-->

Minggu, 15 Mei 2016


Memang tidak afdol rasanya jika menyantap masakan Thailand tanpa aroma daun rempah seperti serai, daun jeruk purut dan daun ketumbar yang kuat. Untuk dua rempah di depan yang saya sebutkan memang tidak pernah saya lupakan jika membuat tom yum atau kari Thai di rumah, namun daun ketumbar sering saya skip karena enggan membelinya. Harga daun ketumbar menurut saya tidak murah dan seringkali ikatan yang dijual di supermarket sangat jumbo sehingga akan banyak yang terbuang jika saya nekat membelinya. Namun kemarin ketika iseng melihat-lihat sayuran segar di sebuah supermarket, saya melihat untaian daun ketumbar dengan ikatan yang lebih kecil, harganya pun nyaman bagi kantung saya. Jadi tanpa pikir panjang saya masukkan dua ikat daun ke dalam kantung belanja. Perkara masakan apa yang akan saya bubuhkan dengan daun yang beraroma unik ini akan saya pikirkan nanti. Namun ada dua resep yang sebenarnya telah lama menari-nari di dalam benak saya untuk dicoba, sup ayam asam pedas dan kari merah a la Thai. Hmm, sepertinya akan menjadi petualangan kuliner berikutnya yang menakjubkan. Lebay dot com! ^_^ 


Membuat sepanci sup ayam nan sedap dengan gaya Thailand seperti ini sangatlah mudah plus murah, dan rasanya saya jamin tidak kalah dengan dengan yang biasa anda santap di resto. Masakan Thai umumnya simple, ringan dan segar. Khusus untuk sup, semua bahan cukup anda cincang, iris dan rebus. Selain rempah, bumbu lain yang anda wajib sediakan untuk membuat rasa sup yang anda hasilkan sedikit berbeda dengan sup asam lainnya adalah kecap ikan (fish sauce; Thai: nam pla; Vietnam: nuoc mam). Fish sauce ini bercita rasa seafood dan asin sehingga jika anda telah menggunakannya maka berhati-hatilah dengan takaran garam yang anda bubuhkan di masakan. Ada banyak ragam merk kecap ikan di pasaran, anda bisa mengeceknya di bagian bumbu-bumbu saus di supermarket. Biasanya bersanding dengan kecap manis, saus tiram dan rekan-rekannya, harganya tergantung dari kualitasnya. Tidak ada merk spesifik yang saya rekomendasikan, saya biasanya memilih dengam botol kecil karena saus ini hanya saya perlukan kala demam sup Thai tiba. 
Daun Ketumbar

Gambar di atas adalah pohon ketumbar (Coriandrum sativum). Masyarakat Latin Amerika menyebutnya dengan nama cilantro sedangkan di Timur Tengah dan Asia Tenggara biasa dikenal dengan nama coriander. Semuanya merupakan tanaman yang sama. Tampilannya mirip dengan daun seledri dengan ukuran daun yang lebih kecil, tipis dan lunak, dengan warna yang lebih hijau cerah. Aromanya jauh berbeda dengan seledri, banyak yang tidak menyukai bau-nya yang aneh (beberapa menyebutnya seperti bau sejenis serangga), namun percayalah daun ini yang membuat semangkuk tom yum menjadi terasa spesial dan berbeda. 

Lantas apa hubungannya daun ketumbar dengan biji ketumbar yang selama ini menjadi bumbu di dapur? Sama. Biji ketumbar merupakan buah tanaman Coriandrum sativum, dan umum menjadi bumbu di dapur Indonesia dan berbagai negara lainnya, namun di negara kita daunnya jarang untuk dimanfaatkan. Di Thailand, bahkan akar ketumbar yang berwarna keputihan juga dimanfaatkan sebagai salah satu komponen bumbu, misalnya digunakan di dalam resep kari merah. Nah karena kari merah merupakan salah satu target resep yang akan saya coba berikutnya, maka beberapa akar sementara saya selamatkan di kulkas. Next trial saudara-saudara.  


Beberapa waktu yang lalu saya iseng-iseng menebar segenggam biji ketumbar kering yang saya beli di pasar di sebuah pot berisi kompos, sayangnya tidak ada satupun biji yang berkecambah. Mungkin benih di dalamnya telah mati karena waktu simpan yang terlalu lama atau penyebab lainnya, namun yang jelas saya masih penasaran untuk mencobanya kembali. Namun kemarin beberapa akar ketumbar plus sedikit batangnya nekat  saya tanam di sebuah pot kecil dan saya letakkan di teras di depan rumah. Bagaimana perkembangannya akan laporkan ke anda jika usaha saya berhasil. ^_^

Kembali ke sup ayam asam pedas yang kali ini saya posting. Untuk jamurnya saya menggunakan jamur segar champignon, anda bisa menggantinya dengan jamur merang atau jamur kancing, baik dalam kondisi segar maupun kalengan. Rasa sup ayam ini sungguh, sungguh lezat dengan banyak daun ketumbar yang saya cemplungkan ke dalamnya. Tertarik untuk mencobanya? Berikut resepnya ya.


Sup Ayam Asam Pedas a la Thai (Tom Yum Ga)

- 3 potong paha ayam bagian atas dan bawah, potong kecil-kecil + 1/2 buah jeruk nipis + 1 sendok makan garam

- 8 buah jamur champignon segar, potong tipis atau 1 kaleng jamur merang

Bumbu:

- 4 butir bawang merah, cincang halus

- 4 butir bawang putih, cincang halus

- 3 batang serai, keprak dan rajang halus

- 2 ruas jari jahe, iris tipis atau lengkuas

- 10 buah cabai rawit merah, rajang halus (kurangi jika tidak suka pedas)

- 5 lembar daun jeruk purut, buang batang tengahnya, rajang halus

Bumbu lainnya:

- 3 sendok makan kecap ikan

- 1 batang daun bawang, rajang kasar

- 2 buah tomat, iris tipis

- 1 sendok teh garam

- 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional, skip jika anda menggunakan air kaldu ayam)

- 2 butir jeruk nipis, ambil airnya

- 1 ikat daun ketumbar, rajang kasar

- 1 sendok makan minyak untuk menumis ayam (saya menggunakan minyak zaitun)

- 1 liter air (atau air kaldu ayam)

Cara membuat:


Siapkan ayam, saya menggunakan bagian paha atas dan bawah beserta tulangnya, untuk versi rendah lemak maka gunakan bagian dada ayam. Potong kecil-kecil. Kucuri ayam dengan 1/2 buah air jeruk nipis dan 1 sendok makan garam. Remas-remas dan diamkan selama 10 menit. Cuci bersih. 

Taburi ayam dengan 1/2 sendok teh merica bubuk dan 1 sendok teh garam, remas-remas hingga rata. Panaskan panci anti lengket atau wajan beserta 1 sendok makan minyak. Goreng ayam dengan api sedang sambil sesekali dibalik-balik hingga ayam berubah warnanya. Angkat ayam, biarkan minyak bekas menggoreng ayam di panci, kita akan menggunakannya untuk menumis bumbu. 


Masukkan semua bumbu iris, tumis hingga harum.  Tambahkan 1 liter air dan masak hingga air mendidih. Masukkan ayam, masak hingga ayam matang. 

Tambahkan jamur, daun bawang, tomat, kecap ikan, garam, kaldu bubuk dan air jeruk nipis. Aduk rata. Masak sebentar dengan api kecil hingga jamur matang. 


Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/09/sup-ayam-asam-pedas-la-thai-tom-yum-gai.html
 
Sponsored Links