-->

Senin, 30 November 2015


Cake karamel sarang semut ini atau biasa juga disebut dengan honeycomb cake atau sugar burnt cake merupakan cake yang cukup terkenal di Indonesia, Malaysia dan Brunei. Sejak melihat tampilan dan resepnya di salah satu web, saya pun menjadi tergoda untuk mencoba membuatnya. Cake ini jelas bukan merupakan varian baru karena di masyarakat kita sendiri cake ini termasuk jenis kue tradisional yang banyak diperjual belikan di pasar tradisional dan toko kue yang menyajikan jenis kue-kue jaman dulu. Tidak heran, jika sebenarnya banyak Ibu-Ibu atau Nenek-Nenek kita yang cukup menguasai teknik pembuatannya. Walaupun bahan yang digunakan terbilang sederhana dan proses pembuatannya tergolong mudah namun jika anda tidak mengetahu tips dan trick-nya maka cake ini terancam bantat. Alih-alih mengembang dan membentuk sarang semut yang cantik, yang terjadi adalah dodol coklat yang keras.  ^_^

Sebelum mencoba membuatnya sebenarnya terbersit sedikit ragu di dalam hati saya. Pengalaman selama ini jika membuat cake atau kue yang bersarang seperti ini hasilnya pasti kurang memuaskan. Serabutnya kurang banyak terbentuk. Setiap kali kue matang, hati dan kepala saya pun selalu penuh dengan tanda tanya besar. Mengapa begini hasilnya? Kurang apa ya? Apa yang salah? Namun tentu saja jawabannya tidak pernah ada karena biasanya saya malas untuk melakukan uji coba kedua. ^_^. Tapi kali ini dengan modal tekad kuat dan telur sebanyak 6 butir (bagi saya, ini merupakan jumlah telur yang cukup banyak untuk 1 loyang cake) saya pun melakukan survey terlebih dahulu dengan membaca instruksi pembuatan honeycomb cake mulai dari satu literatur ke literatur lainnya. Hingga akhirnya sepulang kantor kemarin, setelah menyegarkan diri dengan bergalon-galon air di kamar mandi sayapun terjun ke dapur bersama laptop andalan. Honeycomb cake, here I come!


Proses pertama yang saya lakukan saat membuat kue ini adalah membaca. Yep! Membaca instruksinya dengan seksama. Saya yang biasanya sering sembrono dan mengambil langkah kilat skip sana dan skip sini, kali ini dengan perlahan membaca setiap kalimat di instruksi pembuatan. Nah, bagi anda yang belum pernah membuat cake ini saya sarankan untuk melakukan hal yang sama, bacalah dengan seksama langkah pembuatannya. Langkah berikutnya adalah merubah gula pasir menjadi karamel. Nah, di instruksi pembuatannya gula di masak di dalam panci hingga berubah warna menjadi coklat tua seperti air teh yang pekat. Well, next time sepertinya saya tidak akan merebusnya hingga berwarna coklat tua karena hasilnya kue menjadi sedikit terasa pahit. Saya rasa karena sebagian gula menjadi gosong. Selain itu,  menurut saya jumlah takaran gulanya juga kurang banyak. 250 gram gula tidak  cukup untuk membuat cake menjadi terasa semanis yang saya inginkan. Saran saya, jika anda berminat untuk mencobanya tambahkan takaran gula menjadi 300 hingga 400 gram dan jangan meng-karamelnya hingga terlalu kecoklatan agar rasa cake tidak pahit. 

Proses selebihnya adalah mencampur mentega ke dalam gula, mengaduk tepung, telur dan bahan lainnya yang bisa anda lihat di langkah pembuatan di bawah. Telur cukup dikocok lepas saja menggunakan garpu, tidak perlu hingga berbusa dan gunakan baking soda sebagai bahan pengembangnya. Cake ini memiliki tekstur yang lembut, empuk dan kenyal. Actualy, kue ini so yummy jika.... seandainya.... andaikan.... gulanya lebih banyak, hiiks! Poin penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah adonan yang telah tercampur baik harus diistirahatkan selama 30 - 40 menit  di dalam loyang dalam oven yang dingin. Setelah waktu istirahat cukup oven lantas dipanaskan sesuai suhu yang diinginkan. Jadi cake dipanggang dalam panas oven yang naik perlahan secara bertahap. Suhu yang digunakan cukup rendah yaitu 150'C, ini memungkinkan gelembung-gelembung gas tercipta secara perlahan sehingga meninggalkan jejak lorong seperti sarang. Konsekuensinya cake memerlukan waktu yang lebih lama untuk memanggangnya. 

Okeh, anda tertarik untuk mencobanya? Sebenarnya ada satu versi honeycomb cake lainnya dengan rasa pandan, yang ini  diklaim berasal dari Vietnam. Saya juga tertarik untuk mencobanya karena tampaknya memiliki cita rasa yang lebih lezat, setidaknya tidak ada rasa pahit di cake karena tidak ada proses membuat gula menjadi karamel. Hmm, mungkin next... maybe... I hope ^_^

 Berikut ini resep dan cara pembuatan cake karamel sarang semut ya. 

Cake Karamel Sarang Semut - Sweet Honeycomb Cake

Resep diadaptasikan dari blog Sunflower Food Galore - Kuih Sarang Semut[1]

Untuk 1 buah cake dengan loyang ukuran 20 x 20 cm

Bahan karamel:
- 250 gram gula pasir (saya rasa 300 - 400 gram lebih baik)
- 250 ml air

Bahan cake:
- 100 gram mentega
- 250 gram tepung terigu serba guna (saya pakai Segitiga Biru)
- 6 butir telur, kocok lepas saja menggunakan garpu
- 160 ml susu cair
- 1.5 s/d 2  sendok teh baking soda

Cara membuat:
Siapkan loyang bentuk segi empat ukuran 20 x 20 cm dengan ketinggian + 15 cm atau loyang bulat diameter 2o cm. Olesi mentega secara merata dan alasi dengan kertas minyak. Olesi permukaan kertas minyak dengan mentega. Sisihkan.


Siapkan panci kecil, sebaiknya bukan yang memiliki permukaan yang terbuat dari teflon. Masukkan gula pasir.  Panaskan panci dengan menggunakan api sedang hingga gula meleleh. Aduk gula sesekali agar meleleh secara merata menggunakan sebuah sumpit. 

Tips. Hindari mengaduk menggunakan sendok atau spatula, agar tidak banyak gula yang menempel di permukaan alat aduk sehingga gula menjadi dingin dan mengkristal.

Ketika gula telah meleleh dan berubah warna menjadi kuning keemasan, segera kecilkan api kompor dan teruskan memasak gula hingga berubah menjadi coklat gelap seperti air celupan teh yang pekat. Pada tahapan ini gunakan api yang kecil agar gula tidak gosong dan membuat cake menjadi terasa agak pahit. Saran saya sebaiknya jika warna karamel mulai kecoklatan segera matikan api kompor.

Matikan api kompor dan biarkan hilang uap panasnya selama 30 detik. 


Tuangkan sesendok air ke dalam larutan gula panas. Hati-hati saat melakukannya karena gula akan mendesis dan mungkin menciprati tangan anda. Tambahkan air sesendok demi sesendok dalam setiap penambahan hingga larutan gula tidak mendesis. 

Tuangkan semua air dalam larutan gula. Panaskan kembali panci selama 1 menit menggunakan api kecil dan aduk-aduk bagian dasar panci menggunakan sumpit untuk melarutkan karamel yang menempel di dasar panci. Lakukan hingga semua karamel larut. Matikan api kompor. 

Masukkan mentega ke dalam larutan gula dan aduk hingga mentega meleleh. Biarkan adonan gula menjadi hangat sebelum menuangkannya ke dalam tepung.


Siapkan mangkuk mikser, masukkan tepung terigu ke dalam mangkuk. Tuangkan 1/2 bagian larutan gula hangat ke dalam tepung. Kocok dengan speed paling rendah hingga tercampur baik. Tambahkan sisa larutan gula ke dalam tepung dan lanjutkan mengocok hingga terbentuk adonan yang halus dan bebas gumpalan.

Masukkkan kocokan telur dan kocok hingga tercampur baik. Tuangkan susu cair dan baking soda, kocok rata. 

Tips. Agar baking soda tidak bergumpal dan bisa tercampur baik dengan adonan maka sebaiknya sebelum susu dimasukkan tambahkan terlebih dahulu dengan baking soda, aduk rata dan tuangkan larutan susu dan baking soda ke dalam adonan.  Tambahkan baking soda ke susu sesaat ketika akan dicampurkan ke dalam adonan.

Mikser berfungsi untuk mencampur semua bahan dengan baik dan membuat adonan menjadi smooth. Jadi jika adonan telah tercampur segera matikan mikser.


Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven yang belum dipanaskan dan diamkan selama 30 - 40 menit. 

Panaskan oven dengan suhu 150'C, dan panggang cake selama 1 jam hingga cake matang. Tusukkan lidi di tengah cake, jika tidak ada adonan menempel maka cake telah matang. Putar-putarkan loyang selama di panggang agar cake matang merata dengan tinggi permukaan yang sama.

Keluarkan cake dari oven, balikkan cake dari loyang ke rak kawat biarkan dingin dan potong-potong cake sesuai keinginan. Yummy!

Source:
Blog Sunflower Food Galore - Kuih Sarang Semut[2] 

References

  1. ^ Kuih Sarang Semut (sunflower-recipes.blogspot.com)
  2. ^ Kuih Sarang Semut (sunflower-recipes.blogspot.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2012/06/cake-karamel-sarang-semut-honeycomb.html
 
Sponsored Links