-->

Selasa, 24 Mei 2016


Bagi anda yang mengikuti perjalanan Just Try & Taste pasti akan mengerti betapa maniaknya saya dengan ikan dan segala macam olahan darinya. Tak terhitung banyaknya resep ikan yang saya tampilkan dan memang dari sekian banyaknya resep tersebut maka hidangan berkuah lebih banyak mendominasi, contohnya seperti sup ikan yang kali ini saya posting. Nah untuk resep kali inispan> saya menggunakan ikan tongkol sebagai bahan utamanya. Berbeda dengan jenis ikan laut lainnya dan bahkan tuna maka ikan tongkol memiliki daging yang lebih keras dan akan semakin keras jika diolah dengan cara digoreng. Karena itu resep favorit saya untuk mengolah hasil laut yang satu ini adalah dengan cara membuatnya menjadi abon seperti resep di sini, atau pampis, anda bisa klik resepnya di sini. [2][1]

Terus terang saya belum pernah tertarik untuk menceburkan potongan daging ikan tongkol ke dalam kuah yang asam dan pedas. Hingga beberapa minggu lalu, ketika keinginan untuk menyantap semangkuk sup ikan kumat sementara isi freezer menipis, maka ikan tongkol pun akhirnya menjadi sasaran. Namun ternyata keputusan saya tidak terlalu salah, sup ikan tongkol ini lezat rasanya. ^_^ 

Selama ini jika membuat sup ikan maka ikan tuna, kakap atau ekor kuning yang lebih banyak mendominasi, namun ternyata ikan tongkol sedap juga diolah dengan cara ini, apalagi daging ikan yang cenderung agak keras menjadi empuk namun tidak mudah hancur walau direbus dalam sepanci air. Sebelum diolah, sebaiknya olesi terlebih dahulu potongan ikan dengan garam dan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dan gatal-gatal pada ikan. Anda juga bisa menggunakan air asam Jawa sebagai pengganti air jeruk nipis. Diamkan ikan selama 20 menit kemudian cuci bersih dan ikan bisa anda gunakan sesuai kebutuhan. 

Salah satu bahan yang menurut saya mantap untuk membuat sup ikan menjadi lezat adalah belimbing wuluh, kebetulan  sebatang pohon belimbing wuluh di depan rumah selalu berbuah dengan lebat tak mengenal musim sehingga kapanpun saya butuhkan selalu ada. Jika anda sulit mendapatkannya, anda bisa menggantinya dengan tomat hijau atau tomat merah dan tambahkan perasan air jeruk nipis untuk membuat kuahnya menjadi lebih asam.


Selain belimbing wuluh, potongan daun jeruk dan kemangi juga membuat kuah sup menjadi harum dan memiliki cita rasa yang khas. Karena itu jangan sungkan-sungkan untuk memasukkan kedua daun rempah tersebut ke dalam masakan berkuah bening seperti ini. Sayangnya jenis makanan berkuah asam seperti ini menuntut gula dan garam yang banyak agar rasanya benar-benar mantap, jadi bagi anda yang sedang menghindar gula dan garam mungkin takaran yang saya berikan di bawah bisa anda sesuaikan dengan selera anda masing-masing.

Berikut resepnya ya.


Sup Ikan Tongkol

Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Bahan:

- 1/2 kilogram ikan tongkol, siangi dan potong sesuai keinginan, cuci bersih, tambahkan 1 sendok makan garam + 1 sendok makan air jeruk nipis atau air asam Jawa. 
- 1 liter air  
- 6 buah belimbing wuluh, iris melintang atau 5 buah tomat hijau, rajang kasar

- 10 buah cabai rawit, rajang kasar

- 10 buah cabai rawit utuh

- 5 butir bawang merah, rajang halus

- 4 butir bawang putih, cincang halus

- 2 ruas jahe, memarkan
- 2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
- 5 lembar daun jeruk purut
- 2 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok makan garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1/4 sendok teh bubuk kunyit 
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 2 buah tomat merah, masing-masing belah menjadi 4 bagian
- 1 ikat kemangi, ambil daunnya saja
- 2 batang daun bawang, rajang kasar 
- 1 - 2 sendok makan air jeruk nipis

Cara membuat:



Siapkan ikan, potong-potong dengan ukuran sesuai keinginan, cuci bersih. Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis atau air asam Jawa. Remas-remas dan diamkan selama 20 menit. Cuci bersih dan sisihkan.

Siapkan panci, masukkan air dan rebus hingga air mendidih. Tambahkan semua bumbu iris kecuali daun bawang, tomat merah dan kemangi. Masak hingga mendidih.

Masukkan potongan ikan tongkol, masak hingga ikan matang. Masukkan merica bubuk, garam, gula, kaldu bubuk, aduk rata dan cicipi rasanya. Jika kurang asam masukkan perasan air jeruk nipis.

Tambahkan daun bawang, irisan tomat merah dan kemangi, aduk rata dan masak hingga agak layu. Matikan api kompor, dan tuangkan sup ke piring saji. Santap selagi panas. Yummy!


References

  1. ^ di sini, (www.justtryandtaste.com)
  2. ^ di sini.  (www.justtryandtaste.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/04/sup-ikan-tongkol.html
 
Sponsored Links