-->

Rabu, 17 Juni 2015


Selama ini setiap kali berkeinginan membuat cake saya pasti telah membayangkan setumpuk cucian piring yang seakan tak habis-habisnya. Memasaknya memang menyenangkan apalagi menyantapnya yang hanya dalam sekejap, tetapi mencuci perabotan kotornya? Hmm, nanti dulu. Apalagi di rumah Pete tidak ada asisten yang membantu urusan yang satu ini. Jika anda sama seperti saya, suka memasak dan membuat cake atau kue tetapi malas mencuci piring, maka resep cake coklat yang saya tampilkan ini mungkin bisa menjadi alternatif di rumah. Cake ini tidak membutuhkan banyak wadah untuk membuatnya, anda tidak perlu mengeluarkan mikser dan aneka mangkuk sebagaimana cake umumnya karena semua bahan dimasukkan ke dalam loyang, aduk rata dan panggang atau kukus. Cake coklat nan lezat pun terhidang.

Selain prosesnya yang mudah, cake ini juga bebas kolesterol karena tidak menggunakan telur dan rendah akan kalori karena minus mentega, akan lebih baik lagi jika anda menggunakan minyak canola atau minyak zaitun seperti yang saya lakukan. Lantas bagaimana rasanya? Jangan khawatir, walau tidak menggunakan telur dan mentega sebagaimana cake umumnya, rasa cake ini tetap lezat, lembut dan cukup moist. Jadi, jika anda bisa membuat cake coklat yang sedap dengan cara mudah dan murah mengapa harus mencari jalan yang rumit dan mahal? Toh hasilnya tidak jauh berbeda. Namun jika anda ingin cake ini lebih berat dan rasanya lebih nendang memang menambahkan telur dan mengganti minyak zaitun/canola dengan mentega merupakan alternatif lainnya yang bisa dilakukan. Tambahkan saja satu atau dua butir telur kocok ke dalam adonan dan aduk rata, sementara menteganya anda cairkan dulu ya sebelum dicampurkan dengan adonan lainnya. 

Jika anda tidak memiliki loyang teflon anti lengket seperti yang saya gunakan maka anda bisa memakai loyang biasa saja. Olesi loyang dengan mentega dan taburi dengan tepung, kemudian bahan-bahan cake anda campurkan ke dalam wadah terpisah, baru kemudian dimasukkan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Tentu saja dengan cara ini bukan hanya satu wadah yang harus anda cuci melainkan dua wadah. Jika memanggangnya cukup merepotkan bagi anda maka cake ini mantap juga untuk dikukus, hasilnya pastinya akan lebih moist dan lembut. Kukus dalam dandang yang telah dipanaskan sebelumnya, tutup permukaan dandang dengan kain bersih baru ditutup rapat dengan penutup kukusan. Kukus selama + 45 menit tanpa penutup kukusan dibuka. Kunci sukses cake seperti ini adalah pada baking powder yang anda gunakan, jadi usahakan untuk menggunakan yang berkualitas dan mempunyai sifat double acting baking powder. Anda bisa klik artikel saya sebelumnya di Mengenal Baking Powder dan Baking Soda di sini[1] untuk mengetahui jenis dan sifat baking powder sebelum membuatnya.

Untuk buah hati anda, cake ini lezat menemani segelas susu atau teh hangat. Jadi, yuk kita buat saja ^_^ 

Berikut resepnya ya. 

Chocolate Cake Pan-Cake

Resep diadaptasikan dari website King Arthur Flour - King Arthur Flour's Original Cake-Pan Cake[2] [3]

Untuk 1 loyang cake diameter + 23 cm

Bahan:
- 165 gram tepung terigu protein rendah atau sedang (Misal merk Kunci Biru atau Segitiga Biru)
- 200 gram gula pasir
- 30 gram coklat bubuk, gunakan coklat bubuk dengan kualitas yang baik
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kopi bubuk espresso, optional (saya tidak pakai)
- 1 sendok teh baking powder

- 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/4 sendok teh vanili bubuk

- 1 sendok makan vinegar, bisa diganti dengan perasan air jeruk lemon/nipis
- 85 ml minyak zaitun/canola atau minyak sayur biasa
- 250 ml susu cair dingin (bisa melarutkan 3 sendok makan susu bubuk dengan air biasa)

Cara membuat:
Panaskan oven, set di suhu 175'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven.

Siapkan loyang (anti lengket lebih baik), ayak jadi satu: tepung terigu, coklat, garam, baking powder langsung ke dalam loyang. Tambahkan gula pasir dan aduk rata. Buat 3 lubang di tepung menggunakan ujung spatula. Tuangkan minyak zaitun, vanilla ekstrak, dan vinegar ke masing-masing lubang yang kita buat. 


Kemudian tuangkan susu cair dingin ke seluruh bahan yang terdapat di dalam loyang. Menggunakan garpu atau spatula aduk menjadi satu semua bahan hingga tercampur merata.

Panggang adonan ke dalam oven selama 30 -35 menit atau jika kukus sekitar 45 menit. Tes dengan  tusuk gigi atau tusuk sate apakah cake telah benar-benar matang. Potong-potong cake selagi berada di dalam loyang dan hidangkan hangat-hangat langsung dari loyangnya. Mantap!

Source:
Website King Arthur Flour - King Arthur Flour's Original Cake-Pan Cake[4]

References

  1. ^ di sini (justtryandtaste.blogspot.com)
  2. ^ King Arthur Flour's Original Cake-Pan Cake (www.blogger.com)
  3. ^   (www.blogger.com)
  4. ^ King Arthur Flour's Original Cake-Pan Cake (www.kingarthurflour.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2011/08/membuat-cake-coklat-praktis-dalam-satu.html
 
Sponsored Links