-->

Minggu, 05 Juli 2015


Beberapa waktu yang lalu, sewaktu Ibu saya kembali dari Riau dan mampir sejenak di rumah Pete, beliau sempat membawakan saya oleh-oleh berupa ikan baung yang dimasak asam padeh. Ikan baung yang masih sekerabat dengan ikan lele ini memiliki ukuran kepala yang besar dengan moncong bersungut sebagaimana halnya lele. Nah, ikan baung dari Duri yang dimasak asam padeh ini berukuran super besar hampir seukuran lengan saya. Hmm, perlu anda ketahui ukuran lengan di keluarga saya cukup jumbo bahkan terbilang rada-rada tidak normal yang acap kali membuat kami (terutama para cewek) sering tidak pede dan selalu menyembunyikannya di dalam baju berlengan panjang. Anda sudah bisa membayangkan besarnya si ikan baung yang sedang saya ceritakan? Belum? Okeh, saran saya coba anda bayangkan besarnya talas Bogor. Yep! Segitulah ukuran lengan saya, uppss maksud saya ukuran si ikan baung. ^_^

Kembali ke asam padeh ala Duri yang hendak saya deskripsikan ini. Asam padeh yang satu ini memang istimewa, ikan baung dalam potongan-potongan besar dimasak dalam kuah kental merah jingga yang terasa asam segar dan super pedas. Saya yang maniak pedas harus mengakui, masakan yang satu ini benar-benar hot. Walau masih nyaman di mulut namun sama sekali tidak nyaman di perut yang artinya sudah bisa anda ketahui sendiri kan? Proses pencernaan tiba-tiba bekerja luar biasa cepat dan toilet pun mendadak ramai pengunjungnya. Namun itu semua tidak menghalangi niat kami untuk menyantap sepanci besar ikan, ehem.... sepanci besar?! Yep, sepanci besar ikan baung asam padeh ini memang layak untuk dicoba dan disikat hingga tetes kuah terakhir. Bagi anda yang masih belum mendapatkan bayangan bagaimana bentuk asam padeh ikan baung ala Duri maka di bawah ini saya sertakan foto hasil jepretan amatiran ala saya beserta tentu saja pancinya. ^_^
Sepanci baung asam padeh

Terilhami masakan asam padeh dari Duri maka saya pun lantas mencoba membuat versi ala Pete-nya. Ikan yang digunakan tentu saja bukan baung karena bagaimana mungkin saya bisa mendapatkan ikan jenis ini di Jakarta? Saya pun lantas menggantinya dengan ikan kuwe, satu-satunya ikan yang masih tersisa di kulkas. Anda tentu saja bisa menggunakan jenis ikan lainnya seperti tongkol, kembung atau tuna. Rahasia warna jingga menyala pada masakan ini (menurut saya) pada penggunaan cabai merah kering yang digiling halus. Sebenarnya saya jarang menggunakan jenis cabai merah kering, namun membaca beberapa resep-resep dari negeri Jiran dan dari daerah Sumatera, sepertinya penggunaan cabai merah kering akan menciptakan warna merah yang lebih menyala dibandingkan cabai merah segar. Resep asam pedas ala saya ini mungkin tidak sama dengan yang digunakan di Duri namun rasa dan tampilannya hampir mirip. ^_^

Berikut resepnya ya.

Asam Pedas Ikan Kuwe

Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:

- 1 ekor ikan kuwe, berat sekitar 400 gram, siangi, cuci bersih dan potong menjadi 4 bagian.  
- 5 buah belimbing wuluh, belah dua memanjang
- 2 buah tomat merah, belah 4
- 400 ml air

Bumbu, dihaluskan:

- 4 siung bawang merah

- 2 siung bawang putih
- 2 ruas jahe

- 2 genggam cabe merah kering, rendam air panas agar empuk
- 1 1/2 sendok teh terasi, bakar
- 2 ruas kunyit
- 1/2 sendok teh merica butiran
- 3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu lainnya:
- 3 batang serai, memarkan
- 5 lembar daun jeruk
- 2 sendok teh garam
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 4 sendok makan air asam Jawa (rendam sebongkah asam dengan air hingga daging asam lunak, remas-remas dan saring airnya).

Cara membuat:


Panaskan minyak di wajan, masukkan bumbu halus, tumis hingga bumbu berubah warna dan harum baunya. Tandanya bumbu matang. Masak hingga bumbu kering dan terlihat berminyak. Masukkan  serai dan daun jeruk, aduk.

Notes: Minyak yang banyak memang akan membuat bumbu matang, berwarna merah gelap dan tidak mudah gosong. Jadi tambahkan minyak sesuai selera anda saat menumis bumbu.

Tuangkan air ke dalam bumbu, masak hingga air mendidih. Tambahkan kaldu bubuk, gula, garam, aduk rata. Masukkan ikan. Masak hingga ikan setengah matang.


Masukkan air asam Jawa, belimbing wuluh dan tomat. Aduk dan masak hingga semua bahan matang. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa gula, garam dan asam. Kuah harus terasa asam, asin dan sedikit manis. Angkat dan hidangkan. Asam pedas ikan kuwe ini lezat disantap dengan nasi putih. Yummy!


Source : http://www.justtryandtaste.com/2012/06/asam-pedas-ikan-kuwe-slurrrpp-hingga.html
 
Sponsored Links