-->

Kamis, 23 Juli 2015


Yep saya tahu cuaca sedang hujan, dan tentu saja dingin, dan tentu saja makanan atau minuman dingin bukanlah pilihan yang tepat. Namun jika makanan dingin tersebut selembut dan selezat strawberry frozen yogurt seperti yang satu ini siapa yang bisa menolaknya? Hm, mungkin anda akan menghindar atau memilih makanan hangat lainnya, namun terus terang sejak membuatnya minggu lalu maka hari-hari saya selalu dilewati dengan menyantap minimal satu cup kecil yogurt beku dengan cincangan strawberry yang manis ini. 

Biasanya, sepulang kantor saya akan duduk di sofa melepas lelah, mendengarkan cerita dan kegiatan Heni seharian itu sambil menyaksikan film India kegemarannya. Biasanya selalu ditemani dengan sepiring nasi hangat plus dengan aneka sayur atau lauk pauk yang dimasak asisten rumah saya tersebut. Biasanya menyantap dessert alias pencuci mulut selesai makan besar bukan merupakan kebiasaan saya. Namun sejak berhasil membuat yogurt beku sendiri dan hasilnya luar biasa memuaskan membuat aktifitas saya setiap malam menjadi bertambah. Mengudap frozen yogurt! ^_^


Frozen yogurt sempat booming beberapa waktu yang lampau, dimulai dari 'Sour Sally' yang membuka konter di berbagai mall, yang kemudian dengan cepat diikuti dengan aneka brand lainnya. Banyak rekan saya yang membicarakannya dan seakan-akan frozen yogurt menjadi trend tersendiri yang kudu wajib diikuti. Seiring dengan waktu, maka semarak yogurt beku ini pun menjadi berkurang. Jika dulu antrian tampak lumayan panjang di depan konter penjual maka sekarang terlihat sepi-sepi saja. Entah karena orang mulai merasa bosan atau mungkin rasa ingin tahu akan makanan ini sudah terpuaskan, yang jelas sudah jarang sekali gaungnya terdengar.

Biasanya frozen yogurt yang dijual di kios memiliki tekstur lembut mirip seperti ice cream cone yang banyak dijual di restoran cepat saji. Rasanya sedikit asam. Untuk membuatnya lebih menarik dan tidak terlihat plain maka rajangan buah atau aneka pelengkap lainnya seperti chocolate chips, permen bersalut gula, meses warna-warni dan aneka jelly ditaburkan di permukaannya. Harganya terbilang lumayan mahal hanya untuk satu cup yogurt beku yang jika kita buat sendiri di rumah akan jauh lebih murah biayanya.


Jika anda pernah membaca resep homemade ice cream mangga yang pernah saya posting sebelumnya, maka proses pembuatan frozen yogurt ini pun hampir sama. Jika pada ice cream mangga saya menggunakan krim kental yang dikocok hingga kaku dan dicampurkan dengan susu kental manis dan aneka buah, maka di yogurt beku ini saya menggunakan yogurt plain (tanpa rasa) yang saya mikser bersama dengan susu kental manis hingga lembut. Sebagai perasa maka saya menggunakan cincangan kasar buah strawberry yang asam. Hasilnya sungguh fantastic! Rasa asam manis yogurt bercampur dengan susu kental manis, sangat pas bersanding dengan strawberry yang asam membuat makanan ini sama sekali tidak membuat 'eneg' walaupun disantap dalam porsi banyak. Sepertinya buah dengan rasa asam atau asam sedikit manis sangat tepat untuk berkolaborasi dengan yogurt dan susu kental manis.

Sintya, teman saya yang singgah sejenak ke rumah Pete, berkesempatan untuk mencicipi satu mangkuk kecil frozen yogurt yang saya suguhkan dan langsung berkomentar takjub, Yummy! Rasa dan teksturnya sama seperti ice cream.

Es Krim Mangga [1]


Anda bisa menggunakan buah lainnya misalnya saja raspberry dan nanas. Saran saya gunakan buah yang tidak hanya melulu rasa manis yang mendominasi. Atau anda bisa juga membuat rasa coklat dengan menggunakan susu kental manis rasa coklat plus choco chips sebagai campurannya,  frozen yogurt yang anda hasilkan akan yummy rasanya. Gunakan yogurt yang memiliki tekstur yang padat, terlalu banyak air di dalam yogurt akan membuat frozen yogurt anda keras karena air di dalam yogurt akan berubah menjadi es batu ketika dibekukan. Jika anda tinggal di luar negeri, dimana Greek yogurt banyak diperjual belikan dengan harga yang murah, maka gunakan yogurt jenis tersebut. Greek yogurt memiliki tekstur padat dan super creamy yang akan membuat frozen yogurt menjadi lebih mantap. Sayangnya di Indonesia, yogurt jenis ini sangat mahal harganya dan hanya terdapat di supermarket tertentu saja. 

Jika anda merasa yogurt yang anda beli di supermarket, atau homemade yogurt yang anda buat sendiri terlalu lembek, banyak mengandung air, maka ada satu cara untuk membuatnya lebih padat yaitu dengan menyaringnya. Caranya cukup mudah, gunakan sehelai kain putih yang super tipis, letakkan di permukaan saringan kawat dan tuangkan yogurt ke permukaan kain. Simpulkan ujung kain dan letakkan saringan kawat ini di sebuah mangkuk, simpan di kulkas selama semalam. Keesokan paginya, sebagian besar air akan mengalir keluar dan meninggalkan yogurt yang lebih padat teksturnya. 


Untuk proses pembuatan frozen yogurt ini sangat mudah. Saya menggunakan mikser untuk mengocok yogurt dan susu kental manis. Tujuannya untuk membuat tensturnya menjadi smooth, bebas gumpalan dan tercampur merata. Anda mungkin bisa juga menggunakan blender untuk proses ini. Strawberry yang telah dicincang kasar (saya menggunakan chopper untuk mencincangnya) lantas dicampurkan ke dalam kocokan yogurt dan susu kental manis. Jika anda merasa strawberry yang anda gunakan terlalu asam rasanya maka setelah buah dicincang, tambahkan sekitar 2 - 3 sendok makan gula pasir dan diamkan selama beberapa menit. Baru kemudian strawberry dan air buahnya bisa dicampurkan ke dalam yogurt. Saya sendiri tidak melakukannya karena menurut saya susu kental manis di dalam yogurt cukup menetralisir rasa asam buah strawberry.

Satu hal yang perlu saya tekankan kala anda membuat frozen yogurt sendiri di rumah adalah testurnya yang keras kala baru saja keluar dari freezer. Jangan pernah membayangkan bahwa yogurt beku ini akan sama seperti yang anda beli di konter. Penjual frozen yogurt memiliki mesin khusus yang akan menjaga yogurt tetap smooth dan tidak keras sehingga mudah mengalir keluar dari dalam mesin ketika tombol ditekan. Nah agar mudah menyendokkan yogurt yang telah beku ini maka diamkan sejenak di suhu ruang hingga teksturnya menjadi sedikit lunak baru sendokkan yogurt menggunakan ice cream scoop atau sendok. Jika anda merendam sebentar ice cream scoop atau sendok stainless steel ini ke dalam air panas sebelum digunakan maka itu akan lebih memudahkan anda untuk mengeruk yogurt yang keras dan beku ini. 

Untuk teksturnya cukup lembut, dan jauh lebih lembut dibandingkan sorbet buah yang beberapa resepnya pernah saya posting di JTT.  Frozen yogurt ini tahan hingga satu bulan lamanya di dalam freezer dan anda bahkan juga bisa memasukkannya ke dalam kantung-kantung plastik kecil yang akan memudahkan si kecil untuk menyantapnya.

Berikut resep dan prosesnya ya.


Strawberry Frozen Yogurt

- 2 kotak strawberry, sekitar 40 - 50 buah ukuran kecil, cincang kasar

- 1 kaleng susu kental manis

- 1 pack plain yogurt (500 ml), saya memakai merk Biokul

Cara membuat:


Siapkan buah strawberry, cuci bersih dan buang tangkai dan daun buahnya. Cincang kasar. Saya menggunakan chopper untuk mencincangnya, anda bisa juga menggunakan  food processor.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan yogurt, kocok hingga smooth saja. Masukkan susu kental manis dan lanjutkan mengocok hingga tercampur baik.  Matikan mikser.


Masukkan strawberry cincang, aduk hingga rata dengan menggunakan spatula. Masukkan yogurt ke dalam wadah tertutup rapat dan bekukan di freezer selama semalam. 

Note: Anda juga bisa memasukkan yogurt ke dalam kantung-kantung plastik kecil atau cetakan popsicle.


Keluarkan yogurt dari kulkas jika telah beku, letakkan sejenak di suhu ruang hingga sedikit lunak dan mudah disendokkan. Super yummy!

References

  1. ^ Es Krim Mangga (www.justtryandtaste.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2015/02/strawberry-frozen-yogurt-dengan-3-bahan.html
 
Sponsored Links