-->

Jumat, 24 Juli 2015


Jika kita berbicara mengenai mayonnaise maka gambaran utama yang kita dapatkan adalah saus yang digunakan untuk dressing aneka salad, berasa asam dan gurih. Tahukah anda ternyata selain lezat untuk dressing, mayonnaise juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat cake coklat? Bercanda kan? Ah tidak. Mayonnaise dengan bahan utama pembuatnya adalah minyak dan kuning telur mentah ternyata ketika berkolaborasi dengan coklat dan bahan pembuat cake lainnya akan menghasilkan cake yang super moist dan nendang. Tapi kan mayonnaise berasa asam! Ketika telah bercampur dengan gula di dalam adonan cake, rasa asam hilang tak berjejak sama sekali. Sebenarnya kalau ditelaah lebih lanjut bahan pembuat mayonnaise mirip-mirip dengan bahan pembuat cake, dan seringkali jus lemon (pemberi rasa asam di mayonnaise) juga ditambahkan di dalam adonan cake, jadi tidak aneh rasanya jika mayonnaise bisa juga digunakan sebagai salah satu komponennya.

Bagaimana jika tidak memiliki mayonnaise di dapur? Ah jangan khawatir, anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang sangat mudah. Jika menggunakan food processor, anda hanya memerlukan waktu sekitar lima menit saja untuk menciptakannya. Untuk melihat resep dan prosesnya, silahkan klik link di sini[1] ya, di artikel tersebut  saya telah jelaskan betapa mudahnya membuat saus lezat yang satu ini.

Tidak jelas siapa yang pertama kali mencetuskan ide membuat cake dengan menggunakan mayonnaise, namun yang jelas cake ini telah cukup lama populer di US. Rasanya yang lezat, bahan yang simple dan proses pembuatannya yang sangat mudah menjadi penyumbang utama mengapa cake ini harus anda coba di rumah. Telur dan gula cukup dimikser menjadi satu hingga kental, kembang dan berwarna putih pucat. Tahapan ini dikenal dengan nama rib[2]bon stage atau tahapan pita, tandanya ketika pengocok anda angkat maka adonan jatuh ke permukaan dan membentuk jejak lingkaran seperti gulungan pita yang dijatuhkan ke lantai, sekian detik kemudian jejak lingkaran ini menghilang. Jika adonan belum terbentuk tekstur yang seperti ini maka kocok kembali hingga terbentuk tekstur yang diinginkan. [3]

Beberapa pembaca JTT sering kali menanyakan ke saya berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat adonan yang mengembang dan kental jika menggunakan mikser. Terus terang saya tidak berani memberikan satu angka waktu yang pasti karena kembali ke mikser yang anda miliki masing-masing. Beda mikser akan memberikan waktu yang berbeda, mikser heavy duty yang mampu digunakan untuk mengocok adonan roti akan memberikan waktu lebih singkat dibandingkan dengan mikser umum seperti yang saya gunakan. Saran saya adalah perhatikan perubahan tekstur adonan dan yep feeling terkadang juga berperan dalam proses baking. ^_^


Cake ini saya buat menjadi dua lapisan karena itu adonan saya pisahkan di dalam 2 buah loyang yang sama. Jika anda hanya ingin membuat cake dalam 1 loyang maka gunakan loyang yang lebih tinggi dari yang saya gunakan. Cake akan mengembang saat dipanggang namun ketika mendingin permukaannya akan turun sehingga tidak terlalu tinggi naiknya. Teksturnya padat, lembut, moist dan legit. Anda bisa menggunakan frosting coklat untuk melapisi antar cake dan bagian permukaanya walau saya akui tanpa frosting rasanya lebih mantap. Atau jika kebetulan saat ini anda memiliki cream cheese di rumah tidak ada salahnya bereksperimen menggunakan cream cheese kocok yang ditambahkan gula bubuk di dalamnya. Hmm, yummy!

Bagi penggila coklat, cake coklat mayonnaise ini bisa menjadi satu alternatif cake untuk dicoba dan saya pastikan anda tidak akan menyesal meluangkan waktu untuk membuatnya. Untuk mayonnaisenya anda bisa menggunakan mayonnaise siap pakai yang banyak dijual di supermarket dengan aneka merk, gunakan jenis mayonnaise yang pekat konsistensinya, bukan jenis yang encer.

Satu hal lagi, walau homemade mayonnaise yang saya buat mengandung merica dan mustard di dalamnya namun ketika telah menjelma menjadi cake coklat semua rasa itu musnah tak berjejak. Tertarik untuk turut mencicipinya? Berikut resepnya ya. 


Chocolate Mayonnaise Cake

Bahan:

- 260 gram tepung terigu serba guna

- 6 sendok makan bubuk coklat (saya pakai Bensdorp)

- 1 sendok teh baking soda

- 1 sendok teh baking powder double acting, pastikan fresh

- 150 - 200 gram gula pasir

- 3 butir telur

- 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh vanili bubuk

- 200 gram mayonnaise, klik disini untuk pembuatan homemade mayonnaise[4]

- 250 ml air hangat

- 100 gram chocolate chips atau cincangan coklat blok/DCC (optional)

Untuk resep frosting-nya silahkan klik di JTT Cake Coklat Pisang[5]

Cara membuat:

Siapkan oven, panaskan disuhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan dua buah loyang bulat dengan garis tengah 20 cm tinggi 5 cm. Olesi mentega dan taburkan tepung pada permukaanya atau alasi dengan kertas baking. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, ayak jadi satu tepung terigu, coklat bubuk, baking soda dan baking powder. Sisihkan. 

Siapkan mangkuk mikser. Masukkan telur, gula dan vanila ekstrak, kocok dengan speed rendah hingga bahan tercampur kemudian ganti menjadi kecepatan tinggi dan kocok hingga adonan berubah menjadi putih, mengembang dan sangat kental (ribbon stage)

Note: Waktu pengocokan bervariasi tergantung mikser yang anda gunakan, karena itu untuk hasil yang tepat sebaiknya anda perhatikan tekstur adonan yang terbentuk. Tahapan ini dikenal dengan nama ribbon stage, ketika pengocok atau spatula diangkat maka adonan akan jatuh perlahan ke wadah dan membentuk pola lingkaran pita di permukaan adonan, setelah beberapa detik pola ini kemudian menghilang. Jika belum terbentuk tekstur yang seperti ini lanjutkan kembali mengocok. 

Rubah kecepatan mikser menjadi paling rendah dan masukkan mayonnaise dalam beberapa tahapan dan kocok hingga tercampur rata. 

Secara bertahap masukkan secara berselang-seling antara tepung dan air hangat, awali dengan memasukkan tepung dan akhiri dengan tepung juga. Kocok dengan kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur baik, matikan mikser. 



Bagi adonan menjadi dua bagian yang sama banyaknya ke dalam masing-masing loyang yang telah disiapkan. Taburi choco chips atau cincangan coklat blok pada permukaannya. Panggang selama 20 menit atau test dengan lidi jika tidak ada adonan yang melekat maka cake telah matang. Dinginkan cake selama 10 menit dan keluarkan dari loyang. Biarkan hingga cake benar-benar dingin sebelum melapisinya dengan frosting.

Note: untuk menghindari choco chips tenggelam taburkan saat cake akan dipanggang. 




Letakkan cake dalam dua buah piring, olesi permukaan piring pertama dengan frosting coklat. Tumpukkan cake kedua di atasnya. Olesi permukaan paling atas cake dengan frosting coklat. Biarkan hingga frosting mengeras, paling mudah dengan menyimpannya di dalam kulkas. 

Jika frosting telah mengeras, potong-potong cake dan siap disantap. Yummy!

Source:
Blog Dying for Chocolate - Chocolate Mayonnaise Cake[6]
E-How.c0m - What are Ribbons in Baking Terms?[7]
 

References

  1. ^ di sini (www.justtryandtaste.com)
  2. ^ rib (www.ehow.com)
  3. ^ bon stage (www.ehow.com)
  4. ^ disini (www.justtryandtaste.com)
  5. ^ JTT Cake Coklat Pisang (www.justtryandtaste.com)
  6. ^ Chocolate Mayonnaise Cake (dyingforchocolate.blogspot.com)
  7. ^ What are Ribbons in Baking Terms? (www.ehow.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/05/chocolate-mayonnaise-cake-menikmati.html
 
Sponsored Links