-->

Jumat, 23 Oktober 2015


Pagi-pagi telah disambut dengan hujan deras yang mengguyur seakan enggan berhenti. Kalau tidak ingat betapa banyak pekerjaan yang akan menanti di hari Senin mau rasanya saya balik badan dan kembali pulang ke rumah. Untungnya atau apesnya, setelah sempat terkena guyuran hujan selama lima menit di pinggir jalan di depan pasar Blok A, taksi pun akhirnya saya dapatkan. Bisa ditebak, jalanan macet dan tersendat membuat saya memerlukan waktu satu jam lamanya untuk bisa mencapai kantor. Cuaca semakin aneh akhir-akhir ini, musim hujan seakan betah berlama-lama bahkan saat ini turunnya hujan mulai bergeser ke pagi hari. 

Nah kalau sudah seperti ini memang paling sedap membayangkan makanan yang berkuah panas dan segar, wonton sup alias pangsit kuah dan bakso menjadi alternatif yang paling dicari. Ditemani dengan segelas wedhang jahe yang manis dan legit, badan pun menjadi hangat. Membuat pangsit kuah sendiri sebenarnya sangat mudah, untuk kulit pangsitnya gunakan saja kulit pangsit siap pakai yang banyak dijual di pasar. Tentu saja, jika anda memiliki waktu panjang, maka anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk isi pangsit paling mudah dan murah adalah dengan menggunakan daging ayam cincang. Nah, supaya si pangsit kuah lebih sehat tambahkan potongan sawi segar dan jamur shiitake seperti yang saya posting kali ini. Hmm, mantap dan mengenyangkan!


Wonton yang diambil dari bahasa Canton, Mandarin: hundun, merupakan salah satu tipe dumpling yang dikenal dalam kuliner Chinese. Wonton atau di Indonesia dikenal dengan sebutan pangsit dibuat dengan cara membentangkan selapis tipis adonan tepung berbentuk kotak yang terbuat dari tepung, telur, air dan garam, pada bagian tengahnya lantas diisi dengan adonan daging, dilipat dan direkatkan dan dibentuk menjadi aneka bentuk sesuai keinginan. Sebagai perekat kulit wonton maka digunakan air atau adonan tepung yang dioleskan merata pada bagian tepi kulit. 

Adonan isi yang biasa digunakan terbuat dari cincangan daging dan udang yang ditambahkan sedikit tepung untuk melekatkan adonan dan dibumbui dengan garam, aneka rempah, bawang putih dan terkadang rajangan halus daun bawang. Wonton yang telah jadi lantas dimasak dengan cara merebusnya di air mendidih atau dengan menggorengnya. Wonton atau pangsit umumnya disajikan dalam kondisi sudah terebus bersama dengan mie kuah atau jika di Indonesia biasanya disajikan dalam bentuk digoreng dan disantap dengan saus asam manis yang sedap. Umumnya pangsit goreng berfungsi sebagai appetizer saja atau makanan ringan, sebelum makanan utama disajikan.


Membuatnya sangat mudah, bagian terpenting adalah membungkus adonan isi dengan kulit wonton, merekatkan dan menekuknya hingga menjadi bentuk yang cantik. Pastikan kulit wonton melekat rapat agar saat direbus isi tidak bocor dan keluar. Untuk sup wonton yang kali ini saya tampilkan saya menggunakan cincangan daging ayam, sedikit daun bawang dan jamur shiitake yang dirajang halus. Tambahkan jamur shiitake membuat isi wonton menjadi lebih lembek. Jika anda ingin rasa yang lebih kenyal dan lebih gurih, gunakan saja daging ayam dan udang cincang plus sedikit tepung tapioka dan jangan tambahkan jamur atau sayuran ke dalam adonan. 

Nah, paling nendang jika kuah sup terbuat dari kaldu ayam asli. Untuk urusan yang satu ini, saya terkadang suka membeli tulang-belulang ayam di supermarket, merebusnya dengan api kecil hingga didapatkan kaldu yang berwarna kecoklatan. Kaldu lantas saya saring, dinginkan dan dimasukkan ke dalam kantung plastik dan bekukan di freezer. Ketika saya butuhkan saya hanya tinggal mencairkannya sebentar. 


Jika anda kurang menyukai rasa dan aroma jamur shiitake yang hampir mirip dengan jengkol maka skip saja atau ganti dengan jenis jamur lainnya. Untuk sayurannya tentu saja sawi hijau atau pakchoy menjadi alternatif yang paling oke walau dengan sawi putih pun hidangan ini tetap nendang. Nah jika anda terlanjur membuat wontonnya terlalu banyak, anda bisa bekukan di freezer untuk digunakan di lain kesempatan. Cukup dengan menatanya di wadah datar dalam posisi tidak berdempetan, masukkan ke freezer hingga beku, baru kemudian wonton beku ini dilepaskan dari wadah dan simpan di dalam plastik/wadah kedap udara. Saat akan dimasak langsung rebus saja wonton di dalam kuah berbumbu atau goreng dengan sedikit minyak (pan fried) dan cocok di saus. Praktis. 

Yuk kita lihat resepnya. 


Sup Wonton dengan Jamur Shiitake
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Bahan:

- 20 buah kulit pangsit siap pakai

- 5 lembar daun sawi hijau, rajang halus

- 2 buah jamur shiitake, iris tipis memanjang

Bahan isi pangsit:

- 200 gram daging ayam cincang 
- 2 buah jamur shitake, cincang sekecil mungkin

- 1 butir telur

- 1 sendok teh kecap asin

- 1/2 sendok teh minyak wijen

- 1/4 sendok teh cabai bubuk

- 1 sendok teh tepung maizena/tapioka

- 1/2 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh garam 
- 1/2  batang daun bawang, rajang halus

Bahan kuah:

- 1 sendok makan minyak sayur

- 4 siung bawang putih, cincang halus

- 3 ruas jahe, cincang halus 
- 1 1/2 liter air (atau air kaldu asli)

- 1 sendok makan kecap asin
- 1 sendok teh garam 

- 2 sendok teh kaldu bubuk (skip jika anda telah menggunakan air kaldu asli)

- 3 batang daun bawang, rajang halus 

Cara membuat:

Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan isi pangsit. Aduk rata. Cicipi rasanya. Tambahkan garam jika kurang asin.

Siapkan kulit pangsit, letakkan selembar di meja atau di telapak tangan anda. Letakkan 1 sendok makan adonan isi di tengah-tengah kulit pangsit. Olesi bagian tepi kulit pangsit dengan air, tekuk kulit hingga berbentuk segitiga. Rekatkan kulit pangsit kemudian tekuk kulit seperti gambar di atas. 

Lakukan hingga semua adonan isi habis. Tata pangsit yang telah berisi adonan di permukaan piring datar.

Membuat kuah


Siapkan panci, masukkan dan panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Tuangkan air kaldu, masak hingga mendidih. Masukkan pangsit dan rebus hingga mengapung dan matang. Tambahkan kecap asin, garam dan daun bawang. Cicipi rasanya, angkat. 

Siapkan mangkuk, tata potongan daun sawi di atasnya, siram dengan kuah wonton yang panas.  Santap selagi hangat. Yummy!

Source:
Wikipedia - Wonton[1]

References

  1. ^ Wonton (en.wikipedia.org)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2013/06/sup-wonton-dengan-jamur-shiitake.html
 
Sponsored Links