saya di Mampang Prapatan, ternyata pilihan saya untuk berkunjung di malam Minggu itu sangat tepat karena adik saya beserta keluarga berencana untuk makan malam di salah satu restoran sate padang yang terletak di dekat jalan Tendean. Loh lantas apa hubungannya antara sate padang dengan judul membuat sup konro di atas?. Eits banyak hubungannya. Nah, si penjual sate padang yang laris manis ini membuka bisnisnya di depan sebuah warung sup konro Makassar Daeng Naba. Saya yang sudah terlanjur ngiler dengan iga besar dalam rendaman kuah sup yang gurih langsung memesan sup konro. Ketika pesanan tiba, kami pun serempak menceburkan sendok masing-masing di mangkuk berisi sup untuk mencicipinya beramai-ramai. ^_^

Kami akui rasa kuah supnya cukup gurih dan sedap, hingga Fatih, keponakan saya, langsung menghampiri si Yuk Kati, asisten rumah adik saya dan bertanya Yuk, bisa bikin ini kan? Besok bikin ya. Yuk Kati langsung menatap saya dengan tatapan berisi pesan SOS singkat, Bumbunya apa Mbak?.  Wokeh, jadilah keesokan harinya kami mempraktekkan membuat sup konro ala Makassar yang direquest Fatih. Resepnya diambil dari buku Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Masa.
Kluwek

Membuat sup konro sangatlah mudah, tantangan terberat hanyalah merebus iga hingga benar-benar empuk sehingga dagingnya terlepas dengan mudah dari tulangnya. Kali ini kami tidak menggunakan iga, karena di kulkas adik saya telah tersedia tulang belulang sapi beserta dagingnya yang cukup banyak. Jadi sebenarnya masakan yang kami buat ini tidak bisa dikatakan sebagai sup konro murni, karena konro dalam bahasa Makassar berarti iga. Namun untuk soal rasa jangan khawatir, karena rasanya tetap mantap dan lezat sebagaimana sup konro yang dijual di restoran. 

Tertarik untuk mencoba sup konro yang laziz ini? Nah, berikut resepnya ya.



Sup Konro

Resep diadaptasikan dari buku Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Masa

Untuk 5 porsi

Bahan:

- 1 1/2 kg iga sapi (kami menggunakan tulang dan daging sapi), potong-potong sesuai selera

- 2 liter air untuk merebus dan membuat kuah kaldu

Bumbu dihaluskan:

- 2 butir keluwak, tips memilih keluwak silahkan klik di link ini[1]

- 2 sendok teh merica butiran

- 5 butir kemiri, sangrai

- 1/2 butir pala

- 1 sendok makan ketumbar, sangrai

- 1 ruas kunyit, bakar

- 8 siung bawang merah

- 5 siung bawang putih

- 2 batang serai ambil bagian putihnya

- 2 ruas jahe

- 1/4 sendok teh jinten

- minyak untuk menumis

Bumbu lainnya:

- 100 ml air asam Jawa

- 2 ruas lengkuas, pipihkan

 - 5 lembar daun salam

- 1 sendok teh kaldu bubuk  

- 1 sendok makan garam

- 1/2 sendok makan gula pasir

- 5 butir bawang merah iris

- bawang goreng secukupnya untuk taburan 
- 5 butir cengkeh
- 3 butir kapulaga
- 2 batang kayu manis 
- 2 batang daun bawang, rajang halus.

Cara membuat:

Siapkan panci, masukkan 2 liter air dan rebus hingga mendidih. Masukkan potongan iga dan rebus hingga iga lunak. Buang kotoran yang mengapung di permukaan air. Jika air berkurang dan iga belum empuk, tambahkan air panas dan rebus hingga iga benar-benar empuk. Tambahkan air agar tercapai 2 liter air kaldu sebagai kuah sup. Sisihkan.

Siapkan wajan, panaskan 3 sendok makan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan daun salam, lengkuas dan bawang merah iris. Aduk dan tumis hingga daun salam layu. Matikan api.

Tuangkan tumisan bumbu ke dalam rebusan iga. Masukkan kayu manis, cengkeh, kapulaga, kaldu bubuk, garam, gula dan air asam Jawa. Rebus hingga kuah mendidih. Cicipi rasanya. Masukkan daun bawang, aduk dan masak sebentar. Angkat.

Sajikan sup konro dengan taburan bawang merah goreng diatasnya.

Source:
Buku Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Masa - Sup Konro

References

  1. ^ link ini (www.justtryandtaste.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2012/10/membuat-sup-konro.html
 
Sponsored Links