-->

Sabtu, 14 November 2015


Salah sekian masakan Korea lainnya yang saya gemari selain kimchi, japchae, bulgogi, aneka stew dan sup adalah ayam goreng spicy yang saya tampilkan kali ini. Sudah lama saya ingin membuatnya sendiri sejak melihat resepnya di website Maangchi, website masakan Korea yang menjadi acuan saya dalam mencoba aneka masakan negeri ginseng tersebut. Namun semangat saya baru tergerak kala mencicipinya secara langsung di Yo Chon, restoran Korea yang saya kunjungi minggu lalu. Sepiring sayap ayam yang terasa manis, pedas dan renyah membuat kami seakan kalap menyantapnya dan dalam sekejap dua puluh sayap ayam berpindah ke perut kami berempat bersama nasi goreng kimchi dan aneka salad yang laziz.  

Kelebihan ayam goreng pedas a la Korea atau dalam bahasa Korea-nya adalah yangnyeom tongdak adalah balutan tepung tipis yang super renyah kala digigit dengan lumuran bumbu merah membara yang terasa manis, pedas, dan asin. Jadi dengan kepala yang masih terbayang-bayang dengan ayam goreng nan spicy tersebut keesokan harinya saya pun lantas berburu bahan-bahannya di Lotte Mart, supermarket yang banyak menjual aneka bumbu dan makanan khas Korea. Tadi malam sepulang kantor saya pun sibuk mengulik resepnya. Tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk menghadirkan sepiring sayap ayam yang siap untuk disikat. Lho bagaimana dengan OCD? Hmm, untuk sementara kita lupakan sejenak saja ya. ^_^

Pasta cabai pedas Korea (gochujang)

Untuk membuat yangnyeom tongdak maka anda memerlukan pasta cabai pedas Korea atau gochujang. Anda bisa membelinya di supermarket khusus yang menjual bumbu dan makanan Korea dan Jepang atau ke supermarket besar seperti yang saya sebutkan di atas. Gochujang terbuat dari cabai merah bubuk, sirup beras, tepung barley, tepung beras, garam dan kacang kedelai fermentasi, campuran semua bahan ini dimasak hingga kental dan pekat untuk kemudian di fermentasikan selama 2 -3 bulan. Bentuknya menyerupai pasta kental dengan aroma pedas manis yang menyengat. Pasta cabai ini merupakan keharusan pada yangnyeom tongdak karena akan memberikan warna yang merah membara pada masakan dengan  rasa yang tidak terlalu pedas. Terus terang saya sendiri tidak memiliki ide untuk bahan pengganti pasta cabai ini, jadi jika anda kesulitan menemukannya di pasaran dan ingin menggunakan cabai segar giling maka kemungkinan anda harus melakukan trial & error sendiri saat mencobanya.  

Di pasaran ada banyak ukuran gochujang, namun karena jarang dipergunakan maka saya membeli ukuran terkecil seberat 500 gram dengan harga sekitar empat puluh ribu rupiah. Pasta ini biasanya dipakai untuk membumbui aneka salad, sup, stew, bibimbap (nasi campur Korea), tteokbokki (kue beras pedas Korea), dan untuk membumbui aneka daging. 

Gochujang, sirup beras dan rice vinegar

Selain pasta cabai, bahan lainnya yang penting untuk dimasukkan ke dalam saus adalah sirup beras (rice syrup). Sirup besar memiliki tekstur, warna dan bentuk seperti madu, karena itu anda bisa menggunakan madu sebagai penggantinya. Atau jika madu sulit tersedia di dapur anda maka gula merah yang dipanaskan hingga meleleh juga bisa dipakai sebagai pengganti. Sirup beras ini membuat saus terasa manis dengan kekentalan yang membuat ayam tetap crispy. Walau pun demikian saya masih menambahkan sekitar satu sendok makan gula pasir untuk menyeimbangkan rasa pasta cabai (gochujang) yang asin.

Selain rasa manis, pedas dan asin yang mendominasi masakan ini, ada sedikit rasa asam yang membuat saus ayam terasa unik. Untuk itu digunakan sedikit vinegar. Saya menggunakan rice vibegar, namun apple cider vinegar pun oke untuk digunakan. Atau jika anda tidak memiliki vinegar maka sedikit cuka masak biasa atau air perasan jeruk nipis bisa dipakai sebagai penggantinya. 

Tidak ada yang sulit dalam membuat yangnyeom tongdak, pertama anda harus menggoreng potongan ayam atau sayap ayam yang telah dibalut dengan adonan tepung sebanyak dua kali untuk menghasilkan ayam yang renyah dan garing. Potongan ayam yang telah digoreng ini kemudian dimasukkan ke dalam saus yang telah dimasak sebelumnya dan diaduk hingga rata. Kunci terpenting agar ayam yang telah terbalut saus tetap renyah adalah kekentalan saus yang digunakan. Karena itu saus sama sekali tidak menggunakan air hanya mengandalkan pada sirup untuk membuatnya sedikit encer agar mudah dicampurkan dengan ayam yang telah digoreng. Ayam yang telah dibalut dengan bumbu wajib dimakan dengan segera, karena setelah dingin ayam menjadi kurang crispy.

Tertarik untuk mencobanya? Berikut resep dan prosesnya ya.  

- 10 buah sayap ayam, 700 gram, potong menjadi dua bagian
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica hitam bubuk
- 2 sendok makan tepung beras
- 2 sendok makan tepung terigu
- 1 sendok makan tepung tapioka
- 1 sendok makan tepung maizena
- 1/2 sendok teh baking soda
- 1 butir telur

Saus:
- 1 sendok makan minyak 
- 4 siung bawang putih cincang halus
- 2 sendok makan pasta cabai Korea (gochujang) *
- 2 sendok makan saus tomat botolan
- 3 sendok makan sirup beras, bisa diganti dengan madu atau gula jawa yang dimasak hingga mencair dan kental
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh rice vinegar atau apple cider vinegar atau 1/2 sendok teh cuka masak biasa

Note:
Gochujang dan sirup beras bisa dibeli di supermarket besar atau supermarket khusus makanan Korea dan Jepang.  

Cara membuat:


Siapkan sayap ayam, beri 1 sendok makan garam, remas-remas hingga ayam kesat. Cuci hingga bersih dan tiriskan. Taburi ayam dengan garam dan merica bubuk, aduk hingga rata. Tambahkan semua tepung, telur, dan baking soda. Aduk dan remas-remas dengan tangan hingga semua bahan dan ayam tercampur dengan baik.

Siapkan wajan anti lengket, masukkan minyak agak banyak dan panaskan hingga minyak benar-benar panas. Goreng ayam hingga setengah matang dan permukaannya kuning sedikit kecoklatan. Angkat dan tiriskan.


Goreng hingga semua ayam habis. Diamkan ayam selama 15 menit agar ayam agak mendingin kemudian goreng kembali ayam di minyak panas hingga kering dan kecoklatan. Menggoreng dua kali membuat ayam menjadi lebih renyah. Angkat ayam dan tiriskan.

Membuat saus: 


Siapkan wajan, panaskan minyak dan tumis bawang putih hingga harum dan matang. Kecilkan api, masukkan pasta cabai, saus tomat, sirup beras, gula pasir dan vinegar. Aduk dan masak hingga kental dan pekat.  

Saat saus masih panas masukkan ayam dan aduk cepat hingga ayam terlumuri oleh saus. Angkat dan sajikan dengan taburan wijen panggang di atasnya. 

Note: jika anda membuat saus terlebih dahulu dan saus telah mendingin saat ayam matang, maka panaskan kembali saus hingga mendidih baru masukkan ayam ke dalamnya. Saat panas saus akan menjadi encer dan memudahkan kita mencampurnya dengan ayam. 

Santap selagi panas. Yummy!   

Sources:
Wikipedia - Gochujang[1]
Maangchi - Yangnyeom Tongdak[2] 

References

  1. ^ Gochujang (en.wikipedia.org)
  2. ^ Yangnyeom Tongdak (www.maangchi.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/11/sayap-ayam-manis-pedas-la-korea.html
 
Sponsored Links