-->

Selasa, 30 September 2014

Menu Internasional[1] - kali ini kita akan membahas tentang cara membuat ayam goreng dengan bumbu bacem. Bacem seperti yang kita ketahui merupakan masakan yang cukup terkenal di daerah Jawa Tengan dan Yogyakarta, hal ini sudah dapat kita ketahi bahwasannya masakan yang berasal dari daerah tersebut memang bercitarasa manis. Banyak sekali bahan pangan yang bisa dimasak atau diolah dengan bumbu bacem, salah satu yang sangat terkenal di daerah kaliurang adalah jadah tempe tahu bacem[2] yang di sajikan bersama dengan jadah/uli. Selain itu daging pun bisa dimasak dengan bumbu bacem seperti ayam dan daging yang lain. Bahkan yang lebih mantap adalah makanan ekstrim khas Gunungkidul yang dikenal dengan Bacem Belalang Goreng[3].

Bumbu yang utama digunakan untuk membuat bacem adalah gula merah, hal tersebut merupakan bumbu utama yang menyebabkan bacem menjadi bercitarasa manis. Pada dasarnya membumbui bahan makanan dengan dibacem merupakan  pengolahan makanan aga menjadi lebih awet dan tahan lama atau bisa dikatakan pengawetan makanan. Dibacem artinya mengawetkan makanan dengan merendam bahan makanan ke dalam cairan garam atau cairan gula.

Cara

Nah setelah anda tau apa itu pengolahan makanan dengan cara dibacem, kali ini kita akan segera membuat resepnya. Buka dengan bahan dasar tempe atau tahu, namun kali ini kita akan membuat ayam goreng bumbu bacem. Nah jika anda sudah penasaran dan ingin segera membuat makanan nan nikmat ini, silahkan saja anda simak resepnya di Cara Membuat Ayam Goreng Dengan Bumbu Bacem Nikmat dan Lezat  yang berikut ini.

Bahan-bahan :

  • 1 ekor ayam (potong menjadi 12 bagian)
  • 2 butir jeruk nipis (peras dan ambil airnya)
  • 500 ml air kelapa
  • 1 sendok teh asam Jawa (dilarutkan dengan air panas)
  • 1 lembar daun salam
  • 4 cm lengkuas (digeprak/dimemarkan)
  • 1 batang serai (digeprak/dimemarkan)
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sendok makan garam
  • 5 sendok makan gula mera (disisir/diiris tipis-tipis)

  1. Lumurilah ayam yang sudah dipotong dengan menggunakan air jeruk, dan biarkan selama 15 menit, lalu cucilah daging tersebut. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan air kelapa, air asam Jawa, daun salam, serai, lengkuas dan potongan daging ayam. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  2. Masaklah menggunakan api kecil hingga air kelapa habis, sambil sesekali diaduk agar bumbu-bumbu tercampur rata, jika dirasa sudah cukup angkat dan sisihkan.
  3. Gorenglah daging ayam yang telah dibumbui bacem hingga warna berubah kecoklatan. Segera angkat dan tiriskan lalu sajikan dengan sambal dan lalapan selagi hangat.

Ayam goreng dengan bumbu bacem sudah selesai dibuat, tidak susah dan tidak rumit kan? Bahan-bahan di atas bisa disajikan untuk 4-6 porsi makan. Saatnya bilang selamat mencoba dan terus berkreasi.

References

  1. ^ Menu Internasional (menuinternasional.blogspot.com)
  2. ^ jadah tempe tahu bacem (menuinternasional.blogspot.com)
  3. ^ Bacem Belalang Goreng (menuinternasional.blogspot.com)

Source : http://menuinternasional.blogspot.com/2014/05/membuat-ayam-goreng-bumbu-bacem.html

Dont Forget to Watch 『Masamune Sekisui Japanese Restauran』Sushi Calss May 19th, 2013Horn Lake

 
Sponsored Links