-->

Senin, 20 Juni 2016


Bagi maniak sayur seperti saya, salad merupakan salah satu makanan favorit yang tidak pernah bisa saya tolak jika kebetulan berkunjung ke satu resto atau jamuan makan. Sebegitu maniaknya saya, bisa-bisa semangkuk besar salad sayur dan potongan buah habis saya sikat sendiri tanpa sedikitpun ada keinginan untuk berbagi. Itu yang biasanya saya lakukan jika berkunjung ke Pizza Hut, saladnya saya akui sangat lezat. Saya bahkan mengembangkan skill untuk menata dedaunan, kacang-kacangan, broccoli dan potongan buah sedemikian rupa hingga mangkuk yang terbatas ukurannya tersebut mampu menampung sayur dan buah yang melimpah plus guyuran dressing yang meluber kemana-mana. Mantap!

Toko buah langganan saya, All Fresh, adalah vendor penyedia salad berikutnya yang akhir-akhir ini menjadi favorit saya. Buah dan sayurannya lengkap dan dressing-nya pun beraneka ragam. Mulai dari Thousand Islands yang berlemak hingga low fat dressing yang menggunakan minyak zaitun dan cincangan bawang putih sebagai bahannya. Rasanya sungguh yummy! Karena salad termasuk makanan yang rada ribet persiapannya disebabkan banyaknya aneka bahan yang harus di gunakan maka membeli versi jadinya memang dirasa merupakan pilihan terbaik. Sayangnya harganya juga menguras kantong, untuk semangkuk salad dengan berat 100 gram anda harus merogoh kocek sebesar enam ribu rupiah. Biasanya salad yang saya beli diganjar dengan harga berkisar di tiga puluh ribu rupiah per mangkuknya.  Karena harganya yang lumayan tinggi itulah membuat saya akhirnya memutuskan untuk membuatnya sendiri. Tentu saja dengan bahan-bahan yang terbatas, sesuai dengan persediaan di dalam kulkas, yaitu bit dan broccoli sisa membuat brownies, serta lettuce dan jagung beku pipilan. Saya lupa memasukkan wortel yang diserut kasar, padahal sayuran tersebut bisa membuat salad yang saya buat menjadi lebih bergizi dan berwarna.

Nah untuk dressing-nya, lupakan sejenak Thousand Islands atau Russian dressing yang berat karena kali ini saya menggunakan Italian dressing sehat yang terbuat dari minyak zaitun, cincangan bawang putih, perasan air jeruk lemon dan merica hitam tumbuk. Semua bahan di masukkan menjadi satu dalam satu botol tertutup rapat dan kocok hingga tercampur baik. Hasilnya adalah cairan kental, keruh, berwarna kekuningan yang menakjubkan. Kala anda diamkan maka minyak dan bahan-bahan lainnya akan terpisah, karena itu saat akan digunakan kocok kembali campuran tersebut kuat-kuat. Jika tidak ada jeruk lemon, anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai penggantinya. Simpan dressing dalam wadah tertutup rapat jika tidak habis dipakai dalam satu kali kesempatan.

Salad sayuran dengan dressing minyak zaitun ini terasa ringan dan sangat segar. Semangkuk besar salad sayur ini saya santap sendiri sebagai makan siang saya di hari Minggu kemarin sebelum berangkat ke les renang. It's truly refreshing! ^_^

Berikut resepnya ya.

Salad Sayuran dengan Dressing Minyak Zaitun & Lemon

- 1/4 bongkah lettuce ukuran sedang, sobek-sobek kasar dengan menggunakan jari

- 2 buah umbi bit, kupas dan belah masing-masing menjadi 6 bagian, kukus hingga empuk
- 3 sendok makan jagung manis pipilan beku, kukus hingga matang

- 1 batang broccoli, siangi kuntumnya. Kupas kulit batangnya dan rajang tipis. Kukus setengah matang

Dressing minyak zaitun:

- 100 ml Extra Virgin Olive Oil (minyak zaitun)

- 4 butir bawang putih, cincang halus

- 1/2 sendok teh merica hitam tumbuk kasar

- 100 ml air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis

- 2 sendok teh garam

- 1 sendok makan gula pasir

- seujung kuku mixed herbs (Italian seasoning)

Cara membuat dressing:


Masukkan semua bahan dressing ke dalam botol yang memiliki tutup rapat. Tutup botol dengan baik. Kocok kuat-kuat selama 1 menit hingga air jeruk lemon bercampur dengan minyak zaitun. 




Tata bahan salad dimangkuk, siram dressing ke atas sayuran secara merata. Aduk dengan menggunakan tangan atau spatula. 

Salad siap disantap. Yummy!

Source:


Source : http://www.justtryandtaste.com/2012/02/semangkuk-besar-salad-sayuran-dengan.html
 
Sponsored Links