-->

Selasa, 21 April 2015


Saat pertama kali membaca resep cake ini, kesan pertama yang saya dapatkan adalah rasa pesimis dan skeptis.  Ah, masa iya sih sebegitu mudahnya? Karena itu resep ini pun lantas saya lupakan dan terkubur bersama dengan puluhan resep lainnya. Tetapi ketika kemarin saya membuka-buka kembali kumpulan draft postingan yang berderet panjang, saya kembali teringat dengannya dan tentu saja dengan dua buah apel Fuji yang tersimpan di kulkas sejak dua minggu yang lalu. Hmm, satu tambah satu sama dengan dua, resep cake yang mudah plus apel yang tersedia sama dengan cake apel yang yummy. Nah, cerita akhirnya pun mudah ditebak, walaupun saya sudah tergeletak dengan nyaman di tempat tidur, saya pun tetap menyeretkan kaki saya ke dapur. Bagi anda yang bukan beginner seperti saya dalam urusan buat membuat cake, maka saran saya jangan mencoba membuat cake ini, karena terlalu mudah. ^_^


Mengapa saya katakan sangat mudah? Karena bahan-bahan cake ini cukup diaduk saja menjadi satu dan sama sekali tidak menggunakan bahan pengembang. Di instruksi aslinya cake ini bahkan tidak menggunakan mikser sama sekali untuk mencampur adonan, tetapi jika anda pemalas seperti saya maka mikser menjadi pembantu yang mempermudah pekerjaan. Cake ini memiliki tekstur yang padat hampir seperti brownies namun sama sekali tidak bantat. Bagi saya pribadi, kue ini tidak bisa dibilang fantastis rasanya, namun pagi ini ketika saya bawa ke kantor untuk menyambut bulan puasa (yang berarti tidak akan ada cake atau kue yang akan saya bawa ke kantor selama 1 bulan ^_^), para tester kelaparan di kantor mengatakan enak! Namun tentunya, anda tahu sendiri kan bagaimana indra pengecap mereka? 

Untuk membuat cake ini saran saya adalah gunakan apel yang keras, seperti Granny Smith atau Fuji sehingga ketika di panggang apel tidak terlalu lunak. Agar rasanya lebih nendang  maka potongan apel saya taburi dengan bubuk kayu manis. Hmm, saya rasa mungkin bukan ide jelek juga jika di dalam adonannya ditambahkan dengan potongan kacang-kacangan dan bumbu spekuk atau rempah-rempah seperti bubuk kayu manis, cengkeh dan pala. Bagi anda yang ingin mendapatkan inspirasi membuat cake mudah dan cepat, maka cake ini bisa menjadi pilihan. Berikut resepnya ya. ^_^

Upside Down Apple Cake

Untuk 1 loyang cake diameter 20 cm

Bahan:

- 2 butir apel, saya pakai jenis Fuji, kupas, iris dengan ketebalan 1 cm. Taburi dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis, sisihkan.

- 4 butir telur, suhu ruang

- 200 gram mentega

- 200 gram tepung terigu

- 200 gram gula pasir

- seujung kuku garam

- seujung kuku vanili bubuk atau 1/2 sendok teh vanila ekstrak

Cara membuat:

Panaskan oven di suhu 165'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang bulat diameter 20 cm. Olesi mentega dan taburi tepung pada permukaannya. 

Tata apel di dasar loyang hingga potongan apel mengelilingi loyang. Sisihkan.


Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega dan gula pasir, kocok dengan speed rendah hanya agar tercampur saja dan mentega menjadi lembut. Tambahkan telur satu persatu dan teruskan mengocok hingga telur tercampur rata dengan mentega. 

Masukkan tepung, vanili bubuk dan garam, kocok hingga rata. Adonan yang terbentuk pekat dan kental. Tuangkan adonan ke atas permukaan apel, ratakan dengan spatula agar adonan tersebar rata dan smooth permukaannya. 

Panggang selama 45 menit hingga permukaannya coklat keemasan, tusuk dengan lidi untuk mengetes kue benar-benar matang. Keluarkan dari oven, biarkan uap panasnya hilang kemudian balikkan cake di piring. Taburi permukaan cake dengan gula bubuk (optional) dan potong-potong sesuai selera. Yummy!

Source:
Blog Musketnuss - Upside Down Apple Cake[1]

References

  1. ^ Upside Down Apple Cake (musketnuss.wordpress.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2012/07/upside-down-apple-cake-jangan-dicoba.html
 
Sponsored Links