-->

Senin, 16 November 2015

Bagi anda yang bingung mau diapakan lagi daging kambing atau sapi yang melimpah saat hari raya Kurban tiba, nah mungkin resep praktis yang satu ini bisa anda coba di rumah. Daging sapi yang direndam dalam bumbu perendam yang nendang, ditumis bersama bawang bombay dan cabai merah terasa sangat lezat disantap bersama nasi hangat. Tampilannya memang mirip sate goreng hanya saja disini saya menggunakan banyak bawang bombay. Bawang bombay yang ditumis dengan sedikit minyak akan mengeluarkan rasa manis karamel yang lezat, dan jika anda 'ngeri' melihat cabai merah keriting utuh yang saya masukkan ke dalam tumisan maka anda bisa mengirisnya menjadi ukuran yang lebih kecil. Namun yang jelas masakan simple ini akan membuat program diet anda menjadi porak poranda. ^_^

Lebaran haji belum tiba, namun di kulkas saya masih memiliki banyak persediaan daging sapi beku yang cukup melimpah. Sebagian telah saya ungkep dan sekarang bersemayam dengan tenang di dalam tupperware di freezer, namun sebongkah daging dengan kualitas yang lebih baik karena saya beli dengan harga yang lebih mahal terasa sayang juga jika hanya diungkep. Daging top side ini teksturnya lebih baik, sedikit lemak dan lebih mudah empuk walau dimasak dalam waktu sebentar saja. Perut yang sudah kelaparan berat karena tidak diisi dengan makanan apapun sejak pagi, membuat saya memutuskan untuk menumisnya dengan bumbu sederhana dan bawang bombay. Sedikit cabai keriting merah yang hampir mengering di kulkas saya masukkkan juga agar warna tumisan ini tidak terlalu pucat. 

Jika anda tertarik membuat masakan ini maka pastikan daging yang anda gunakan memiliki kualitas yang baik, alias mudah empuk, karena proses pembuatan daging tumis ini tidak memerlukan waktu lama dan daging yang cepat empuk akan membuat proses menjadi lebih mudah. Susah menemukan bawang bombay disekitar anda? Ganti dengan bawang merah dan rajangan kasar daun bawang, saya rasa daging tumis ini akan tetap lezat. Ingin rasa yang lebih pedas anda bisa menambahkan irisan cabai rawit ke dalamnya.

Selebihnya membuat masakan ini sangat mudah, cepat dan rasanya lezat. Agar lebih nikmat anda bisa menyantapnya dengan acar ketimun, rajangan lettuce atau daun selada atau salad dengan dressing yang ringan. Nah sebelum saya akhiri ocehan saya, maka ijinkan saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha bagi yang merayakannya. 

Tertarik untuk mencoba daging sapi tumis bawang bombay? Berikut ini resep dan prosesnya ya. 



Daging Tumis Bawang Bombay
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dengan resep daging sapi lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Sapi Lada Hitam[1]
Tongseng Daging Sapi [2]
Bulgogi - Semur Daging Sapi a la Korea [3]

Bahan:

- 300 gram daging sapi, gunakan yang kualitasnya baik, sedikit lemak dan cepat empuk kala dimasak

- 2 buah bawang bombay, belah menjadi 2 bagian dan iris melintang tipis

- 5 buah cabai merah keriting, biarkan utuh atau iris sesuai selera

- 4 buah cabai rawit, biarkan utuh atau iris sesuai selera

Bumbu perendam daging:

- 4 butir bawang merah haluskan

- 2 butir bawang putih, haluskan

- 1/2 sendok makan ketumbar bubuk

- 1/2 sendok teh kunyit bubuk atau 1 ruas jari kunyit segar haluskan

- 1 sendok teh minyak wijen

- 2 sendok makan kecap manis

- 1 sendok makan kecap asin

- 1/4 sendok teh jintan bubuk

- 1/2 sendok teh garam 
- 3 sendok makan minyak sayur

Siapkan daging sapi atau kambing, potong-potong ukuran 2 x 2 cm. Masukkan ke dalam mangkuk. Tambahkan semua bumbu perendam, termasuk minyak sayur. Remas-remas hingga semua bumbu melumuri daging dengan sempurna. Tutup mangkuk dengan plastic wrap dan biarkan selama minimal 1 jam.

Siapkan wajan, beri sekitar 1 sendok makan minyak. Panaskan minyak dan tumis bawang bombay dan cabai hingga terlihat layu dan sedikit kecoklatan. Jangan menumis hingga bawang bombay menjadi lembek. Segera angkat ketika terlihat mulai layu dan berkaramel di permukaannya (kecoklatan). Angkat dan sisihkan.


Gunakan wajan bekas menumis bawang bombay, wajan tidak perlu dibersihkan. Tuangkan daging bersama bumbu perendamnya ke wajan. Aduk-aduk dan masak hingga permukaan daging terlihat kecoklatan dan matang sampai ke bagian tengahnya. 

Tambahkan tumisan bawang bombay, aduk seperlunya agar semua bahan tercampur rata. Matikan kompor dan tuangkan masakan ke piring saji. Siap disantap dengan nasi hangat. Super yummy!


References

  1. ^ Sapi Lada Hitam (www.justtryandtaste.com)
  2. ^ Tongseng Daging Sapi (www.justtryandtaste.com)
  3. ^ Bulgogi - Semur Daging Sapi a la Korea (www.justtryandtaste.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/10/daging-sapi-tumis-bawang-bombay.html
 
Sponsored Links