-->

Kamis, 16 Juli 2015

- 3 butir cabai rawit, rajang halus
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh saus tiram

Bahan roti:
Bahan A untuk biang roti
- 100 ml air hangat kuku
- 2 1/2 sendok teh ragi instan (pastikan fresh dan cek masa kedaluarsanya)
- 130 gram tepung terigu protein tinggi (misal Cakra Kembar) 

Bahan B untuk adonan roti
- 250 gram tepung terigu protein tinggi (misal Cakra Kembar)
- 200 gram ubi jalar, serut kasar
- 80 gram gula pasir
- 2 1/4 sendok teh baking powder (pastikan fres, cek masa kedaluarsanya)
- 1/4 sendok teh garam
- 100 ml air hangat kuku
- 5 sendok teh mentega, suhu ruang

Cara membuat:
Membuat tumisan untuk isi


Siapkan wajan, panaskan minyak dan tumis cabai, bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan bawang bombay berubah warna menjadi transparan.  Masukkan ubi jalar yang diserut dan air, masak hingga ubi menjadi empuk dan air mengering. 

Tambahkan corned, semua bumbu, daun bawang, aduk rata dan masak sebentar. Terakhir masukkan daun bawang, aduk, cicipi rasanya dan angkat. Sisihkan dan biarkan hingga dingin.

Membuat adonan roti
Membuat biang roti:


Siapkan mangkuk kecil, masukkan air hangat dan ragi. Aduk hingga ragi larut. Pastikan air tidak terlalu panas, cek dengan mencelupkan jari anda ke dalam air, jika terasa nyaman baru air bisa digunakan. Air yang terlalu panas akan membuat ragi mati.

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan air ragi ke dalamnya. Aduk rata menggunakan spatula. Tutup permukaan mangkuk dengan kain bersih dan diamkan selama 15 menit. Adonan akan mengembang dan ketika di buka akan tampak seperti bersarang, berlubang-lubang penuh dengan udara.

Membuat adonan roti:


Siapkan mangkuk lainnya, masukkan terigu, garam, baking powder, gula pasir, aduk rata. Tambahkan bahan biang (A) dan air, aduk rata dengan spatula hingga menjadi adonan kasar. Menggunakan jari-jari tangan berlumur tepung, uleni adonan hingga menjadi lembut, lentur dan tidak menempel pada dasar mangkuk. Kira-kira 5 menit.

Siapkan meja datar, taburi tepung pada permukaan meja. Tuangkan adonan dan lanjutkan menguleni adonan hingga adonan benar-benar lemas dan kalis. Jika adonan terasa lengket, lumuri saja tangan anda dengan tepung selama menguleni.

Tambahkan mentega dan lanjutkan menguleni hingga adonan terasa lemas. 


Tuangkan ubi jalar serut ke permukaan adonan roti, dengan menggunakan kedua tangan campur adonan dan ubi hingga menjadi campuran yang rata. Jangan ragu-ragu kala mencampurkannya, gunakan ke-sepuluh jemari anda dengan gerakan meremas dan mengaduk hingga ubi tersebar rata dan terikat dengan adonan. 

Uleni kembali adonan hingga menjadi lemas dan lembut, sekali lagi jika adonan terasa lengket maka celupkan jemari tangan anda di tepung saat akan memulai menguleni. Jangan menaburkan tepung ke atas permukaan adonan, jika terpaksa karena adonan yang sangat lembek dan lengket maka taburkan saja tepung di meja kerja dan sisi-sisi adonan, kemudian uleni kembali adonan hingga lemas dan kalis.

Adonan yang terbentuk lemas dan lembut sekali dan sangat mudah dibentuk, adonan yang keras karena terlalu banyak tepung dan kurang air akan membuat roti menjadi kurang berongga dan memiliki tekstur yang keras.

Masukkan adonan ke dalam mangkuk beroles mentega, tutupi dengan kain dan diamkan selama + 1 jam hingga mengembang minimal 2 kali lipat. 


Jika telah mengembang, tuangkan kembali adonan di meja, bentuk menjadi batang panjang dan potong-potong menggunakan pisau menjadi 6 - 8 bagian yang memiliki berat yang sama. Kalau perlu anda timbang masing-masing bagiannya.

Bulatkan masing-masing potongan adonan dan tutup kain, biarkan mengembang 2 kali lipat. Pipihkan adonan di meja datar menjadi piringan lebar, isi dengan 3 sendok makan tumisan isi. Lipat dan gulung adonan hingga isi tidak terlihat.

Tata adonan ke dalam 2 loyang loaf dengan posisi lipatan di bagian bawah, lakukan hingga semua adonan roti dan isi habis. Tutupi permukaannya dengan kain, diamkan selama 15 menit kemudian kukus roti ke dalam dandang berisi air panas yang telah mendidih. Tutupi permukaan dandang dengan serbet bersih berwarna putih yang menyerap air. Kukus selama 25 menit.

Jika anda akan memanggangnya maka olesi permukaan roti dengan susu cair (bisa dibuat dengan melarutkan 1/2 sendok makan susu bubuk dengan 1 sendok makan air). Panggang di oven suhu 170'C selama 40 menit atau hingga permukaan roti terlihat coklat keemasan. Terlalu lama memanggang akan membuat roti menjadi kering dan kurang lembut. Keluarkan dari oven dan dinginkan.

Roti kukus siap disantap! Sedap! 

Sources:
Blog No-Frills Recipes - Steamed Bun - Pau[1]
Just Try & Taste - Roti Kukus Isi Ayam Pedas & Bawang Bombay[2]

References

  1. ^ Steamed Bun - Pau (cheah2009.blogspot.com)
  2. ^ Roti Kukus Isi Ayam Pedas & Bawang Bombay (justtryandtaste.blogspot.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2012/01/obsesi-roti-16-roti-kukus-ubi-jalar-isi.html
 
Sponsored Links