-->

Selasa, 10 Mei 2016


Satu lagi modifikasi linguini yang saya hadirkan disini dan semoga tidak membuat anda terbosan-bosan dengan resep pasta yang sering sekali saya tampilkan walaupun saya mengaku bukan penggemar pasta. Seringkali ketika saya memasak satu resep maka adakalanya bahan tersisa dan membuat saya memutar otak untuk memberdayakan si bahan menjadi makanan lainnya yang lezat. Nah ide linguini saus tuna ini berawal dari lasagna tuna yang pernah saya posting sebelumnya, saus tunanya yang berlebih dan penampilannya yang mirip dengan saus spaghetti membuat saya melirik stoples linguini di meja dapur. Segenggam linguini kering di tangan, sepanci air mendidih dan sesendok makan garam dapur, dalam sebentar sepiring linguini rebus yang al dente telah tergolek di piring. Dengan tambahan tiga sendok makan saus lasagna tuna sisa, jadilah linguini saus tuna yang alamak lezatnya.
Berikut resepnya ya.

Linguini Saus Tuna

Resep diadaptasikan dari Majalah Femina, Edisi Hidangan Lebaran - Iklan Saus Del Monte - Tuna & Corn Lasagna  

Untuk 2 porsi Linguini

Bahan:

- 200 gram linguini
- Keju cheddar atau Parmesan untuk taburan 

Saus Tuna: 
- 1 sendok makan margarine untuk menumis
- 1/4 buah bawang bombay, cincang kasar

- 1 siung bawang putih, cincang halus

- 100 gram tuna chunk kalengan atau tuna segar yang dicincang kasar

- 1 buah cabai hijau besar, iris serong kasar
 
- 1 buah cabai merah besar, iris serong kasar
- 50 gram kacang polong beku siap pakai

- 5 sendok makan saus spaghetti, bisa menggunakan merk Del Monte atau Cirio seperti yang saya pergunakan.

- 1/2 sendok teh gula pasir

- 1/2 sendok teh garam

- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Cara membuat:
Membuat saus tuna:


Siapkan penggorengan, panaskan margarine, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan matang. Masukkan kacang polong, cabai, aduk rata. Tambahkan tuna, saus spaghetti, gula, garam dan kaldu bubuk. Aduk dan masak hingga semua bahan matang. Cicipi rasanya dan angkat. Sisihkan.

Siapkan panci, masukkan air yang agak banyak dan garam hingga air terasa seperti lautan. Kita akan merebus linguini. Jika air telah mendidih masukkan linguini kering, tidak perlu dipatahkan, jika linguini lunak maka seluruh bagian akan tenggelam. Masak linguini hingga al dente (matang dengan pas). 

Tiriskan linguini (sisihkan sedikit air bekas merebus pasta untuk mengencerkan saus saat pasta dihidangkan), pasta tidak perlu disiram dengan air dingin. 


Siapkan piring saji, letakkan linguini rebus secukupnya. Beri sekitar tiga sendok makan saus tuna dan dua sendok makan air bekas merebus pasta. Aduk pasta dengan garpu agar saus tercampur dengan baik dan terlihat creamy. Taburkan keju cheddar atau parmesan pada permukaannya. 

Pasta siap disajikan. Yummy! 

Source:
Majalah Femina, Edisi Hidangan Lebaran - Iklan Saus Del Monte - Tuna & Corn Lasagna  


Source : http://www.justtryandtaste.com/2011/09/linguini-dengan-saus-tuna.html
 
Sponsored Links