-->

Jumat, 23 Oktober 2015

Kendala utama jika ingin membuat es krim sendiri dengan kualitas selezat Baskin Robins atau Haagen-Dazs adalah tidak adanya alat pembuat es krim khusus (ice cream maker) di rumah. Tanpa ice cream maker maka es krim yang dihasilkan akan memiliki tekstur yang kasar berkristal sehingga mengurangi kelezatannya dan ujung-ujungnya membuat kita agak enggan untuk menyantapnya. Apalagi bagi super maniak es krim seperti dua krucil keponakan saya yang ahli membedakan mana es krim mahal dan mana yang tidak. Favorit mereka adalah Baskin Robbins yang terus terang cukup membuat tekor kocek saya jika mengajak mereka kesana. Namun itu cerita lalu. Cerita yang sekarang adalah ternyata tanpa alat pembuat es krim kita bisa membuat es krim sendiri di rumah dengan rasa yang lezat dan memiliki tekstur super lembut. Selain itu dengan membuat es krim sendiri maka pilihan rasanya pun bisa disesuaikan dengan keinginan dan kratifitas masing-masing. Tidak ada yang akan melarang bahkan seandainya anda menginginkan es krim dengan rasa kedondong atau pare sekalipun. Tertarik untuk membuatnya? Yuk lanjut.... ^_^



Awalnya dari iseng-iseng melihat resep di website Nestle-Carnation, saya tertarik untuk mencoba ketika menemukan resep es krim yang proses pembuatannya tanpa melibatkan alat pembuat es krim. Walaupun saya akui ditilik dari bahan-bahan penyusunnya maka kalori yang terkandung di dalamnya pasti selangit. Yeach, mana ada sih es krim lezat yang bebas akan lemak dan gula? Rahasia es krim tetap lembut walau menggunakan metode yang sederhana adalah pada penggunaan krim kental sebagai bahan utamanya. Krim kental yang dikocok hingga kaku dan membentuk puncak lembut ini lantas ditambahkan bahan-bahan seperti susu kental manis, vanila ekstrak dan jus dari buah-buahan segar. Resep di web menggunakan ekstrak aneka buah berry, namun di resep yang saya tampilkan ini saya menggantinya dengan puree mangga yang kental. Hasilnya adalah es krim mangga dengan tekstur super lembut dan super yummy! Walau di luar hujan deras mengguyur dan suhu di rumah Pete terasa dingin menggigit namun tidak menghalangi semangat saya untuk mengudap es krim. 

Sebenarnya, kalau saya boleh ber-flash back ria,  saya pernah mencoba membuat es krim dengan resep ini. Kala itu saya menggunakan strawberry sebagai campuran buahnya. Sayangnya akibat teknik pembuatan yang melenceng dari jalur resmi,  es krim strawberry yang saya buat walaupun lezat rasanya, namun teksturnya kurang smooth sehingga merusak tampilannya. Ini gara-gara krim kental yang telah capek-capek saya kocok hingga kaku dan membentuk soft peak saya tambahkan gula pasir ke dalamnya karena khawatir akan rasa es krim yang kurang manis. Hasilnya krim yang telah kaku justru mencair dan membentuk butiran-butiran kecil yang sangat mengganggu. Gula pasir memang seharusnya ditambahkan pada jus strawberry dan bukan pada krim yang telah kaku dikocok. Pengalaman masa lalu memang berharga, karena kali ini es krim mangga yang saya buat berakhir dengan sukses.

Terus terang saya akui, versi strawberry-nya lebih lezat karena terasa asam manis segar, dibandingkan dengan mangga yang hanya terasa manis saja. Jika anda ingin es krim yang lebih bertekstur maka sebaiknya buah mangga tidak perlu diblender hingga halus namun cukup anda lumat dengan garpu saja. Atau masukkan potongan-potongan kecil mangga ke dalam adonan sehingga es krim menjadi tidak terlalu plain. Lain kali sepertinya saya akan mencoba lagi versi strawberry-nya. ^_^ Ingin tahu resepnya? Yuk langsung saja ke dapur.
 

Mango Ice Cream

Bahan:

- 500 ml cream kental

- 400 ml puree mangga (pastikan mangga benar-benar masak dan manis rasanya)

- 1 kaleng susu kental manis

- 1 sendok teh vanila ekstrak
- 2 sendok makan air jeruk lemon

Cara membuat:

Haluskan mangga menggunakan blender hingga menjadi bubur yang lembut. Jika mangga kurang manis tambahkan gula ke dalam jus hingga tercapai rasa manis yang diinginkan. Sisihkan.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan krim kental. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga krim menjadi kaku dan membentuk puncak yang lembut. Masukkan susu kental manis, air jeruk lemon dan vanila ekstrak, kocok hingga agak kaku (kondisi krim tidak sekaku sebelum di tambahkan susu kental manis dan vanilla ya, jadi jangan mengocok krim terlalu lama karena berdasarkan pengalaman seorang teman krim justru menjadi pecah dan terpisah antara lemak dan air). Jadi kalau krim telah terlihat mengeras dan tercampur baik segera matikan mikser.

Siapkan wadah dengan tutup yang rapat dan cukup untuk menampung ice cream. Tuangkan krim kocok ke dalamnya. Siram mangga di atas permukaan krim, kemudian dengan menggunakan spatula atau sendok aduk adonan dengan gerakan berputar hingga jus mangga membentuk motif lingkaran-lingkaran di antara krim. Jangan mengaduknya terlalu kuat atau terlalu lama hingga mangga tercampur rata dengan krim sehingga tidak ada alur motif yang tercipta. 

Tutup wadah rapat-rapat dan masukkan ke freezer hingga beku. Jika es krim telah membeku sempurna, keruk dengan sendok ice cream dan taruh di gelas saji atau ice cream cone. It's so yummy!

Source : http://www.justtryandtaste.com/2011/11/es-krim-mangga.html
 
Sponsored Links