-->

Kamis, 09 Juli 2015


Makanan yang setipe dengan bakwan sayuran memang banyak, namanya pun beraneka ragam, di Indonesia sendiri selain kata bakwan kita mengenalnya dengan nama pia-pia, atau ote-ote, sedangkan di luar negeri potongan sayuran dalam tepung yang digoreng ini dikenal dengan sebutan vegetable pancake dan fritters. Sebenarnya semua sama, semua mirip yang membedakan mungkin dari komposisi takaran tepung dan bumbu yang digunakan. Umumnya bakwan a la Indonesia menggunakan komposisi tepung yang lebih banyak dibandingkan dengan sayuran, menghasilkan makanan yang lebih padat dan mengenyangkan.</span>

Terus terang saya lebih suka dengan bakwan dengan komposisi sayur yang lebih banyak dibandingkan tepungnya dan ketika bulan lalu saya mencicipi pancake sayuran di salah satu restoran Korea di dekat rumah, saya pun menjadi ketagihan. Pancake berisi sayuran dan seafood dengan ukuran sebesar piring makan ini digoreng dengan ketebalan 1 cm, permukaannya kering namun bagian dalamnya lembut dengan tekstur sayuran yang crunchy. Pancake lebar ini disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil dan disantap dalam cocolan saus yang terbuat dari soy sauce dan vinegar. Hmm, super yummy!

Menyantapnya di restoran jelas mengeluarkan rupiah yang tidak sedikit, namun membuatnya sendiri selain mudah juga murah meriah ongkosnya. Sayuran yang digunakan sebenarnya bisa disesuaikan dengan isi kulkas anda, namun untuk yachaejeon yang kali ini saya posting saya menggunakan wortel, zukini, labu siam dan daun bawang. Semua sayuran ini harus anda rajang tipis seperti korek api untuk memastikannya matang saat digoreng. Terus terang bagian rajang merajang ini cukup menyita waktu juga, saya cukup tergoda untuk merajangnya menggunakan food processor, namun sayangnya food processor memberikan irisan yang terlalu tipis dan halus, khawatirnya tekstur crunchy sayuran menjadi hilang. Jadi walau jam di dapur telah menunjukkan pukul setengah delapan malam, saya tetap menjalankan misi membuat pancake Korea ini. 

Selain sayuran, bahan lain yang umum digunakan adalah udang, cumi-cumi dan oyster, anda bisa skip bahan ini untuk versi vegetariannya. Semua bahan lantas di aduk menjadi satu dalam adonan tepung dan digoreng dengan ukuran tipis lebar di loyang pan anti lengket. Bagian tersulit menurut saya adalah membalikkan pancake untuk menggoreng sisi lainnya. Saya terpaksa menggunakan penggorengan lainnya sebagai alat bantu untuk memastikan pancake yang saya hasilkan mulus. Jika anda  tidak mau ribet, buat saja pancake dalam ukuran yang lebih kecil hanya pastikan saja jangan membuatnya terlalu tebal. Untuk versi pedasnya anda bisa menambahkan rajangan cabai di dalam adonan atau di dalam saus pencelupnya. Pancake sayuran ini paling lezat disantap saat masih panas, ketika baru saja keluar dari penggorengan, saat permukaannya masih sedikit crispy dan potongan sayuran terasa begitu crunchy. 

Berikut resepnya ya.

Pancake Sayuran dan Seafood a la Korea

Bahan pancake:

- 1/2 batang wortel ukuran sedang, potong korek api

- 1/2 buah zukini ukuran sedang, potong korek api (ganti dengan labu siam jika tidak ada)
- 1 batang daun bawang, potong korek api

- 1 buah bawang bombay ukuran kecil, belah dua dan rajang setipis mungkin

- 10 ekor udang, buang kulitnya, potong-potong

- 2 buah cumi-cumi ukuran sedang, siangi, potong-potong sepanjang 1 cm

- 2 buah cabai hijau besar, buang biji dan potong korek api 
- 2 butir telur, kocok lepas

Bahan adonan pancake:

- 100 gram tepung terigu serba guna

- 200 ml air

- 1/2 sendok teh kaldu bubuk

- 1 sendok teh garam
- 1 butir telur

Saus pencelup (aduk jadi satu):

- 1 sendok makan kecap asin

- 1  sendok teh cuka

- 150 ml air

- 2 siung bawang putih, haluskan

- 1/2 batang daun bawang, rajang sehalus mungkin

- 3 buah cabai rawit, tumbuk kasar

- 1 sendok makan gula pasir

- 1 sendok teh minyak wijen

Cara membuat:

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan air, aduk hingga tepung larut. Tambahkan kaldu bubuk, garam dan telur, aduk hingga rata. Adonan yang terbentuk lebih encer dibandingkan dengan adonan bakwan atau pancake umumnya. 

Tambahkan semua sayuran dan seafood, aduk rata. Cicipi rasanya, jika kurang asin tambahkan garam. 

Note: untuk seafood, anda bisa mencampurkan langsung ke adonan atau menatanya di atas permukaan pancake saat adonan digoreng di pan. Resikonya untuk cara terakhir adalah seafood tidak mau menempel di adonan dan terlepas saat di balik sehingga penampilan pancake sedikit amburadul. Ini pengalaman pribadi, hikss. 


Siapkan wajan anti lengket. Olesi permukaannya dengan minyak. Tuangkan setengah adonan pancake di wajan. Ratakan dengan garpu hingga adonan menjadi tipis lebar, tekan permukaan pancake selama proses penggorengan. Ketika pancake terlihat mulai matang, tuangkan 1/2 kocokan telur di tengah pancake dan ratakan di seluruh permukaan pancake. Goreng pancake dengan api sangat kecil. 

Balikkan pancake, goreng sisi sebelahnya hingga matang. Tambahkan minyak jika dibutuhkan untuk membuat pancake matang seluruhnya. 



Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/06/yachaejeon-pancake-sayuran-dan-seafood.html
 
Sponsored Links