-->

Minggu, 14 Desember 2014

Menu Internasional[1] - Budaya adat bangsa dan budaya kuliner Indonesia biasanya saling berhubungan erat. Salah satu contoh yang nyata adalah Bubur Merah putih yang bagi masyarakat di Jawa bukan lagi sebagai masakan yang asing. Bubur merah putih sering terlihat dalam berbagai acara formal maupun non formal. Sebagai contoh nyata pada saat kelahiran seorang anak biasanya dibuat bubur merah putih pada saat acara selamatan terhadap bayi tersebut. Atau dalam budaya Jawa yang lain bubur merah putih selalu ada dalam acara-acara besar dikampung, seperti saat acara selamatan kampung atau bersih desa. Mungkin hal ini berkaitan erat dengan simbol negara layaknya bendera merah putih atau mungkin memiliki folosofi tertentu yang saya sendiri kurang paham makna nya.
Namun seiring berjalannya waktu tradisi membuat bubur merah putih sebagai sarana atau syarat untuk melengkapai acara selamatan dan lain-lain kini semakin jarang ditemui dan mulai ditinggalkan. Beberapa tahun yang lalu entah dalam acara apa saya lupa masih menjumpai dan menikmati bubur merah putih tersebut. Bubur merah putih ini biasanya disajikan dalam wadah atau piring atau bisa juga diatas daun pisang yang dibuat sedemikian rupa dimana bubur tersebut mengisi wadah separuh-separuh. Rasa bubur putih biasanya asin atau sedikit manis, sedangkang bubur merah rasanya manis. Warna merah yang ada pada bubur merah sebenarnya juga tidak merah layaknya merah pada warna bendera atau pada kue lapis beras merah putih[2] akan tetapi warna merah tersebut akibat campuran gula merah, sehingga kemudian dinamakan bubur merah.

Cara

Nah bagi anda yang sudah sangat lama tidak menikmati atau bahkan sama sekali sudah tidak menjumpai bubur merah putih yang sangat khas ini, karena memang penyajian nya tidak bisa ditemukan seharai-hari, bahkan juga yang saya tau tidak ada yang menjualnya. Untuk itu disni kami akan membagikan resepnya untuk anda semua. Resep nya sangat sederhana sekali sehingga siapapun bisa membuatnya di rumah. Dan resep bubur khas tersebut bisa anda lihat di Cara Membuat Bubur Beras Merah Putih Khas Jawa Timur[3] yang berikut ini.

Bahan bubur merah :

  • 200 gram beras (cuci bersih)
  • 1 1/2 liter air
  • 300 gram gula merah (disisir halus)
  • 2 lembar daun pandan (disimpul)

Bahan bubur putih :

  • 200 gram beras (cuci bersih)
  • 1 1/2 liter air
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan (disimpul)

  • Campurkanlah masing-masing bahan bubur ke dalam dua wadah (panci) yang berbeda, lalu masaklah beras hingga menjadi bubur sambil sekali-kali diaduk. Jika dirasa sudah cukup segera angkat. Selanjutnya sajikan kedua bubur merah dan putih ke dalam satu wadah dengan kombinasi yang anda sukai.

Mudah sekali kan membuatnya, tidak rumit dan susah. Bahan-bahan di atas bisa menghasilkan bubur merah putih untuk disajikan kepada 4 orang. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.

References

  1. ^ Menu Internasional (menuinternasional.blogspot.com)
  2. ^ kue lapis beras merah putih (menuinternasional.blogspot.com)
  3. ^ Cara Membuat Bubur Beras Merah Putih Khas Jawa Timur (menuinternasional.blogspot.com)

Source : http://menuinternasional.blogspot.com/2014/05/bubur-beras-merah-putih.html

Dont Forget to Watch Chulalongkorn Corned Beef

 
Sponsored Links