-->

Senin, 22 Juni 2015


Okeh, kembali ke cake bit. Cake ini sangat mudah dibuat, mengembang dengan cantiknya dengan tekstur yang lembut. Untuk membuatnya maka parut umbi menggunakan parutan rujak serut agar tetap memberikan tekstur pada cake. Saya menyerahkannya ke food processor untuk pekerjaan ini. Cepat, praktis dan tidak membuat tangan menjadi merah merona. Kali ini telur dan gula saya kocok dengan mikser hingga mengembang, pucat dan kental, semua bahan kemudian tinggal dimasukkan ke adonan dan aduk rata. Kali ini saya memanggangnya di oven namun jika anda bertanya apakah bisa dikukus, saya yakin cake ini bisa dikukus hanya saja kali ini saya tidak mencobanya. Agar menarik maka permukaan cake saya siram dengan larutan gula bubuk yang saya beri sedikit essens rhum. Rasanya? Hmm, cake ini lembut dan sama sekali tidak ada rasa bit di dalamnya. So yummy! 

Resep glaze hasil modifikasi sendirispan>

Untuk 1 loyang cake tulban diameter 23 cm

Bahan:

- 4 butir telur ayam, suhu ruang 

- 350 gram gula pasir 

- 250 ml minyak goreng (bisa diganti dengan mentega/margarine cair)

- 250 gram tepung terigu serba guna (misal Segitiga Biru)

- 1/2 sendok teh garam

- 1/2 sendok teh vanili bubuk atau 1 sendok teh vanili ekstrak

- 2 sendok teh baking powder (pastikan fresh, cek masa kedaluarsa, sebaiknya gunakan double acting baking powder, dan sendok ukur yang benar)

- 1/2 sendok teh baking soda

- 1 1/2 sendok teh kayu manis bubuk

-  5 buah bit berat + 400 gram, kupas dan serut kasar

- 200 gram kacang mete/walnut cincang (saya tidak pakai)

Bahan sugar glaze (larutan gula):

- 150 gram gula halus (proses gula pasir di blender hingga menjadi tepung)

- 3 -4 sendok makan susu cair

- 1/2 sendok makan mentega cair

- 1/2 sendok teh essense rhum

- 1/2 sendok teh vanila ekstrak (skip jika tidak ada) 

Cara membuat:

Siapkan oven, set disuhu 175'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang tulban diameter 23 cm. Anda bisa pakai loyang segi empat ukuran 23 x 23 cm. Olesi mentega dan taburi tepung pada permukaannya. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, garam, vanili bubuk, baking powder, baking soda dan kayu manis bubuk. Aduk rata atau ayak jadi satu.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur dan gula ke dalamnya. Kocok dengan speed tinggi hingga putih, kental dan mengembang. Tambahkan minyak lanjutkan mengocok hingga minyak tercampur rata. Turunkan kecepatan mikser menjadi paling rendah. Tuangkan tepung terigu dalam 3 tahapan, teruskan kocok hingga terigu tercampur baik dengan adonan. Matikan mikser. 

Tuangkan parutan bit, aduk menggunakan spatula hingga tercampur baik. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya dan panggang selama 45 - 50 menit atau hingga cake matang. Test dengan tusuk lidi, jika tidak ada adonan yang menempel di lidi maka cake telah matang. 

Keluarkan cake dari oven, biarkan sejenak agar uap panasnya menghilang. Balikkan cake di rak kawat. Kita akan menuangkan larutan gula di permukaannya. 

Membuat glaze:

Tuangkan semua bahan di mangkuk, aduk rata dengan sendok hingga menjadi adonan yang smooth. 

Letakkan rak kawat berisi cake diatas loyang datar,  gunanya agar larutan gula yang menetes bisa mengalir ke loyang. Tuangkan larutan gula ke permukaan cake menggunakan sendok. Gunakan kreatifitas anda, tidak perlu dirapikan biarkan cairan gula mengalir sendiri untuk menghasilkan permukaan yang smooth. 

Gula yang jatuh ke loyang bisa anda ambil lagi dan siramkan ke cake. Biarkan gula mendingin dan mengeras.  

Nah sekarang potong-potong cake sesuai selera. Siap disantap. Masih tidak doyan dengan bit? Hmm, teman kantor saya bahkan tidak ada yang tahu jika bit yang saya masukkan ke dalam cake. Komentar mereka? Yah seperti biasa, enaaaakkkkk! ^_^  

Sources:

Wikipedia - Beetroot[1]

References

  1. ^ Beetroot (en.wikipedia.org)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2012/05/beetroot-cake-jangan-tolak-sebelum-anda.html
 
Sponsored Links