-->

Selasa, 03 November 2015


Salmon, merupakan jenis ikan yang berminyak (oily fish) dan acapkali di sebut-sebut sebagai ikan yang sehat karena kaya akan kandungan protein dan vit D, serta tinggi akan asam lemak omega-3. Ada 3 tipe omega-3 yaitu alpha-linolenic acid (ALA), docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA); salmon liar sejak dahulu kala dikenal merupakan sumber penting DHA & EPA yang jika dibandingkan dengan omega-3 lainnya merupakan jenis omega-3 yang paling baik untuk fungsi dan struktur otak. Tubuh kita sendiri sebenarnya mampu merubah omega-3 ALA menjadi DHA & EPA hanya saja dalam tingkatan yang kurang efisien (2 - 15%). Salmon segar memiliki warna daging oranye hingga kemerahan, walaupun ada juga beberapa contoh salmon dengan daging berwarna putih. Warna alami salmon ini merupakan hasil dari pigmen karotin, sejumlah besar astaxanthin dan juga canthaxanthin. Salmon liar memperoleh pigmen ini karena selama masa pertumbuhannya mereka mengkonsumsi udang kecil (krill) dan kerang-kerang kecil lainnya. 

Wokay, ketika hari Minggu lalu saya mampir ke  Lotte Mart yang baru saja beberapa waktu lalu membuka salah satu cabangnya di Fatmawati, seperti biasa counter sayur dan buah segar adalah tujuan utama saya jika ke supermarket. Ternyata Lotte Mart sedang sale semua jamurnya. Enokitake kegemaran saya ini karena rasanya yang lezat dan krenyes-krenyes, dibandrol hanya dengan harga sekitar tiga ribu delapan ratus per pack-nya. Hmm, tidak mau kehilangan kesempatan lima kantong jamur segar saya masukkan ke dalam keranjang belanja, dan air liur saya pun hampir menetes membayangkan masakan lezat yang akan saya buat dengannya. ^_^ 


Enokitake, merupakan sejenis jamur yang memiliki batang yang panjang, kurus dan berwarna putih dengan payung berbentuk seperti pentol korek api. Jamur ini sering sekali digunakan dalam berbagai masakan Asia Timur (China, Jepang, dan Korea). Umumnya enokitake dijual dalam bentuk segar dan kalengan. Enokitake yang di jual di supermarket di Jakarta di-packing dalam plastik-plastik transparan seberat 100 gram. Jika anda membeli jamur ini dalam kondisi masih segar maka belilah jamur yang masih terasa keras saat ditekan, berwarna putih, batang-batang jamur rapat, kompak dan terlihat masih kuncup dengan tudung jamur yang berkilat. Hindari jamur yang lemas, lembek dan berwarna mulai kecoklatan serta batangnya mulai terlihat tidak kompak. 

Jamur enokitake sangat sedap untuk salad, sup, sabu-sabu, tumis atau... tim seperti yang saya lakukan. Rasanya crispy sedikit liat, namun juga lembut. Ahh, susah juga menjelaskannya. Dari sisi kesehatan, enokitake mengandung antioksidan yang tinggi dan sebuah riset dari National University of Singapore yang dipublikasikan tahun 2005 menyebutkan bahwa batang jamur ini kaya akan kandungan protein yang berguna untuk meningkatkan daya imunitas tubuh. 


Karena rasanya sudah sedemikian lezat, maka mengolah kedua macam bahan makanan ini tidak perlu menggunakan aneka bumbu yang ribet. Men-timnya adalah pilihan yang sangat tepat untuk mempertahankan kandungan asam lemak omega-3 pada salmon, dimana omega-3 ini sangat tidak bersahabat dengan suhu tinggi saat proses pemasakan, contohnya seperti penggorengan.  Dengan bumbu simple, tim salmon dan enokitake ini terasa sangat lezat dan mantap di santap bersama dengan nasi merah nan hangat. Hmm, super duper yummy! 

Berikut resepnya.

Tim Ikan Salmon & Jamur Enokitake, Masakan Lezat, Sehat dan Super Cepat

Resep hasil modifikasi sendiri

Porsi untuk 2 orang

Bahan & bumbu:
- 200 gram fillet salmon, bisa diganti dengan ikan lainnya seperti ikan kakap, ikan sebelah, kembung, ikan ekor kuning, atau gindara.
- 1 bungkus jamur enokitake seberat 100 gram (bisa diganti jenis jamur lainnya: jamur kuping, jamur tiram, jamur shiitake, jamur merang)
- 1/2 batang daun bawang, rajang tipis
- 1/2 butir tomat, iris tipis
- 2 butir bawang putih, cincang halus
- 1 ruas jahe, cincang halus
- 1/2 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
- 1 1/2 sendok makan kecap asin
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh cabai rawit rajang atau yang dihaluskan (optional) 

Cara membuat:


Siapkan pinggan/mangkuk tahan panas anda, dari kaca lebih baik. 

Kucuri kedua sisi permukaan ikan dengan 1/2 sendok makan air jeruk lemon/jeruk nipis, 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh merica bubuk. Usapkan secara merata air jeruk, garam dan merica ke seluruh daging ikan. Diamkan selama 10 menit.

Tata bawang putih, bawang bombay, jahe, cabai rawit (optional), di dasar mangkuk kemudian letakkan ikan salmon dan jamur secara berdampingan. Taburi permukaannya dengan tomat dan daun bawang. Siram dengan kecap asin secara merata, taburi dengan garam, gula dan merica bubuk. 


Kukus selama 15 menit dengan api sedang. Angkat dari dalam kukusan dan siap disajikan dengan nasi hangat. 

Sources:


Source : http://www.justtryandtaste.com/2012/01/tim-ikan-salmon-jamur-enokitake-masakan.html
 
Sponsored Links