-->

Kamis, 16 Juni 2016


Chicken wing, dengan balutan bumbu tasty yang terasa manis, asin, sedikit pedas dan super gurih. Ahh, siapa yang sanggup menolak daya tariknya yang luar biasa. Bahkan bagi penggemar ikan seperti saya yang selalu mengklaim tidak doyan dengan daging ayam. Sayap ayam dengan balutan bumbu semacam ini merupakan salah satu makanan favorit saya dan dengan malu hati saya akui saya bahkan sanggup menggasak sepiring penuh hanya seorang diri saja. Makanan ini menjadi camilan mantap yang tepat untuk menemani acara televisi kala liburan atau sebagai teman ngerumpi saat ada kerabat dan sahabat yang berkunjung ke rumah. Sajikan si sayap goreng bersama dengan saus sambalnya dan bisa dipastikan anda akan mendapatkan pujian yang melimpah (tentu saja jika anda rela berbagi). Hmm, yang jelas sepiring sayap ini menjadi rebutan saya dan Sintya di dapur sambil menunggu cake yang sedang dipanggang di oven. ^_^

Jika selama ini anda selalu membeli chicken wing yang ready to serve di supermarket atau di resto pizza maka saran saya segera beralihlah untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain biayanya jauh lebih murah, rasanya juga tidak kalah dengan kelas resto atau produk chicken wing sejenis yang dikemas dalam aneka merk. Proses membuatnya sangat mudah, untuk rasa asin dan manisnya bisa disesuaikan dengan taste anda sendiri. Jika kurang manis tambahkan gula atau madu, dan garam jika dirasa kurang asin. Untuk rasa pedasnya saya menggunakan cabai bubuk korea sisa membuat kimchi yang masih banyak di dapur. Anda tentu saja bisa menggunakan cabai bubuk lokal atau saus cabai botolan, dan saya yakin tidak akan merubah rasanya yang lezat. 

Bumbui sayap dalam bumbu perendamnya dan diamkan di kulkas minimal 2 jam atau semalaman. Semakin lama direndam, rasa bumbu akan semakin meresap hingga ke dalam serat daging dan membuat sayap menjadi cepat matang saat di goreng. Karena mengandung gula dan madu maka gorenglah sayap menggunakan api kecil agar tidak mudah gosong. Tertarik untuk mencoba? Berikut resep dan proses pembuatannya ya.

Sayap Ayam Goreng Bumbu Madu ala Just Try & Taste

Resep hasil modifikasi sendiri 

Bahan:

- 20 buah sayap ayam, buang bagian ujung sayap dan potong sayap menjadi dua bagian

- 2 sendok  makan garam

Bumbu:

- 4 siung bawang putih, haluskan

- 1 sendok makan parutan jahe

- 3 sendok makan madu
- 1 sendok makan cabai bubuk atau saus cabai botolan
- 1 sendok makan kecap asin
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 2 sendok makan air asam Jawa
- 1 sendok makan gula palem atau gula Jawa, sisir halus
- 1 sendok teh garam atau sesuai selera

Cara membuat:


Siapkan sayap ayam, beri garam dan remas-remas sayap hingga terasa kesat. Cuci bersih. 

Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan bumbu, aduk rata. Tuangkan sayap ayam ke dalam bumbu, aduk dan remas-remas hingga sayap terlumur bumbu. Tutup mangkuk dengan plastik wrap dan masukkan sayap ayam ke dalam kulkas selama minimal 2 jam. Paling bagus selama semalam. 


Keluarkan sayap ayam. Siapkan penggorengan, beri minyak agak banyak dan panaskan dengan api kecil.

Goreng sayap ayam hingga permukaannya kecoklatan. Kandungan madu dan gula mmebuat sayap mudah gosong karena itu goreng dengan api kecil untuk memastikan sayap matang sempurna dan tidak gosong. 


Angkat dan tiriskan. Serap kelebihan minyak dengan tisue dapur dan sajikan sayap dengan sambal  botolan. Yummy!

Tertarik dengan resep sayap ayam lainnya, silahkan klik di artikel sebelumnya di Sayap Ayam Berbumbu - Tasty Chicken Wing dan Sayap Ayam Manis & Renyah.  [1][2]

References

  1. ^ Sayap Ayam Berbumbu - Tasty Chicken Wing (justtryandtaste.blogspot.com)
  2. ^ Sayap Ayam Manis & Renyah (justtryandtaste.blogspot.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2012/06/sayap-ayam-goreng-bumbu-madu-ala-just.html
 
Sponsored Links