-->

Sabtu, 18 Juni 2016


Setiap keluarga biasanya memiliki menu favorit yang jika disajikan tidak pernah membuat anggota keluarga kecewa. Nah kalau di keluarga saya, setiap Ibu saya menyajikan tumis ikan cabai rawit maka begitu masakan matang kami semua pasti langsung menyerbu ke dapur sambil membawa piring berisikan nasi panas mengebul segunung. Tidak memakan waktu lama maka sewajan tumis ikan langsung tandas tak bersisa. Maklum saja, dengan lima orang anak yang semuanya adalah >jago makan maka tidak heran masakan apapun yang dimasak Ibu selalu ludes dengan cepat. Tapi tumis ini memang spesial, rasanya yang gurih dan super pedas membuat makan pun menjadi laju. Ibu saya biasanya menggunakan ikan bandeng yang digoreng kering plus rajangan cabai rawit merah yang dipotong kasar dan banyak irisan bawang putih, bawang merah dan tomat hijau. Bumbu yang banyak ini memang disengaja karena biasanya kami tidak menggunakan sayuran apapun lagi kala menyantapnya. Ah menetes air liur saya membayangkannya! ^_^

Nah bagaimana dengan keluarga anda? Mungkin anda berkenan untuk sharing satu atau dua menu favorit yang selalu mendapatkan dua jempol dari anggota keluarga di rumah. 


Karena ikan tumis ini selalu mengundang kami untuk makan dengan lahap dalam porsi besar maka akhir-akhir ini keluarga saya jarang memasaknya. Bahkan saat Ibu  ke Jakarta beberapa bulan lalu, biasanya beliau dengan senang hati akan membuatnya untuk mengobati rasa kangen kami pada racikan tangannya yang luar biasa. Alasannya bukan karena kami bosan dengan masakan ini tetapi karena semua anggota keluarga termasuk krucil-krucil keponakan saya sedang diet. Jadi menu sehari-hari pun lebih banyak didominasi dengan sayuran. Namun sejak kemarin saya begitu ingin menyantap tumis ikan cabai rawit ini, jadi saat jam makan siang saya pun keluyuran sejenak di supermarket yang letaknya di sebelah kantor. Awalnya saya ingin menggunakan ikan bandeng namun ketika melihat tetelan salmon yang terlihat segar dengan harga yang hanya lima belas ribu rupiah saja per-pack-nya maka ikan inilah yang kemudian masuk ke dalam keranjang belanja saya. 

Nah jika anda sering mengunjungi supermarket seperti Carefour atau Lotte Mart, pasti anda sering melihat kepala ikan salmon dan irisan daging tetelannya yang dijual terpisah dengan harga cukup murah. Biasanya saya menggunakan bagian ini untuk membuat sup kepala salmon atau garang asem yang resepnya pernah saya posting sebelumnya di JTT. Rasanya yummy dan tentu saja karena ini salmon (walau hanya bagian kepala atau cuilan dagingnya saja!) membuat masakan yang anda buat menjadi lebih sehat. ^_^

Sup Kepala Salmon - Bagian Terlezat Salmon Ada Di Kepalanya![3][2][1]
Garang Asem Ikan Salmon[4]  
 


Untuk masakan ini anda bisa menggunakan jenis ikan apa saja! Bahkan ikan cuwe atau pindang ikan dalam kemasan besek juga menjadi favorit kami. Jika anda menggunakan ikan segar selain salmon maka bumbui ikan selayaknya anda akan menggoreng ikan - dengan ketumbar, bawang putih, kunyit, jahe, garam yang ditumbuk halus - kemudian goreng ikan hingga matang. Bumbu tumisan dimasak terpisah yang biasanya terdiri atas 'segambreng' cabai rawit merah, irisan bawang putih dan bawang merah, serta tomat merah atau tomat hijau segunung. Agar aromanya lebih mengundang selera Ibu saya biasanya menambahkan jahe, lengkuas dan daun salam. Nah karena isi kulkas saya yang kering kerontang dan terlupa membeli tomat merah maka saya menggunakan belimbing wuluh untuk memberikan rasa asam di tumisan. 

Rasa yang berani dan pedas merupakan ciri utama masakan ini, karena itu jangan ragu-ragu untuk memasukkan porsi gula dan garam di dalamnya. Kombinasi yang seimbang dari kedua bumbu perasa ini akan membuat tumisan anda nendang rasanya.

Nasi Putih dengan Sambal Ikan Layang dan Sayur Lodeh [5]


Karena daging ikan salmon sangat lembut dan mudah hancur, saya tidak menggorengnya hingga matang selayaknya ikan segar lainnya. Ikan hanya saya tumis sebentar tujuannya untuk mengeluarkan bau harum khas ikan yang tergoreng. Anda bisa skip proses ini dan langsung memasukkan fillet salmon ke tumisan bumbu dan memasaknya hingga matang.  Saran saya sebaiknya anda tidak menggoreng ikan salmon hingga matang dalam minyak yang panas karena akan merusak asam lemak Omega 3 yang terkandung di dalamnya. 

Wokeh saya akhiri ulasan saya, dan yuk kita langsung lihat proses  dan resepnya ya.


Salmon Tumis Cabai Rawit
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 3 -4 porsi

Tertarik dengan resep berbahan ikan salmon lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Sup Kepala Salmon - Bagian Terlezat Salmon Ada Di Kepalanya![8][7][6]
Garang Asem Ikan Salmon[9]   
Tim Ikan Salmon & Jamur Enokitake[10] 

Bahan & bumbu:

- 200 gram fillet salmon, potong ukuran 3 x 3 cm (bisa menggunakan jenis ikan lainnya) + 1 sendok makan air jeruk nipis + 1/2 sendok teh garam + 1/2 sendok teh merica bubuk

- 5 siung bawang putih, cincang halus

- 8 siung bawang merah, rajang tipis

- 3 ruas jari jahe, pipihkan

- 20 butir cabai rawit hijau atau merah, iris melintang 1/2 cm
- 2 buah tomat merah, potong kotak kecil (saya menggantinya dengan 5 buah belimbing wuluh, iris melintang tipis)
- 2 batang daun bawang, rajang melintang kasar
- 3 lembar daun salam 
- 2 ruas jari lengkuas, pipihkan 
- 1 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan gula merah sisir, bisa diganti dengan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk (optional)
- 100 ml air
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:


Siapkan fillet ikan salmon, saya menggunakan tetelan ikan yang banyak dijual di supermarket besar. Anda bisa menggunakan jenis ikan lainnya seperti bandeng, tongkol, ikan cuwe, kembung atau daging ikan salmon yang diiris tipis.

Masukkan ikan ke dalam mangkuk, beri garam, air jeruk nipis dan merica bubuk, aduk rata. 

Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis ikan hingga berubah warnanya menjadi pucat. Aduk-aduk selama ikan ditumis. Angkat dan sisihkan. Biarkan minyak ikan tetap di wajan, kita akan menggunakannya untuk menumis bumbu. 

Note: Jika anda menggunakan ikan lainnya selain salmon maka goreng ikan hingga matang kecoklatan. Tiriskan. 


Panaskan minyak ikan di wajan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga berwarna transparan dan berbau harum. Tambahkan jahe, lengkuas, daun  salam, cabai rawit, daun bawang dan belimbing wuluh, aduk dan tumis hingga layu.

Masukkan saus tiram, kecap manis, gula merah sisir, garam, dan merica bubuk.  Aduk hingga rata. Tambahkan air, aduk dan masak hingga mendidih.


Tuangkan salmon ke dalam tumisan, aduk hingga rata dan masak hingga mendidih dan kuah mengental. Cicipi rasaya, seimbangkan gula dan garam. Angkat dan sajikan dengan nasi putih hangat. Super yummy!  

References

  1. ^ Sup Kepa (www.justtryandtaste.com)
  2. ^ la Sal (www.justtryandtaste.com)
  3. ^ mon - Bagian Terlezat Salmon Ada Di Kepalanya! (www.justtryandtaste.com)
  4. ^ Garang Asem Ikan Salmon (www.justtryandtaste.com)
  5. ^ Nasi Putih dengan Sambal Ikan Layang dan Sayur Lodeh  (www.justtryandtaste.com)
  6. ^ Sup Kepa (www.justtryandtaste.com)
  7. ^ la Sal (www.justtryandtaste.com)
  8. ^ mon - Bagian Terlezat Salmon Ada Di Kepalanya! (www.justtryandtaste.com)
  9. ^ Garang Asem Ikan Salmon (www.justtryandtaste.com)
  10. ^ Tim Ikan Salmon & Jamur Enokitake (www.justtryandtaste.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2014/06/salmon-tumis-cabai-rawit.html
 
Sponsored Links