-->

Jumat, 09 Oktober 2015


Masih ingat dengan artikel homemade cream cheese yang beberapa waktu yang lalu saya posting? Lupa? Nah mungkin link ini bisa menyegarkan ingatan anda kembali, silahkan klik disini [1]ya. Terkadang jika saya mencoba sesuatu, dorongan tersebut bukan karena saya membutuhkannya tapi lebih karena saya suka tantangannya. Ada kepuasan tersendiri ketika berhasil membuktikan satu resep. Contohnya saat saya membuat homemade cream cheese minggu lalu. Ketika semangkuk cream cheese telah berhasil saya buat, sekarang saya pun puyeng sendiri harus saya apakan cream cheese ini, sementara masa kedaluarsa cream cheese made in sendiri lebih pendek dibandingkan versi supermarketnya. 


Sebenarnya banyak sekali resep yang menggunakan cream cheese sebagai salah satu komponen bahannya, dan yang paling umum tentu saja cheese cake. Tapi membayangkan membuat cheese cake yang lama dan ribet akhirnya saya urungkan niat tersebut, sebagai gantinya saya justru membuat prol tape yang menurut salah satu saran pembaca JTT rasanya akan jauh lebih nendang jika ditambahkan cream cheese. Kunjungan singkat ke pasar di dekat rumah, saya pun berhasil mendapatkan segepok tape singkong yang sayangnya kurang manis dan agak sedikit keras. Dengan modal nekat dan sedikit memaksa, akhirnya prol tape yang sekian lama hanya menjadi angan-angan berhasil diwujudkan.^_^

Homemade Cream cheese
Terus terang saya belum pernah mencicipi prol tape yang benar-benar nendang, dan sama sekali tidak memiliki gambaran seperti apa sih prol tape yang enak dan lezat. Menurut saya kue ini terasa biasa-biasa saja, bukan jenis kue favorit saya. Namun banyaknya request yang bermunculan untuk menampilkan resep prol tape membuat saya menjadi penasaran juga. Mungkin jika membuatnya sendiri dengan menambahkan bahan ini dan itu maka rasanya akan menjadi lebih sedap, apalagi proses pembuatannya sangatlah mudah. Berhubung tape yang saya miliki melimpah maka saya langsung membuat satu resep dan itu berarti menggunakan setengah kilo tape sebagai bahannya. Selain itu saya juga menambahkan cream cheese buatan sendiri, berharap rasanya mampu menutup tape yang tidak terlalu mantap. Namun ternyata, hasil prol tape yang saya buat rasanya tidak terlalu istimewa, walau teksturnya memang lebih lembut dan terasa creamy di lidah. Yah, mungkin sedikit lebih enak dibandingkan dengan prol tape yang selama ini saya cicipi. Walaupun demikian, dua loyang prol tape yang saya bawa ke kantor ludes habis disikat oleh rekan-rekan kantor dan menurut mereka rasanya lezat. Hmm, saya sendiri agak-agak khawatir dengan indera pengecap mereka. ^_^

Untuk membuat kue ini sangat mudah, saran saya gunakan tape yang manis dan lembek sehingga tekstur prol tape menjadi halus. Anda bisa menambahkan cream cheese seperti yang saya lakukan atau skip saja bahan ini jika tidak ada. Tambahkan keju parut di adonan dan pada permukaan prol tape. Sayangnya saya baru tersadar jika saya tidak memiliki stock keju lagi setelah semua keju parut saya masukkan ke dalam adonan, kue pun akhirnya tidak saya taburkan keju pada permukaannya. 

Berikut resepnya ya. 

Prol Tape dengan Cream Cheese

Untuk 2 loyang kue menggunakan loyang  ukuran 20 x 20 cm

Bahan:

- 500 gram tape singkong, buang serat tengah dan bagian yang keras jika ada
- 150  gram gula pasir 
- 5 butir telur, kocok lepas
- 100 gram mentega/margarine, cairkan
- 1/2 sendok teh garam
- 200 ml susu cair
- 150 gram cream cheese 
- 150 gram tepung terigu serba guna, ayak
- 80 gram keju cheddar parut
- 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh bubuk vanili

Olesan:
- 1 butir kuning telur
- 2 sendok makan susu
- 50 gram keju cheddar parut

Cara membuat:
Siapkan oven, set disuhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Olesi loyang dengan margarine dan taburi dengan tepung merata di seluruh permukaan loyang. Balikkan loyang dan ketuk-ketukkan untuk membuang kelebihan tepung. Anda juga bisa menggunakan kertas baking/minyak untuk mengalasi loyang. Sisihkan. 

Siapkan mangkuk, masukkan tape ke dalamnya. Remas-remas tape hingga hancur. Sebaiknya gunakan tape yang lembek dan rasanya manis untuk hasil yang terbaik. Tambahkan gula pasir, remas-remas hingga gula dan tape tercampur dengan baik. 

Tuangkan adonan ke dalam loyang. Ratakan permukaannya. 



Masukkan kocokan telur, mentega cair, garam dan susu cair ke dalam adonan tape, aduk rata dengan spatula hingga tercampur baik. Tambahkan cream cheese, aduk rata. Masukkan tepung terigu, aduk perlahan dengan spatula hingga tepung tercampur baik dan menjadi adonan yang smooth. Masukkan keju parut, aduk rata.



Panggang adonan selama 20 menit atau hingga adonan menjadi setengah matang dan terlihat permukaannya mulai mengeras. Keluarkan dari oven dan olesi permukaannya dengan kuning telur + susu dan taburi dengan keju cheddar parut (jika pakai). Panggang kembali kue hingga matang.  

Test kematangan kue dengan menusuknya menggunakan tusuk gigi, jika tidak ada adonan yang melekat berarti kue telah matang. Keluarkan dari oven, hilangkan uap panasnya. Potong-potong kue ketika telah benar-benar dingin.  Yummy!

Source:
Blog Resep Mama Shasa - Prol Tape Keju[2]

References

  1. ^ disini (www.justtryandtaste.com)
  2. ^ Prol Tape Keju (resepmamashasa.blogspot.com)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/01/prol-tape-keju-dengan-cream-cheese.html
 
Sponsored Links