-->

Senin, 28 September 2015


Saya termasuk penggemar berat kacang hijau entah diolah menjadi bubur kacang atau sebagai bahan pengisi pada roti dan kue. Kacang hijau menurut saya memiliki taste yang sangat unik dan ketika bahan makanan ini berkolaborasi dengan gula rasanya menjadi luar biasa. Terpikir oleh saya betapa lezatnya jika kacang lezat ini menjadi salah satu bahan campuran adonan cake, namun sayangnya hasil browsing saya tidak menemukan resep cake kacang hijau yang saya inginkan. Jadi resep kali ini benar-benar hasil eksperimen yang saya lakukan di dapur dan untungnya berakhir dengan sukses. Walau dag dig dug campur was-was saat membuatnya, namun semua itu terbayar ketika penutup kukusan saya buka. Wow! Cake kukus kacang hijau ini mengembang dengan baik dan saat slice pertama saya gigit.... Hmm, terasa sangat lembut, padat dengan rasa kacang hijau yang sulit saya ungkapkan. Bertambah lagi satu resep cake kukus dalam koleksi saya. ^_^ 

Lama tidak membuat cake kukus, membuat saya terkagum-kagum sendiri dengan tekstur cake kukus yang halus, pulen dan lembut. Sangat berbeda dengan cake panggang yang kering. Namun kendala yang menghambat untuk mencoba resep cake kukus adalah tidak banyak resep cake kukus hemat bahan dengan rasa lezat yang tersedia. Karena itu terkadang saya harus bereksperimen dan mencoba-coba sendiri dengan memodifikasi resep cake dalam daftar koleksi. Sejauh ini hasilnya memuaskan. ^_^

Selain lezat, cake ini juga sangat mudah dibuat. Untuk membuat cake kukus kacang hijau ini, saya menggunakan kacang hijau kupas yang saya kukus hingga empuk dan blender hingga halus. Agar rasa cakenya menjadi lebih gurih dalam adonannya saya tambahkan parutan keju cheddar sebanyak 50 gram. Not bad! Komentar Tedy hanya satu: Enak, tapi kacang hijaunya kurang terasa. Hmm, padahal saya telah menggunakan kacang hijau sebanyak 150 gram dan menurut saya rasa kacang hijaunya pun telah cukup nendang. Jadi, saya abaikan saja komentar adik saya itu walau kemudian ada rasa penasaran juga, bagaimana jika porsi kacang hijaunya saya tambah? Mungkin lain kali ketika saya berniat untuk mencobanya lagi. 


Bagi anda penggemar berat cake kukus, tidak ada salahnya untuk mencoba varian cake ini. Selain lezat, kacang hijau juga kaya protein, kalsium dan magnesium. Berikut resep dan cara membuatnya ya.

Cake Kukus Kacang Hijau & Keju Cheddar

Resep hasil modifikasi sendiri  

Untuk 1 loyang cake menggunakan loyang tulban diameter  23 cm

Bahan:

- 100 gram mentega

- 200 gram gula pasir

- 3 butir telur, suhu ruang

- 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh vanili bubuk

- 175 gram tepung terigu

- 1 1/2 sendok teh baking powder (pastikan menggunakan baking powder yang masih fresh dengan kualitas yang baik, double acting lebih direkomendasikan. Cek masa kedaluarsanya)
- 1/4 sendok teh garam

- 150 gram kacang hijau kupas, kukus hingga lunak dan blender dengan 150 ml susu cair hingga halus.
- 50 gram keju cheddar parut dan sedikit keju parut untuk taburan di dasar loyang

Cara membuat:

Siapkan loyang tulban (lubang tengah) diamater 23 cm. Olesi mentega dan taburi tepung terigu pada permukaannya hingga rata. Ketuk-ketuk loyang dan buang kelebihan tepung.

Siapkan mangkuk, masukkan bahan kering (tepung terigu, baking powder dan garam), aduk rata dengan spatula atau ayak agar remah dan tidak menggumpal. Jika anda menggunakan vanili bubuk, campur vanili dengan tepung. Sisihkan. 


Siapkan mangkuk mikser, kocok mentega dan gula pasir dengan kecepatan sedang hingga lembut dan mengembang serta warnanya berubah menjadi tidak pucat lagi. Tambahkan telur satu per satu, pastikan telur tercampur dengan baik sebelum menambahkan telur berikutnya. Masukkan vanila ekstrak dan teruskan mengocok hingga adonan mengembang, kira-kira 5 menit. Matikan mikser.

Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan bubur kacang hijau, aduk dengan gerakan ringan hingga menjadi adonan yang tercampur baik. Tambahkan keju cheddar parut. Aduk rata. 

Taburi permukaan loyang dengan keju parut secukupnya, tuangkan adonan ke dalam loyang. Masukkan ke dalam dandang kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya hingga airnya mendidih. Tutup permukaan dandang dengan kain bersih yang menyerap air. Tutup rapat dengan penutup kukusan. Kukus selama 50 menit dengan api sedang. Jangan membuka penutup kukusan selama cake dikukus. 

Buka penutup kukusan, keluarkan cake dari dalam dandang. Diamkan sejenak hingga uap panasnya hilang dan cake menjadi tidak terlalu panas. Pada tahap ini bagian tepi cake akan lepas sendiri dari loyang. Balikkan cake di piring datar dan biarkan dingin sempurna.

Potong-potong cake dan siap disajikan. Yummy!

Source:
Wikipedia - Mung Bean[1]



References

  1. ^ Mung Bean (en.wikipedia.org)

Source : http://www.justtryandtaste.com/2011/11/cake-kukus-kacang-hijau-keju-cheddar.html
 
Sponsored Links