-->

Kamis, 23 Juli 2015


Salah satu hal yang membuat saya kangen dengan Paron, sang kampung halaman, adalah tempenya. Kabupaten kecil ini selayaknya kabupaten lainnya di Ngawi memang terkenal akan produksi tempenya yang lezat. Umumnya toko-toko jajanan di Ngawi pasti menjual tempe yang telah diolah menjadi aneka keripik tempe yang renyah dan gurih. Berbeda dengan tempe di Jakarta yang berongga dan kempes, tempe produksi Paron padat dengan bulir kedelai yang utuh dan terasa pulen. Selama liburan disana, hampir setiap hari Ibu saya pasti menyajikan sepiring tempe goreng di rumah dan tak bosan-bosannya saya menyantapnya.
t.com/-Uk9bHS31HcA/TnC_Ln7uo2I/AAAAAAAADmY/UACmC_kK0qw/s1600/tumis+cumi+asin+1.jpg imageanchor=1>


Ketika mudik beberapa minggu yang lalu, tidak rela berpisah dengan tempe Paron, maka ketika kembali ke Jakarta saya pun mati-matian membawa beberapa papan tempe  yang masih mentah. Berbaur bersama dengan aneka pakaian di koper, sang tempe pun meluncur dengan aman ke rumah Pete dan singgah di dapur untuk dimasak menjadi aneka lauk. Sedap dipadu padankan dengan bermacam jenis makanan lainnya, salah satunya dengan cumi asin yang saya posting ini. Simple dan lezat. Mengingatkan saya dengan salah satu warteg di kantor lama di daerah Kuningan, Rasuna Said, yang tumis cumi asinnya selalu laris manis diserbu pembeli. 

Tumis cumi asin dan tempe ini sangat sedap untuk disantap bersama segunung nasi putih hangat. Tertarik untuk mencoba? Berikut resepnya ya.

Tumis Cumi Asin & Tempe

Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan & bumbu:

- 1 potong tempe berat 300 gram, potong dadu

- 200 gram cumi asin, rendam air dingin hingga empuk, remas-remas dan tiriskan, bilas hingga bersih

- 3 buah cabai hijau, potong melintang dengan ketebalan 1 cm

- 5 buah cabai rawit, iris melintang

- 4 buah bawang merah, iris tipis
- 2 buah bawang putih, iris tipis
- 3 lembar daun salam
- 1 ruas lengkuas, pipihkan
- 1 buah tomat merah atau tomat hijau lebih sedap
- 1 ruas jahe, pipihkan
- 1 sendok makan gula
- 1/4 sendok makan garam
- 1/2 sendok kecap manis
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 1 sendok makan minyak untuk menumis 
- 150 ml air

Cara membuat:



Panaskan minyak diwajan, tumis bumbu iris, daun salam, lengkuas dan jahe hingga harum dan terlihat berubah transparan. Masukkan tempe dan cumi asin, aduk rata. Tambahkan gula, garam, kecap manis, saus tiram dan kaldu bubuk. Aduk rata.

Masukkan air dan masak hingga air mendidih dan bahan matang. Tambahkan tomat, aduk hingga tomat layu. Cicipi rasanya dan angkat. Tumis cumi asin dan tempe siap disantap dengan nasi putih hangat. Yummy!


Source : http://www.justtryandtaste.com/2011/09/tumis-cumi-asin-tempe.html
 
Sponsored Links