-->

Kamis, 26 Mei 2016


Melihat persedian ikan di kulkas makin menipis, akhirnya Sabtu kemarin saya bulatkan tekad pagi-pagi melangkahkan kaki ke pasar Blok A. Target adalah si Mba penjual ikan langganan yang walaupun tempatnya agak jauh di jangkau namun menyediakan variasi seafood yang mantap dengan kondisi segar. Harganya memang sedikit lebih mahal, namun untuk urusan seafood, kualitas dan kesegaran memang menjadi prioritas utama untuk diperhatikan. Seperti biasa, ikan bandeng, tuna dan kembung menjadi target utama saya. Namun ada satu yang tidak biasa kali ini, di antara ikan, cumi-cumi dan udang yang berjajar di meja, saya melihat sekantung besar kerang hijau yang masih terbungkus cangkangnya. Kerang yang masing bercangkang memang jarang di jajakan di pasar, umumnya adalah kerang kupas yang telah direbus dan sepertinya diberi pewarna karena warnanya terlalu menyala. Saya tidak pernah tertarik membeli kerang hijau atau kerang darah kupas, namun kerang yang masih dalam cangkangnya seperti ini merupakan variasi seafood lainnya yang menjadi favorit saya. Beberapa kerang saya cek dan kondisinya masih segar. Jadi, tanpa basa-basi lagi tiga kilogram kerang pun berpindah ke dapur rumah Pete untuk diolah menjadi santapan lezat. Salah satunya adalah kerang saus Padang yang sangat mudah dibuat dengan rasa yang sedap ini.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli kerang, maka anda harus memeriksanya dengan cermat. Ambil beberapa kerang yang berada dalam kondisi terbuka, perhatikan kondisi daging di dalamnya, kalau perlu buka satu atau dua untuk diperiksa. Jika kondisinya terlihat kering dan dagingnya tercerai berai, sebaiknya lupakan untuk membelinya karena berarti kerang dalam kondisi yang telah rusak. Satu, dua kerang ditemukan busuk memang tidak menjamin rekan-rekannya mengalami nasib sama, namun ada baiknya anda tidak berjudi dengan makanan yang tertutup rapat seperti kerang. Saya pernah mengalami kejadian ini, saat itu saya membeli kerang darah di satu supermarket ternama, beberapa kerang saya temukan sebenarnya kondisinya meragukan, namun karena nafsu ingin makan kerang sedang tinggi, saya tetap membelinya. Ternyata memang hanya seperempatnya saja yang bisa dimakan, sedangkan sisanya terbuang di tempat sampah. Kerang yang segar biasanya cangkangnya sedikit terbuka, dan beberapa kerang tampak menjulurkan bagian tubuhnya ke luar. Dagingnya terlihat basah, dengan warna yang cerah dan berkilat bukan kusam, terkadang tampak gelembung udara di dalamnya. Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya berurusan dengan moluska yang satu ini ya.



Kembali ke kerang saus Padang, membuat masakan bernama saus Padang ternyata sangat mudah.  Bumbu-bumbunya sederhana namun terasa tasty dan membuat nafsu makan menjadi menggila. Rasanya yang pedas, asam dan manis memang tepat dipadukan dengan hidangan seafood yang cenderung berbau amis. Jenis seafood lainnya yang umumnya diolah dengan cara ini adalah cumi-cumi dan kepiting. Untuk resepnya saya ambil dari buku Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Masa, kali ini dengan tanpa banyak melakukan modifikasi. Sebelum dimasak dengan saus padang, kerang saya rebus terlebih dahulu dengan bawang putih, jahe dan garam hingga cangkangnya terbuka. Baru kemudian kerang dimasukkan ke dalam tumisan bumbu saus Padang yang yummy. Masakan ini mantap untuk menemani nasi putih hangat dengan tumisan kangkung belacan atau disantap begitu saja. Tertarik untuk mencobanya? Berikut resepnya ya.


Kerang Hijau Saus Padang

Resep diadaptasikan dari buku Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Masa - Cumi-Cumi Saus Padang

Bahan:

- 1 kg kerang hijau, cuci bersih dan sikat kulitnya. Buang serabut-serabut yang menempel di kulit.

- 1/2 buah tomat merah, potong dadu kecil

- 200 ml air

Bumbu saus Padang, haluskan:

- 6 butir cabai merah keriting

- 4 butir cabai rawit merah

- 5 butir bawang merah

- 3 butir bawang putih

- minyak untuk menumis

Bumbu lainnya:

- 2 ruas jahe, pipihkan

- 5 sendok makan saus tomat

- 1/2 sendok teh merica bubuk

- 1 sendok makan suas tiram

- 1 sendok makan gula pasir

- 1/2 sendok teh garam (tambahkan jika kurang asin karena saus tiram telah cukup asin)

- 1 sendok teh kaldu bubuk

Bumbu untuk merebus kerang:

- 2 siung bawang putih cincang halus

- 2 ruas jahe cincang halus

- 1 sendok makan garam

- 2 liter air

Cara membuat: 

Siapkan panci, masukkan 2 liter air, dan bumbu untuk merebus kerang. Masak air hingga mendidih. Masukkan kerang yang telah dibersihkan. Aduk hingga kerang terendam air. Tutup panci dan masak hingga kerang matang dan terbuka semua cangkangnya.  Tiriskan. 

Pisahkan cangkang kerang, biarkan daging kerang menempel di salah satu sisi cangkang. Buang cangkang lainnya. Lakukan pada semua kerang, sisihkan. 


Siapkan wajan, masukkan dan panaskan 2 sendok makan minyak di wajan. Tumis bumbu halus hingga harum menggunakan api kecil saja. Masukkan semua bumbu saus Padang lainnya, aduk rata. Tambahkan rajangan tomat dan 200 ml air. Masak hingga tumisan matang dan mengental. Cicipi rasanya.

Masukkan kerang, aduk-aduk hingga bumbu rata dan melumuri kerang. Matikan api kompor dan angkat kerang. Tuangkan di piring saji dan sajikan bersama nasi hangat. So yummy!

Source:

Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Masa - Cumi-Cumi Saus Padang


Source : http://www.justtryandtaste.com/2011/11/kerang-hijau-saus-padang.html
 
Sponsored Links