-->

Minggu, 10 Januari 2016


Nasi bakmoy, dari namanya kita sudah bisa menebak makanan ini mendapatkan pengaruh kuliner Chinese. Menurut Wikipedia, asal makanan ini dari Jawa Tengah. Tidak banyak literatur yang meyebutkan mengenai kuliner yang satu ini, hanya disebutkan masakan ini terdiri atas nasi yang ditaburi dengan potongan tahu goreng, ayam dan telur rebus yang disiram dengan kuah kaldu ayam yang dibumbui dengan kecap manis. Walaupun penampilannya terlihat ribet, ternyata membuat nasi bakmoy sangat mudah. Jadi jangan terburu-buru untuk enggan mencobanya. Memang cukup banyak pernak-pernik yang harus anda persiapkan, seperti nasi, tumisan ayam dan tahu, gorengan udang (saya ganti dengan ayam), dan kuah. Tapi semua perlengkapan nasi bakmoy tersebut tidak memerlukan bumbu yang sulit dan mudah untuk dipersiapkan. Untuk rasanya, hmm.... segar dan mantap! ^_^


Beberapa bahan demi alasan kepraktisan dan hemat, saya skip dan ganti dengan yang lebih mudah digunakan. Untuk membuat nasi bakmoy, bahan utama yang harus anda persiapkan adalah ayam dan tahu. Ada beberapa cara untuk mengolah ayam yang digunakan, anda bisa merebus dan membuatnya menjadi ayam suwir seperti yang saya lakukan, atau memotongnya kecil-kecil saat masih dalam kondisi mentah dan menggorengnya hingga matang. Ayam lantas ditumis dengan tahu yang dipotong dadu dan digoreng hingga kering. Untuk menghemat bahan, gorengan udang yang terbuat dari udang cincang dan tepung terigu, saya ganti dengan daging ayam cincang. Adonan ayam cincang ini lantas saya goreng kecil-kecil, menghasilkan gorengan yang empuk dan gurih. Gorengan ini nantinya saat penyajian, kita gunting kecil-kecil dan ditaburkan di atas nasi.



Saya menyantap masakan ini dengan menggunakan nasi merah. Beberapa waktu yang lalu, seorang pembaca JTT pernah bertanya ke saya bagaimana memasak nasi merah supaya teksturnya tidak terlalu keras. Nah pengalaman pribadi selama ini, saya selalu mencampur beras merah dengan beras putih dengan perbandingan 1 : 1. Beras lantas saya masak di rice cooker dengan takaran air sedikit lebih banyak dari takaran air untuk memasak beras umumnya. Cara ini membuat nasi merah yang teksturnya kering dan keras menjadi lebih sedap disantap. Selain proses memasaknya, maka nasi merah juga lebih afdol jika disantap dengan hidangan berkuah. Nah nasi bakmoy cocok untuk menjadi pendamping yang mantap. 

Yuk kita tilik resepnya.
 

Nasi Bakmoy

Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 porsi

Bahan tumisan ayam & tahu:

- 1 kotak tahu, berat sekitar 300 gram, potong dadu ukuran 1 x 1 cm

- 1/2 ekor ayam ukuran besar atau 1 ekor ayam ukuran kecil seperti yang saya gunakan, berat sekitar 500 gram

- 4 siung bawang putih cincang halus

 - 200 ml air

- 1 sendok makan saus tiram

- 1 sendok makan kecap asin

- 2 sendok makan kecap manis

- 1/2 sendok teh merica bubuk

- seujung kuku garam

Bahan gorengan:

- 100 gram daging ayam cincang

- 2 sendok teh tepung tapioka

- 1 sendok makan tepung terigu

- 1/4 sendok teh merica bubuk

- 1/2 sendok teh garam

- 1 butir telur

Bahan kuah:

- 1 liter kaldu bekas merebus ayam

- 3 batang daun seledri

- 5 siung bawang putih, memarkan
- 2 ruas jahe, memarkan 
- 1 sendok teh kaldu bubuk instan

- 1/2 sendok teh merica bubuk

- 1 sendok teh garam

Cara membuat:



Siapkan panci, masukkan 1 liter air dan ayam, rebus hingga ayam matang dan empuk. Angkat ayam, sisihkan kuah kaldunya.  Suwir-suwir ayam hingga berukuran kecil. Sisihkan.  

Membuat kuah

Siapkan panci berisi kaldu bekas merebus ayam, tambahka air hingga kuah kaldu mencapai minimal 1 liter. Masukkan daun seledri, bawang putih yang dimemarkan dan rebus hingga mendidih. Tambahkan merica, garam dan kaldu bubuk. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Angkat.


Siapkan wajan, panaskan minyak agak banyak. Goreng tahu hingga kecoklatan dan kering, angkat dan tiriskan.

Membuat gorengan


Siapkan mangkuk, masukkan ayam cincang, tepung sagu, tepung terigu, merica, garam dan telur. Aduk hingga menjadi adonan yang tercampur  baik. Goreng adonan di wajan berisi minyak bekas menggoreng tahu hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.


Membuat tumisan ayam



Tuangkan minyak bekas menggoreng tahu ke wadah lainnya, sisakan sekitar 1 sendok makan minyak. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan ayam dan tahu, aduk rata. Tuangkan sekitar 200 ml air, aduk rata dan masak hingga mendidih. Masukkan saus tiram, kecap asin, kecap manis, merica dan garam, aduk rata dan masak hingga kuah menyusut dan habis. Angkat dan sisihkan.  

Penyajian


Siapkan piring atau mangkuk, tata nasi di dasar mangkuk. Taburkan tumisan ayam tahu di atas nasi, gunting-gunting gorengan dan taburkan di atas nasi. Siram dengan kuah kaldu, sajikan dengan taburan daun seledri dan daun bawang.

Nasi bakmoy biasa disajikan dengan pelengkap berupa telur rebus dan sambal. 

Santap selagi hangat. Yummy!


Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/06/nasi-bakmoy.html
 
Sponsored Links