-->

Minggu, 13 September 2015


Super mudah dibuat, lezat dan tampilannya pun cantik dipandang mata. Itulah deskripsi tepat untuk menggambarkan kue kering bernama palmier yang kali ini saya tampilkan. Bahan utamanya terbuat dari puff pastry yang dengan sedikit usaha melipat dan memanggang menjadi kue kering yang mungkin bisa untuk mengisi stoples kaca di rumah saat perayaan Natal di minggu depan. Puff pastry memang sangat fleksibel untuk diolah menjadi aneka makanan dan camilan. Apakah itu pie, molen, picnic roll atau danish pastry (jenis puff pastry yang dipanggang dengan olesan selai atau krim di atasnya). Untuk pie, molen dan picnic roll saya pernah posting resepnya sebelumnya, silahkan anda klik di link yang saya sertakan di bawah.

Sebenarnya saya juga pernah menampilkan resep palmier di tahun 2011, saat itu saya membuatnya bukan dari puff pastry melainkan dari adonan yang terbuat dari mentega (dalam jumlah yang banyak), tepung terigu, gula  dan cream cheese. Hasilnya memang renyah dan empuk, lumer seketika kala kue terkena lidah. Sayangnya palmier terlalu  rapuh sehingga harus dihandle dengan hati-hati dan sulit untuk disimpan dengan baik tanpa membuat kue menjadi remuk. Jangan khawatir, tentu saja kue yang kali ini saya hadirkan berbeda dengan palmier yang waktu itu pernah saya buat. 

Peach Puff Pastry[1]
Pisang Molen Coklat Keju dengan Puff Pastry Instan[2]
Picnic Roll Daging Sapi - Ayam dengan Telur Rebus[3]
Palmiers [4]


Jika anda penggila camilan pasti anda mengenal kue kering yang garing, crispy, manis dengan rasa butter yang kuat bernama Genji pie. Kue ini dulu sempat menjadi favorit saya karena rasanya yang lezat. Ketika saya pertama kali kerja di Jakarta, saat itu gaji saya yang sangat minim sekali hanya cukup untuk membayar kos, transportasi dan makan dengan menu sederhana setiap bulan, maka Genji pie adalah snack yang saya beli ketika gajian tiba saja. Bagi karyawan yang baru meniti karir di kota keras seperti Jakarta maka harga pie tersebut lumayan mahal bagi dompet saya. Sambil mendekam di atas kasur sempit yang terkapar di lantai yang dingin, saya menikmati malam Minggu sendiri dengan menyantap dan menikmati secara perlahan potongan pie dalam keheningan kamar kos. Semua letih dan stress setelah bekerja selama sebulan sirna ketika momen itu tiba. ^_^

Dulu, sebelum saya mengenal adonan bernama puff pastry, maka saya sering bertanya-tanya sendiri bagaimana caranya membuat kue yang berlapis-lapis renyah seperti Genji pie. Hingga kemudian saat saya mulai membuat blog JTT dan banyak membaca aneka resep, maka saya pun menjadi tahu bahwa pie favorit tersebut sebenarnya bernama palmier dan sangat mudah dibuat jika selembar adonan puff pastry tersedia di tangan.


Palmier berasal dari bahasa Perancis yang berarti pohon kelapa (palm tree)  atau kuping gajah (elephant ear). Kue ini merupakan pastry a la Perancis yang memiliki bentuk seperti kelapa atau kupu-kupu, terkadang disebut juga sebagai kue daun kelapa, kuping gajah, french hearts, sol sepatu, atau kaca mata. Palmier umumnya terbuat dari puff pastry, adonan yang proses pembuatannya dengan cara dilipat, mirip seperti adonan croissant hanya saja biasanya tidak menggunakan ragi. Palmiers dibuat dengan melipat dan menggilas adonan dan mentega secara berulang hingga terbentuk ratusan lapisan adonan yang renyah bernama puff pastry. Adonan lantas di tipiskan, kemudian permukaannya ditaburi dengan gula pasir dan dua sisinya dilipat hingga bertemu di bagian tengah. Kemudian adonan yang telah dilipat atau digulung tersebut dipotong dengan ketebalan 1.5 cm dan dipanggang hingga kecoklatan dan garing. Biasanya sebelum dipanggang potongan adonan digelindingkan ke dalam butiran gula pasir atau versi lainnya dengan olesan madu pada permukaannya. 

Walau mudah dibuat namun tentu saja anda harus memiliki adonan puff pastry terlebih dahulu. Jika kota dimana anda tinggal tidak memiliki supermarket besar yang menjual puff pastry instan, maka anda mungkin harus membuat adonan puff pastry sendiri. Prosesnya sebenarnya mudah, namun membutuhkan ketelatenan, keuletan dan kekuatan. Kenapa saya katakan kekuatan? Karena adonan sangat keras dan harus digilas dan dilipat berulang kali. Untuk resep homemade puff pastry silahkan klik di-link di bawah. Nah jika anda sudah memilikinya maka pekerjaan membuat palmier sangatlah mudah. 

Palmiers sedap dimakan begitu saja atau dengan olesan madu atau selai di permukaannya. Saya sendiri sangat suka menyantapnya dengan selai strawberry andalan. Berikut resep dan prosesnya ya. 

Membuat Adonan untuk Kulit Pastry - Homemade Butter Puff Pastry[5]


Palmiers dari Puff Pastry Instan

- 1 lembar puff pastry instan ukuran 20 x 20 cm

- gula pasir secukupnya

- kayu manis bubuk secukupnya
- garam halus

Pelengkap:
- selai strawberry
- madu 

Olesan:
- margarine/butter cair secukupnya


Cara membuat:
Siapkan oven, set disuhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang, alasi permukaannya dengan kertas baking. Sisihkan. 

Siapkan selembar puff pastry instan. Jika beku maka biarkan di suhu ruang hingga lemas. Taburkan permukaannya dengan gula pasir, banyaknya gula tergantung dengan selera anda. Dengan menggunakan kayu penggilas atau botol maka gilas permukaan puff pastry dengan perlahan hanya agar butiran gula masuk dan menempel di permukaannya. 

Berhubung karena kayu penggilas saya tiba-tiba raib maka saya menggunakan botol saus spaghetti. ^_^


Taburi permukaan puff pastry dengan kayu manis, jika anda suka. Atau skip proses ini. Kemudian lipat kedua sisi puff pastry ke arah tengah dengan lebar lipatan kira-kira 2 cm, hingga kedua lipatan bertemu di tengah-tengah.

Taburi permukaan lipatan dengan gula pasir, dan gilas dengan kayu penggilas agar gula melekat. 

Lipat adonan hingga menumpuk menjadi satu tumpukan. Kemudian potong-potong adonan setebal 1.5 cm. Tata potongan adonan di permukaan loyang. Anda bisa mengolesi permukaan adonan dengan mentega atau margarine cair.

Panggang selama 15 menit atau hingga permukaan pastry menjadi kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven, dinginkan dan siap disantap. Simpan di dalam stoples tertutup rapat untuk masa simpan yang lama dan menjaga kerenyahan kue. Yummy!

Source:
Wikipedia - Palmier[6]

References

  1. ^ Peach Puff Pastry (www.justtryandtaste.com)
  2. ^ Pisang Molen Coklat Keju dengan Puff Pastry Instan (www.justtryandtaste.com)
  3. ^ Picnic Roll Daging Sapi - Ayam dengan Telur Rebus (www.justtryandtaste.com)
  4. ^ Palmiers  (www.justtryandtaste.com)
  5. ^ Membuat Adonan untuk Kulit Pastry - Homemade Butter Puff Pastry (www.justtryandtaste.com)
  6. ^ Palmier (en.wikipedia.org)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2014/12/palmiers-dari-puff-pastry-instan.html
 
Sponsored Links