-->

Senin, 23 November 2015


Betapa mudahnya membuat selai kacang! Itu yang terbersit di dalam benak saya kala sebotol selai kacang yang lezat nangkring di meja dapur saya. Sambil mengagumi hasil karya sendiri (terkadang memang susah mencegah sifat narsis ini keluar) kepala saya pun dipenuhi dengan aneka makanan yang ingin saya ciptakan dari sebotol selai yang saya buat weekend kemarin. Sebenarnya semua itu bermula dari resep es krim pisang super mudah yang saya temukan di sebuah web luar dimana bahan utamanya menggunakan selai kacang.

Hasil saya melakukan eksplorasi membuka tumpukan bahan kue di kulkas dan laci mencari sekantung selai kacang (yang biasanya selalu siap tersedia di dapur) berakhir dengan kekecewaan. Akhirnya saya pun memutuskan membuatnya sendiri. Kebetulan saya masih memiliki sisa kacang tanah kupas dan dengan resep yang saya temukan di buku blender Mitzui sepertinya tidak ada yang susah untuk mewujudkannya. Tapi sebelum kita lanjut dengan proses dan resepnya, ijinkan saya sejenak menjilati perabot dan jemari  tangan yang belepotan selai ini ya, karena rasanya alamak lezatnya. ^_^
Yuk dijilat hingga tandas! ^_^

Bulan lalu sebenarnya saya juga pernah membuat selai kacang, kala itu saya menggunakan food processor untuk menghaluskan kacang yang telah saya goreng. Entah karena mata pisau food processor yang saya miliki mulai tumpul atau karena kurang lama memprosesnya, selai yang dihasilkan kurang halus. Butiran-butiran kecil kacang masih mendominasi membuat teksturnya menjadi berbintil-bintil. Kondisi ini tentu saja juga mempengaruhi rasa selai yang dihasilkan. Untuk percobaan kali ini saya menghaluskan kacang menggunakan blender, awalnya memang kacang seakan tetap kasar dan menggumpal hingga saya beberapa kali harus menghentikan putaran mesin, mengaduknya dan memprosesnya kembali. Cara ini ternyata cukup ampuh, blender kembali berputar,  sekian detik kemudian selai kacang yang smooth mulai terlihat terbentuk.
Teksturnya creamy, halus dengan cita rasa yang gurih. Beberapa resep selai kacang yang saya baca meminta kita untuk memanggang kacang yang akan digunakan, saya lebih memilih menggorengnya. Tentu saja versi panggang memiliki kalori yang lebih rendah namun membayangkan harus menggunakan oven listrik dengan watt yang tinggi membuat saya berfikir dua kali. Bulan lalu tagihan listrik rumah Pete membengkak gara-gara saya sering sekali menggunakan oven untuk membuat aneka masakan. Jadi kalau akhir-akhir ini postingan saya lebih memilih makanan yang digoreng dan di kukus, maka anda sekarang tahu alasannya. ^_^

Untuk resep kali ini saya memilih kacang tanah kupas alias tanpa kulit arinya lagi. Anda bisa menggunakan baik jenis kupas maupun jenis kacang yang masih ada kulit arinya. Jika anda menginginkan selai kacang yang berwarna cream muda dan lebih terang maka sebaiknya gunakan kacang kupas dan jangan goreng hingga terlalu matang kecoklatan. Saya sendiri terus terang lebih menyukai selai kacang yang berwarna gelap karena tampak lebih lezat dan ketika di gunakan dalam masakan lainnya seperti cookies, cake atau saus akan memberikan warna yang lebih cantik di makanan.

Jika anda masih beranggapan bahwa selai kacang hanya afdol untuk menemani sekeping roti panggang maka sepertinya anda harus mencoba bereksperimen untuk menggunakannya di banyak kesempatan. Saya sendiri sangat suka salad buah dengan saus yang terbuat dari selai kacang, untuk resepnya anda bisa klik disini. Bagaimana dengan peanut butter cookies yang mantap? Atau cake gulung selai kacang yang legit? Untuk mengetahui semua resep makanan tersebut anda bisa klik disini dan disini. Namun sebenarnya masih ada satu lagi resep yang sangat ingin saya coba yaitu es krim pisang dengan selai kacang. Nah untuk resepnya tunggu postingan saya selanjutnya ya.... tentu saja jika saya berhasil membuatnya. ^_^[2][3][1]

Anyway busway, dengan seabrek kegunaan selai kacang, tidak ada salahnya untuk menyediakan sebotol selai yang lezat dan bergizi ini di kulkas anda. Yuk kita lihat resepnya.



Homemade Selai Kacang

Resep diadaptasikan dari buku resep juicer & blender Mitzui

Untuk 1 botol selai ukuran 375 gram

Bahan:
- 375 gram kacang tanah kupas
- 7 sendok makan gula pasir (anda bisa gantikan dengan madu untuk versi yang lebih sehat)
- 1 sendok makan minyak sayur


Cara membuat:

Siapkan kacang tanah, saya menggunakan kacang tanah kupas, anda bisa menggunakan baik yang kupas maupun yang masih memiliki kulit ari. 

Tuangkan dan panaskan minyak dalam jumlah banyak di wajan. Goreng kacang hingga kuning kecoklatan, usahakan semua bagian kacang terendam minyak. Jika anda menginginkan selai kacang dengan warna krem pucat maka goreng kacang hingga agak kekuningan saja. Saya sendiri lebih suka dengan selai yang coklat keemasan, karena terlihat lebih menarik dan menggugah selera. 

Supaya kacang merata matangnya, sesekali balik-balikkan kacang selama di goreng dengan sutil/spatula. Angkat dan tiriskan kacang. Kacang cenderung akan meneruskan proses pematangannya walaupun telah diangkat dari minyak, untuk menghindari kacang menjadi gosong segera angkat jika telah berwarna kuning kecoklatan. 

Jika kacang goreng sudah agak menghangat, masukkan kacang ke dalam blender atau food processor. Tambahkan gula pasir dan minyak, proses hingga kacang menjadi halus dan keluar minyaknya. Mesin mungkin agak sulit untuk bergerak, karena itu sesekali hentikan mesin dan aduk-aduk gilingan kacang hingga tidak menggumpal, kemudian lanjutkan kembali menggiling. 

Proses hingga kacang menjadi halus seperti gambar dan selai tampak berminyak. Masukkan ke dalam botol atau wadah tertutup rapat. Biarkan hingga benar-benar dingin baru simpan di kulkas untuk waktu yang lama. Yummy!

Sources:
Buku resep juicer & blender Mitzui


References

  1. ^ disini (www.justtryandtaste.com)
  2. ^ disini (www.justtryandtaste.com)
  3. ^ disini (www.justtryandtaste.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/05/homemade-selai-kacang.html
 
Sponsored Links