-->

Sabtu, 14 Mei 2016

Seorang teman saya, Lisa, yang berasal dari Bangka beberapa waktu yang lalu membaca posting saya berjudul Lempah Kuning Khas Bangka[1] dan kemudian memberikan banyak sekali komentar di blog ini. Nah, yang membuat saya sangat happy dan cukup terharu adalah beliau juga sharing beberapa resep khas Bangka lainnya yang biasa dimasak di rumah dan saya yakini pasti yummy rasanya. Salah satu resep yang di sharing ke saya adalah Ikan Masak Belimbing Wuluh yang mudah proses pembuatannya namun memiliki rasa yang mantap. Terus terang saya memang salah satu penggemar berat masakan Bangka yang banyak menggunakan ikan sebagai olahannya dan memiliki cita rasa bumbu yang ringan dan terasa asam, pedas dan segar. Sebenarnya masih ada beberapa resep lainnya yang di share Lisa ke saya seperti Mie Koba, Lakso Bangka, Lempah Darat dan Bu Jan, yang terakhir adalah gorengan dari talas bercampur ikan yang dicocol dengan sambal tauco. Namun untuk kali ini sepulang kantor kemarin saya mencoba membuat masakan termudah dan tercepat dan Ikan Masak Belimbing Wuluh memenuhi kriteria tersebut.
 

Jika anda tertarik membuat masakan ini maka anda bisa menggunakan jenis ikan lainnya, tidak harus terpaku dengan ikan kembung yang saya gunakan. Sayat-sayat badan ikan agar  bumbu bisa meresap masuk. Agar cepat semua bumbu saya masukkan ke dalam blender dan proses hingga halus kemudian tinggal ditumis dengan sedikit minyak dan santan kental. Oh ya, karena saya menghindari penggunaan santan seperti yang tertera di resep aslinya maka santannya saya ganti dengan susu bubuk rendah lemak yang saya encerkan terlebih dahulu dengan air. Jika anda terkaget-kaget membacanya maka saya hanya bisa katakan anda harus mencobanya dulu di rumah karena rasanya sangat yummy dan tak kalah dengan santan kelapa walaupun tentu saja tidak memiliki aroma unik santan kelapa. Sengaja saya tambahkan juga butiran cabai rawit merah ke dalamnya agar masakan terlihat lebih berwarna dan tentu saja agar sesuai dengan maniak pedas seperti saya. ^_^

Tips lainnya adalah gunakan ikan tersegar yang bisa anda peroleh untuk mendapatkan rasa ikan yang paling manis dengan daging yang kenyal kala digigit. Wokay, tidak perlu berpanjang lebar lagi, sebaiknya kita langsung ke dapur saja yuk untuk membuatnya. Dan thanks a lot untuk Mba Lisa atas resepnya yang mak nyuss!

Berikut resepnya jika anda berminat ya.

Ikan Kembung Masak Belimbing Wuluh ala Lisa

Resep diadaptasikan dari Lisa

Bahan:

- 4 ekor ikan kembung/terisi ukuran sedang atau dua ekor ukuran besar seperti yang saya gunakan dan saya belah menjadi dua bagian. Siangi dan sayat-sayat bagian badannya.

- 400-500 ml susu cair rendah lemak (4 sendok makan susu bubuk + 400 ml air) atau 200 ml susu kental + 300 ml susu cair

- 5 buah belimbing wuluh, saya pakai 7 buah, belah dua dan cuci dengan air garam

- 5 buah cabai rawit merah utuh

Bumbu, haluskan:

- 2 butir kemiri, sangrai

- 1 sendok teh terasi, bakar sebentar

- 2 ruas kunyit, bakar sebentar di kompor

- 2 siung bawang putih

- 4 siung bawang merah

- 3 butir cabai merah keriting, saya ganti dengan 6 butir cabai rawit

- minyak untuk menumis

Bumbu lainnya:

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh kaldu bubuk

- 1/2 sendok makan gula pasir, tambahkan jika kurang mantap

Cara membuat:

Siapkan wajan, beri 1 sendok makan minyak. Tumis bumbu halus bersama dengan santan kental (jika menggunakan santan) atau 100 ml susu cair. Masak dan aduk-aduk hingga bumbu mengering.

Masukkan santan encer atau sisa susu cair ke dalam wajan, gula, garam, kaldu bubuk dan cabai rawit utuh. Aduk-aduk dan masak hingga mendidih. Masukkan ikan dan belimbing wuluh, siram-siram badan ikan dengan santan mendidih dan masak hingga mata ikan melotot kemudian balikkan ikan dan masak sisi sebelahnya hingga ikan matang. 

Tips: jangan terlalu lama memasak ikan agar rasa manisnya yang khas tidak hilang.

Cicipi rasanya, angkat dan siap disajikan dengan nasi hangat. Yummy! 

Source:

Resep keluarga Lisa, Ikan Masak Belimbing Wuluh

References

  1. ^ Lempah Kuning Khas Bangka (justtryandtaste.blogspot.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2012/03/ikan-kembung-masak-belimbing-wuluh-ala.html
 
Sponsored Links