-->

Jumat, 19 Juni 2015

Pages

Double Chocolate Carrot Brownies - Brownies Wortel dengan Coklat Melimpah


Sudah lama sekali saya berwacana untuk melakukan aksi bersih-bersih pada kulkas saya di rumah. Tumpukan aneka bahan makanan untuk membuat roti, kue dan segala macam ide makanan lainnya sudah tak terhitung banyak dan lamanya tersimpan disana hingga saya yakin sekali sebagian besar masuk ke dalam label kedaluarsa. Satu hal yang paling membuat Ibu saya kesal adalah kebiasan saya menumpuk dan mengumpulkan sesuatu, entah itu bahan makanan atau barang, untuk kemudian melupakannya. Saya sendiri benci dengan sifat saya ini namun seringkali saya ulangi setiap kali berkunjung ke supermarket atau pasar. Contohnya seperti tadi malam, saya baru tersadar kalau ternyata saya memiliki 5 bungkus santan kental instan. Ini karena setiap kali ide makanan yang menggunakan santan terlintas di kepala maka saya pun lantas membelinya dan lupa ternyata di rumah saya masih memiliki persediaannya. Hmm, akan saya apakan santan sebanyak itu? Sementara saya jarang memasak makanan bersantan. ^_^




Sebagian santan akhirnya saya gunakan untuk membuat ayam goreng tulang lunak yang kemarin saya posting resepnya di JTT, sebagian lagi saya pakai untuk membuat brownies wortel choco chips ini. Resep aslinya seharusnya menggunakan zucchini, tetapi karena saya memiliki banyak wortel di kulkas maka saya ganti dengan wortel. Nah untuk penggunaan santan, sstttt.... sebenarnya brownies ini tidak memakai santan sama sekali. Tapi saya tambahkan 60 ml santan kental instan. Lho justru jadi nggak sehat dong?. Ehem, yep, yeah, tapi duh rasanya yummy sekali! Cara berkelit untuk menghibur diri yang sebenarnya tidak meyakinkan karena rasa berdosa itu tetap ada. ^_^ Namun jangan khawatir, jika anda menghindari santan dan ingin brownies yang lebih sehat maka saya tetap cantumkan versi aslinya di bawah.   



Nah, ketika sedang asyik mengumpulkan bahan-bahan brownies, saya pun baru tersadar jika coklat bubuk yang menjadi salah satu bahannya tidak ada di dapur saya.  Jika anda tidak memiliki coklat blok maka brownies ini tetap yummy dengan coklat bubuk biasa, bahkan sebenarnya resep aslinya memang hanya menggunakan coklat bubuk. Karena seringnya si coklat bubuk saya pakai untuk membuat susu coklat maka ketika dibutuhkan saya kerepotan sendiri, akhirnya saya ganti dengan coklat blok yang dicairkan dengan cara di tim.  Hasilnya mantap!



Proses pembuatan brownies ini sangat mudah sekali, seperti biasa semua bahan cukup dicemplungkan menjadi satu, aduk rata dan panggang. Jangan lupa untuk menggunakan baking powder yang double acting ya, agar brownies mengembang dengan baik. Untuk wortelnya, serut kasar wortel menggunakan parutan rujak serut atau food processor jika anda memilikinya. Setelah berkolaborasi dengan coklat dan bahan lainnya, brownies ini tidak berasa wortel sama sekali. Legit, lembut, lezat dan nyoklat banget! Sekian lamanya saya absen membawa kue ke kantor maka hari ini brownies ini laku keras ketika para tester menyerbu dan semua mengatakan Enak!!. ^_^

Berikut resepnya ya.



Double Chocolate Carrot Brownies - Brownies Wortel dengan Coklat Melimpah
Untuk  1 loyang cake ukuran 23 x 23 cm

Bahan:
- 310 gram tepung terigu serba guna (saya pakai merk Segitiga Biru Bogasari)
- 1 sendok teh vanili bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh baking powder (gunakan yang double acting, fresh dan cek masa kedaluarsanya)
- 1/2 sendok teh kopi instan (saya pakai Nescafe), ayak menggunakan saringan yang halus. Bisa skip jika tidak suka.
- 2 butir telur ukuran besar
- 60 ml santan kental instan (versi asli 60 ml madu)
- 150 gram gula pasir (versi asli 150 gram brown sugar)
- 60 gram gula palem (versi asli tidak ada)
- 120 ml minyak zaitun (bisa diganti minyak sayur biasa atau margarine/mentega cair)
- 150 gram coklat blok lelehkan dengan cara di tim (versi asli 40 gram coklat bubuk, campurkan coklat bubuk di tepung)
- 250 - 300 gram wortel serut kasar
- 150 gram choco chips

Cara membuat:
Siapkan oven, set disuhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Olesi loyang dengan mentega dan taburi dengan tepung. Alasi dasar loyang dengan kertas minyak/kertas baking, sisihkan.



Siapkan mangkuk, masukkan bahan-bahan kering: tepung terigu, vanili bubuk, kopi instan, garam, baking powder dan coklat bubuk (jika menggunakan coklat bubuk, saya menggunakan coklat blok). Aduk rata menggunakan spatula atau ayak menggunakan saringan. Sisihkan. 

Note: Jika anda menggunakan kopi instan, pastikan untuk menggerus kopi di dalam saringan sehingga kopi benar-benar halus ketika tercampur dengan bahan kering.

Siapkan mangkuk, masukkan bahan basah: telur, gula, minyak sayur dan santan instan. Kocok semua bahan hingga menjadi adonan smooth, bisa menggunakan mikser atau menggunakan kocokan balon. Saya menggunakan kocokan balon. 



Masukkan tepung terigu, aduk rata menggunakan spatula. Tambahkan wortel serut, coklat blok leleh dan choco chips, aduk rata. 

Jika anda menggunakan mikser, cukup masukkan bahan basah proses sebentar hingga smooth dengan kecepatan sedang, kurangi kecepatan mikser menjadi paling rendah dan masukkan tepung sedikit-sedikit hingga tercampur rata. Matikan mikser.



Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya dan panggang selama 40 menit atau test dengan tusuk gigi, jika tidak ada adonan yang menempel maka brownies telah matang. Keluarkan dari oven dan dinginkan. 

Balikkan brownies di rak kawat dan siap dipotong. Yummy!

Source:
 
Sponsored Links