-->

Selasa, 28 Juni 2016


Setiap kali saya membaca atau mendengar mengenai makanan bernama tahu telur, maka ingatan saya pasti  melayang ke Ngawi belasan tahun yang lalu saat saya mencicipi makanan ini pertama kalinya. Saya masih ingat, pada sebuah rumah makan yang cukup terkenal berlokasi di dekat pasar Ngawi yaitu RM. Duta. Rumah makan ini menyediakan masakan-masakan lokal dengan harga yang termasuk mahal bagi kantong orang tua saya pada saat itu. Tiap kali saya melewatinya kala pulang sekolah (kebetulan SMP saya dekat dengan pasar Ngawi), saya selalu bertanya dalam hati: kapan saya bisa duduk di dalam restoran, menyantap seporsi makanan, entah apapun itu, sambil memandangi orang yang berlalu lalang di depan resto. Nah, angan-angan saya tersebut ternyata terkabul juga ketika pada suatu hari Lebaran, Om saya datang dari Jakarta dan mengajak kami sekeluarga bersantap disana. Dan di bawah tatapan heran anggota keluarga lainnya, saya menunjuk tahu telur hanya karena rasa penasaran akan bentuk dan rasa makanan tersebut. Maklum saja, yang lain lebih memilih ayam goreng, sate atau bakso yang sebenarnya juga jarang sekali kami nikmati ^_^


Tahu telur merupakan makanan khas Jawa Timur yang terdiri atas potongan-potongan tahu putih berselimut telur yang digoreng hingga matang kecoklatan. Telur goreng berisi tahu ini lantas diletakkan di sebuah piring, ditaburi dengan tauge dan kol di atasnya untuk kemudian disiram dengan saus kacang setengah kental kaya akan kecap yang berasa asam, manis, asin. Kacang goreng dan taburan bawang merah goreng menjadi pelengkap makanan ini. Rasanya sedap! Gurih dan segar dengan bumbu yang terasa ringan namun pas di lidah. Komposisinya yang sederhana membuatnya tepat untuk mereka yang enggan makan-makanan yang berat. Membuatnya juga sangat mudah, dan saya hampir yakin bahan-bahannya pasti tersedia di dapur anda. Jadi jika anda bosan makan-makanan seperti bakso, mie ayam dan lainnya, mengapa tidak mencoba menyantap seporsi tahu telur yang segar dan sehat? Makanan ala Jawa Timuran ini bisa menjadi selingan yang menyenangkan.

Berikut resepnya ya.

Resep diadapptasikan dari buku 500 Resep Masakan Sisca Soewitomo - Tahu Telur Kecap

Untuk 2 porsi 

Bahan tahu telur:
- 2 butir telur, kocok hingga berbusa
- 3 potong tahu putih ukuran 4 x 4 cm, cincang kasar
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- 1/2 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh merica bubuk

Bahan saus kacang:
- 5 butir cabe merah keriting, goreng
- 3 butir cabai rawit, goreng
- 3 butir bawang putih, goreng
- 100 gram kacang tanah, goreng hingga matang
- 5 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan air jeruk nipis, bisa diganti dengan cuka masak
- 150 ml air panas 

Bahan lainnya:
- 3 lembar kol, rajang halus, rebus hingga layu
- 3 genggam tauge, siram air panas hingga layu

Cara membuat:
Membuat tahu telur:


Siapkan mangkuk, pecahkan telur ke dalamnya, tambahkan garam, merica bubuk dan kocok hingga berbusa. Masukkan tahu cincang, aduk rata. 

Siapkan penggorengan, panaskan minyak agak banyak. Goreng setengah adonan telur dalam minyak panas. Biarkan hingga keras dan kecoklatan baru balikkan. Goreng sisi sebelahnya hingga matang. Angkat dan tiriskan. 

Saus kacang:


Haluskan cabai, bawang putih dan kacang tanah goreng. Tambahkan air panas, kecap manis, aduk rata menjadi saus yang kental. Tambahkan air jeruk nipis. Aduk.

Penyajian:


Siapkan piring saji, letakkan tahu telur di atasnya. Letakkan kol dan tauge rebus diatas tahu, siram dengan saus kacang banyak-banyak. Siap disantap. Yummy! 

Source:
Buku 500 Resep Masakan Sisca Soewitomo - Telur Tahu Kecap


Source : http://www.justtryandtaste.com/2011/10/tahu-telur-saus-kacang-kecap.html
 
Sponsored Links