-->

Sabtu, 04 Juni 2016


Sekian lama saya terobsesi membuat lembaran roti gulung yang lembut, empuk dan bisa dilipat dan ditekuk tanpa pecah dan rusak.  Pengalaman selama ini lembaran roti yang mirip dengan tortilla ini selalu gagal dibuat walaupun telah mengikuti instruksinya dengan seksama. Akhirnya setiap kali ingin menyantap roti gulung yang diisi dengan aneka sayuran dan suwiran ayam atau cincangan daging maka saya harus membelinya di supermarket dan harganya sama sekali tidak murah. Untuk satu pack tortilla berisi 10 lembar kulit saya harus membayar sebanyak lima puluh ribu rupiah, rasanya malas sekali mengeluarkan uang sejumlah itu untuk segepok olahan tepung terigu yang saya yakin jika dibuat sendiri maka biayanya akan jauh lebih murah. 

Roti gulung seperti ini memang sangat praktis dan lezat, saya sering sekali membawanya sebagai bekal makan siang di kantor. Cukup diisi dengan cincangan tomat, rajangan daun selada, irisan ketimun, tumisan daging atau suwiran ayam rebus, plus siraman banyak saus salsa di atasnya telah membuat makan siang anda terasa seperti pesta. Super yummy! Terus terang saya tak bosan-bosannya menyantapnya setiap hari apalagi dengan saus salsa homemade yang telah saya buat dalam jumlah banyak dan masih dalam kondisi yang baik di kulkas walau telah mendekam disana hampir dua minggu lamanya. Bahkan anak lelaki Yenih, teman saya di kantor,  yang masih berusia balita sangat menyukainya. Jadi saran saya, anda harus mencobanya di rumah! ^_^ 


Beberapa waktu yang lalu saya menemukan sebuah resep roti gulung empuk dari web King Arthur, kali ini bahan yang digunakan dan proses pembuatannya sedikit berbeda dibandingkan dengan resep tortilla umumnya yang saya coba sebelumnya. Biasanya bahan untuk membuat tortilla terdiri dari tepung jagung (masa harina) atau bisa juga menggunakan tepung terigu, air, minyak dan garam.  Bahan lantas diaduk dan diuleni, kemudian dipotong-potong menjadi ukuran kecil dan digilas hingga tipis selebar piring makan, tortilla kemudian dipanggang sebentar di atas pan hingga matang. Kendala utama membuat tortilla sendiri di rumah adalah lembaran kulit yang berakhir kering dan keras sehingga patah-patah kala ditekuk dan digulung. Resep dari King Arthur berbeda dengan resep tortilla umumnya karena menggunakan ragi sebagai pengembang, karena itu lebih tepat jika disebut sebagai roti (soft wrap bread) dibandingkan tortilla. Namun untuk hasilnya sama sekali tidak mengecewakan, lembaran roti ini lembut, lembab dan sangat fleksibel ditekuk dan digulung.

Resep aslinya sebenarnya menggunakan tepung terigu protein sedang dan tepung kentang, namun karena saya ingin roti gulung yang lebih sehat maka saya menggunakan tepung gandum utuh yang baru saja saya beli di Titan, minggu lalu. Untuk tepung kentang, saya menggantinya dengan kentang rebus yang saya lumatkan hingga halus. Selain menggunakan ragi, proses pembuatannya pun sedikit berbeda. Tepung yang akan digunakan di siram terlebih dahulu dengan air panas mendidih dan didiamkan selama 30 menit. Cara ini ternyata membuat adonan menjadi lebih lemas dan ketika adonan di panggang di pan menghasilkan lembaran roti yang lembut dan empuk walau menggunakan tepung gandum utuh sebagai bahannya. Mungkin jika menggunakan tepung terigu maka roti akan memiliki tekstur yang  lebih lembut lagi. 

Lantas bahan isian apa sajakah yang tepat untuk digulung bersama si roti? Anda bisa mengisinya dengan aneka sayuran seperti ketimun, tomat, serutan wortel, paprika merah/hijau, daun lettuce atau selada. Untuk proteinnya anda bisa menggunakan suwiran daging ayam rebus/panggang, tuna kalengan, tumis daging cincang seperti yang saya gunakan kali ini, udang dan seafood, irisan telur dadar, atau chicken fajitas yang pernah saya posting sebelumnya (link di bawah). Bahkan anda bisa juga mengisinya dengan nasi goreng, semua lezat. Untuk sausnya, anda bisa menggunakan saus sambal atau saus tomat botolan dan mayonais, tapi menurut saya saus salsa terutama yang homemade akan membuat roti gulung yang anda buat menjadi lebih nendang rasanya. Untuk resep homemade salsa anda bisa klik di postingan saya sebelumnya disini[1]. 

Tumisan daging cincang dan lembaran roti bisa anda bekukan di freezer untuk waktu lama, jadi ketika anda menginginkannya cukup cairkan daging cincang dan panaskan sebentar di microwave, sedangkan untuk lembaran rotinya biarkan saja di suhu ruang hingga lemas, memasukkannya ke dalam microwave akan membuatnya menjadi kering dan keras. Jadi tunggu apa lagi, yuk dicoba saat weekend tiba minggu ini! ^_^

Berikut resep dan prosesnya ya.   


Roti Gulung Isi Daging Cincang, Sayuran dan Saus  Salsa 
Resep diadaptasikan dari web King Arthur Flour -  Soft Wrap Bread[2]

Untuk 10 - 15 lembar roti 

Tertarik dengan resep sejenis lainnya? Silahkan klik link di bawah ini. 
Homemade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy![3]
Burrito Isi Daging Cincang dan  Sayur[4] 
Chicken Fajitas - Masakan Ayam a la Tex-Mex[5]

Bahan adonan roti:

Adonan A:
- 260 - 290 gram tepung gandum utuh atau tepung terigu serba guna/protein sedang
- 300 ml air mendidih

Adonan B:
- 100 gram tepung gandum utuh atau tepung terigu serba guna/protein sedang
- 1 butir kentang rebus yang dihaluskan (berat sekitar 80 gram)
- 1 1/4 sendok teh garam
- 2 sendok makan minyak zaitun atau minyak sayur lainnya
- 1 sendok teh ragi instan, pastikan fresh

Bahan & Bumbu Daging Cincang:
- 250 gram daging sapi cincang
- 1 butir bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
- 4 siung bawang putih, cincang halus
- 2 sendok makan saus tomat botolan
- 1/2 sendok makan ketumbar bubuk
- 1/4 sendok teh jintan bubuk
- 1 sendok makan cabai bubuk
- 1/4 sendok teh oregano bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan pelengkap:
- rajangan lettuce atau daun selada 
- 1/2 buah paprika merah, iris dadu kecil
- 2 buah tomat, potong kubus
- 1 buah ketimun, potong kubus
- 1 ikat daun ketumbar, rajang kasar
- saus salsa, resep silahkan klik link disini

Cara membuat:
Membuat tumisan daging


Siapkan wajan, panaskan minyak dan tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan transparan. Tambahkan saus tomat, aduk sebentar. Masukkan daging cincang, aduk-aduk dan masak hingga daging tidak berwarna pink lagi.

Tambakan semua bumbu lainnya, aduk rata. Masak hingga daging matang. Cicipi rasanya, sesuaikan gula dan garam, angkat.  

Membuat roti
Adonan A.


Siapkan mangkuk, masukkan 260 gram tepung gandum utuh. Siram tepung dengan air panas mendidih, aduk sebentar dengan spatula, kemudian uleni perlahan hingga menjadi gumpalan yang tercampur rata. Hati-hati saat melakukannya karena adonan yang panas. Tutup permukaan mangkuk dengan kain dan diamkan selama 30 menit. 

Adonan B


Selama menunggu adonan, siapkan mangkuk kecil lainnya. Masukkan sisa tepung, ragi, kentang rebus, garam dan minyak zaitun, aduk rata. 

Jika adonan A telah didiamkan selama 30 menit, maka campur adonan A dan B, aduk dan uleni hingga tercampur baik dan kalis. Tambahkan tepung jika adonan terlalu lembek dan lengket atau ciprati dengan air jika adonan terlalu keras dan kering. Adonan harus lembut, lemas, tetapi tidak lengket. Uleni selama 10 menit. Bentuk bulat, masukkan ke dalam mangkuk dan tutup dengan kain bersih selama 1 jam hingga adonan mengembang menjadi 2 kali lipat. 

Taburkan tepung di permukaan meja, tuangkan adonan yang telah mengembang. Bentuk adonan menjadi batang panjang, potong-potong menjadi 10 - 15 bagian tergantung dari besar kecilnya lembaran roti yang anda perlukan dan ukuran pan yang anda gunakan untuk memanggang.  Bulatkan masing-masing adonan.


Taburkan tepung dipermukaan meja, letakkan sepotong adonan, gilas hingga tipis. Cetak menggunakan piring jika ingin lembaran yang bulat. Sambil menggilas, panaskan pan datar anti lengket dengan api sedang. Letakkan selembar adonan di atas pan, panggang hingga muncul gelembung-gelembung di adonan, balikkan dan masak sisi sebelahnya. 

Note: Jangan terlalu lama memanggang hingga permukaan menjadi gosong kecoklatan, jika telah muncul gelembung-gelembung udara segera balikkan roti dan panggang sisi sebelahnya. Terlalu lama memanggang akan membuat roti keras dan kering sehingga tidak bisa dipakai. 


Angkat roti, letakkan di wadah datar dan tutupi dengan kain bersih agar tetap lembab. Lakukan hingga semua adonan habis dipanggang.  Tutup lembaran roti dengan kain,

Menata roti


Letakkan selembar roti di piring, tata rajangan sayuran, diikuti dengan cincangan daging, kemudian sendokkan saus salsa di atas permukaannya. Lipat dan gulung roti, siap disantap. Super yummy!

Sources:
Web King Arthur Flour -  Soft Wrap Bread[6] 
Wikipedia - Tortilla[7]

References

  1. ^ disini (www.justtryandtaste.com)
  2. ^ Soft Wrap Bread (www.kingarthurflour.com)
  3. ^ It's Hot & Super Yummy! (www.justtryandtaste.com)
  4. ^ Burrito Isi Daging Cincang dan  Sayur (www.justtryandtaste.com)
  5. ^ Chicken Fajitas - Masakan Ayam a la Tex-Mex (www.justtryandtaste.com)
  6. ^ Soft Wrap Bread (www.kingarthurflour.com)
  7. ^ Tortilla (en.wikipedia.org)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/11/obsesi-roti-32-roti-gulung-isi-daging.html
 
Sponsored Links