-->

Jumat, 05 Desember 2014

Menu Internasional[1] - Sudah lama tidak membuatkan resep spesial untuk anda, kali ini kembali akan menghadirkan resep tradisional yang tentunya menarik untuk anda semua. Arem-arem merupakan makanan atau penganan sejenis lemper akan tetapi dibuat dengan beras nasi yang didalamnya terdapat lauk pauk. Makanan atau masakan tradisional[2] ini biasanya disiapkan untuk pengganti sarapan, sehingga dibuat dengan ukuran yang lebih besar daripada lemper. Pada umumnya arem-arem juga dibungkus dengan daun pisang layaknya lemper.
Jika lemper[3] biasanya berisi abon atau daging dan dibungkus dengan nasi ketan, arem-arem biasanya berisi sambal goreng atau bisa juga sayuran, semua terserah kepada anda mau diisi dengan apa. Dalam pembuatannya biasanya sambal goreng dibuat terlebih dahulu, kemuadian menyusul beras yang dimasak setengah matang. Setelah itu nasi setengah matang tersebut diisi dengan bahan isian lalu digulung dan dibungkus dengan daun pisang.
Cara
Arem-arem masih sering kita temukan hingga saat ini, penganan yang sekaligus sebagai pengganti menu sarapan ini sangat populer bagi orang-orang yang jarang sarapan. Di daerah Jawa Barat dan Banten, penganan sejenis ini biasa disebut dengan Bacang, bacang sendiri yang sering saya temukan berisi mi bihun. Nah jika anda ingin membuatkan makanan sekaligus sarapan kepada anak-anak atau anggota keluarga anda dengan cara yang lain, anda bisa mencoba membuatnya. Resepnya bisa anda lihat di Cara Membuat Arem-arem Isi Daging Sapi Special Mantap[4] yang berikut ini.

Bahan-bahan :

  • 1 liter beras (cuci hingga bersih dan tiriskan)
  • 1,5 liter air
  • Garam masak secukupnya
  • Lembaran daun pisang secukupnya (untuk membungkus Arem-arem)
  • Potongan lidi secukupnya (untuk menyemat bungkusan)

Bahan isian :

  • 350 gram daging sapi (dicincang)
  • 250 ml santan
  • 1 ibu jari lengkuas (dimemarkan)
  • 3 lembar daun salam

Bumbu yang dihaluskan :

  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah
  • 8 butir kemiri

Cara Membuat Arem-arem Isi Daging Sapi Special Mantap :

  1. Masaklah beras dengan air, tambahkan sedikit garam hingga beras menjadi aron (setengah matang), sisihkan.
  2. Tumislah bumbu yang telah dihaluskan hingga tercium aroma harum, lalu masukanlah daging sapi cincang. Masaklah hingga daging berubah warna. Selanjutnya tambahkan santan, daun salam, garam serta lengkuas. Lanjutkan memasak hingga santan meresap kedalam daging dan daging menjadi matang, lalu angkat.
  3. Letakkan 2 sendok makan aronan beras di atas lembaran daun pisang. lalu letakkan bahan isian daging di atas nasi aron tersebut. Gulunglah nasi yang sudah diisi dengan bahan isian lalu sematkan lidi pada masing-masing ujung daun pisang. Kukus hingga adonan arem-arem matang, angkat dan sajikan.

Tidak terlalu sulit kan cara membuatnya, hanya butuh sedikit waktu dan sarapan dengan menu yang lain pun dapat anda nikmati bersama. Bahan-bahan di atas dapat menghasilkan arem-arem untuk 4-5 orang. Nah selamat mencoba dan tetap berkreasi.

References

  1. ^ Menu Internasional (menuinternasional.blogspot.com)
  2. ^ masakan tradisional (menuinternasional.blogspot.com)
  3. ^ lemper (menuinternasional.blogspot.com)
  4. ^ Cara Membuat Arem-arem Isi Daging Sapi Special Mantap (menuinternasional.blogspot.com)

Source : http://menuinternasional.blogspot.com/2014/04/cara-membuat-arem-arem-isi-daging-sapi.html

Dont Forget to Watch How to Make Easy Vegetable Soup

 
Sponsored Links